Jasa

 

 

Tidak seperti sambungan las yang permanen, sambungan flange merupakan sambungan semi permanen. Sambungan flange dapat dibuka dengan tujuan untuk kegiatan-kegiatan tertentu seperti pemeliharan pipa, pembongkaran, dan sebagainya.

Jenis-jenis flanges antara lain:

  1. Screwed Flanges

Sesuai dengan namanya maka flange ini dibuat berulir dan dihubungkan dengan pipa yang berulir, Biasanya digunakan untuk system yang sangat rawan kebakaran kalau mengunakan las. Flange jenis ini biasanya digunakan untuk tekanan rendah dan tidak digunakan untuk temperatur atau stres yang sangat tinggi

  1. Welding Neck Flanges

Welding neck flange ujungnya di bevel dan flange dilubangi sesuai dengan diameter dalam pipa.Weding neck flange terdiri dari dua jenis yaitu regular dan long. Regular neck biasanya digunakan untuk sambungan  pipa sedangkan long neck flange digunakan untuk vessel dan peralatan vessel dan jarang digunakan untuk pipa. Welding neck flange sangat cocok digunakan untuk temperature, tegangan geseer, tumbukan dan kejutan yang tinggi dan tegangan-tegangan yang menimbulkan getara penyambungan dapat dilakukan dengan pengelasan tumpul atau butt welded.

  1. Slip On Welding Flanges

Flange jenis ini mempunyai ketahanan kejutan dan getaran yang rendah. Flange jenis ini sangat ideal untuk aplikasi tekanan rendah karena kekuatan nya pada tekanan internal sekitar sepertiga dari weld neck flange. serta konfigurasinya menimbulkan gangguan aliran di dalam pipa. Las-lasan bagian dalam cenderung lebih mudah terkorosi dibandingkan weld neck type flange.

  1. Socket Welding Flanges

Socket welding flange,pada permukaan bagian dalamnya dibuat tempat dudukan untuk ujung pipa dan mengikatnya dengan las fillet. Jenis ini biasanya dipakai terbatas pada pipa kecil dan tekanan rendah.

  1. Blind Flanges

Blind Flange digunakan untuk menutup ujung-ujung pipa atau ujung – ujung peralatan pressure vessel

  1. Lap Joint Flanges

Lap joint flange dapat dipakai untuk fabrikasi pipa, antara stub end dan pipa disambung dengan las. Flanges dari sambungan ini terbuat dari carbon steel, stub end terbuat dari stainless steel, sehingga jika dihubungkan dengan pipa tentu saja bahan pipa harus sama dengan pembuat stub end.

  1. Reducing Flanges

Reducing flange digunakan untuk mengubah ukuran (NPS) Nominal Pipe Size pipa yang lebih kecil ke yang lebih besar atau sebaliknya.

Untuk jasa pembubutan flange silahkan hubungi kami di Wa 08126067928

atau 08116059880, 

atau 087787190535
Info Lainnya : Klik Fungsi Flens (Flange)

Fungsi Flens (Flange)
Parameter Proses Pembubutan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *