Jasa

Jenis- Jenis Laser

Ada tiga jenis utama laser yang digunakan dalam laser cutting. CO2 laser cocok untuk memotong, pemboran, dan engrave. Neodymium (Nd) dan neodymium yttrium-aluminium-garnet (Nd: YAG) laser identik dalam ragam dan hanya berbeda dalam aplikasi. Nd digunakan untuk pemboran dan di mana energi tinggi tetapi pengulangan rendah diperlukan. Nd: YAG laser digunakan di mana daya sangat tinggi diperlukan dan untuk pemboran dan pengukiran. Keduanya CO2 dan Nd / Nd: YAG laser dapat digunakan untuk pengelasan / welding.

CO2 laser biasanya “dipompa” dengan melewatkan arus melalui campuran gas (tereksitasi DC) atau menggunakan energi frekuensi radio (tereksitasi RF). Metode RF lebih baru dan telah menjadi lebih populer. Karena desain DC memerlukan elektroda di dalam rongga, mereka dapat mengalami erosi elektroda dan pelapisan bahan elektroda pada gelas dan optik. Karena resonator RF memiliki elektroda eksternal, mereka tidak rentan terhadap masalah tersebut. CO2 laser digunakan untuk laser cutting industrial banyak material termasuk titanium, stainless steel, baja ringan, aluminium, plastik, kayu, kayu rekayasa, lilin, kain, dan kertas. YAG laser terutama digunakan untuk memotong dan mengarit logam dan keramik.

Selain sumber daya, jenis aliran gas juga dapat mempengaruhi kinerja laser cutting. Varian umum CO2 laser termasuk aliran aksial cepat, aliran aksial lambat, aliran melintang, dan slab. Dalam resonator aliran aksial cepat, campuran karbon dioksida, helium dan nitrogen diedarkan dengan kecepatan tinggi oleh turbin atau blower. Laser aliran melintang mensirkulasikan campuran gas pada kecepatan yang lebih rendah, membutuhkan blower yang lebih sederhana. Resonator berpendingin slab atau difusi memiliki medan gas statis yang tidak memerlukan tekanan atau peralatan gelas, yang mengarah pada penghematan turbin pengganti dan peralatan gelas.

Baca Juga :  Suplier Besi Baja di Medan

Generator laser dan optik eksternal (termasuk lensa fokus) memerlukan pendinginan. Bergantung pada ukuran dan konfigurasi sistem, panas limbah dapat ditransfer oleh pendingin atau langsung ke udara. Pendingin yang biasa digunakan adalah air, biasanya diedarkan melalui chiller atau sistem transfer panas.

Microjet laser adalah laser yang dipandu jet air di mana sinar laser yang pulsa digabungkan ke dalam jet air bertekanan rendah. Ini digunakan untuk melakukan fungsi laser cutting saat menggunakan jet air untuk memandu sinar laser, seperti serat optik, melalui refleksi internal total. Keuntungan dari ini adalah bahwa air juga menghilangkan kotoran dan mendinginkan material. Keuntungan tambahan dibandingkan “dry” laser cutting tradisional adalah kecepatan memotong tinggi, garitan paralel, dan pemotongan omnidirectional.

Fiber laser adalah jenis laser keadaan padat yang berkembang pesat dalam industri pemotongan logam. Tidak seperti CO2, Teknologi fiber menggunakan media penguatan padat, tidak seperti gas atau cairan. “Benih laser” menghasilkan sinar laser dan kemudian diperkuat dalam serat gelas. Dengan panjang gelombang laser serat hanya 1,064 mikrometer menghasilkan ukuran spot yang sangat kecil (hingga 100 kali lebih kecil dibandingkan dengan CO2) membuatnya ideal untuk memotong bahan logam reflektif. Ini adalah salah satu keunggulan utama Fiber dibandingkan dengan CO2.

Metode Laser

Ada banyak metode berbeda dalam memotong menggunakan laser, dengan berbagai jenis yang digunakan untuk memotong bahan yang berbeda. Beberapa metode pada laser cutting adalah penguapan, lelehkan dan tiupkan, lelehkan tiupan dan bakar, perengkahan tegangan termal, pencungkil, pemotongan dingin, dan pembakaran laser cutting yang distabilkan.

Dikutip dari Wikipedia

Untuk jasa pembuatan laser cutting hubungi kami di Wa 08126067928

atau 08116059880, 

Baca Juga :  Jasa Laser Cutting Plat di Medan

atau 087787190535

Info Lainnya : Klik Jasa Laser Cutting Plat di Medan

Jenis Bor Pembuatan Lubang
Jenis-Jenis Mesin Las Busur Listrik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *