Jasa

Twist drill adalah suatu alat potong yang bekerja dengan cara berputar pada sumbunya, menghasilkan lubang silindris dan ukuran lubang yang dihasilkan sama dengan ukuran alat tersebut.

Fungsi Twist Drill

  1. Body Bagian dari twist drill yang mempunyai sisi potong primer maupun sekunder yang ditandai dengan adanya alur sepiral ( flute ).
  2. Neck Bagian twist drill yang membatasi antara shank dan body, dan berfungsi juga sebagai pembebas diameter bor, karena diameternya lebih kecil dari ukuran twist drill tersebut.
  3. Shank Tangkai atau pemegang pada twist drill, ada dua jenis yaitu silindris dan konus. Jenis silindris dipakai pada twist drill dengan diameter lebih kecil dari ∅13.5 sedangkan untuk yang lebih besar menggunakan pemegang konus. Pada pemegang jenis konus ada bagian yang disebut tang, bentuknya persegi pada ujung belakang berfungsi sebagai penahan torsi dan digunakan untuk mengeluarkan bor dari sarungnya.
  4. Heel Salah satu tepi sisi dari alur spiral ( flute ) yang tidak berfungsi sebagai mata potong.
  5. Land Sisi potong sepanjang body posisinya mengikuti alur spiral, land merupakan sisi bebas dengan sudut 0° pada mata potong sekunder berfungsi untuk mempertahankan ukuran nominal diameter lubang yang dihasilkan.
  6. Flute Alur spiral pada body yang mempunyai fungsi : – membentuk sudut gama pada mata potong primer dan sekunder. – Jalan keluar bagi chip saat proses pengeboran. – Jalan masuk cutting fluid agar sampai ke mata potong.
  7. Lip Sisi potong pada mata potong primer yang dibentuk oleh pepotongan antara face dan flank. PL Grinding I Semester
  8. Face Permukaan flute yang mendekati lip, dimana chip diarahkan saat proses pemotongan. 9. Flank Sisi bebas pada mata potong primer, bentukanya seperti mantel atau selimut kerucut. Sisi inilah yang setiapkali digerinda saat pengasahan twist drill.
  9. Point Mata potong primer pada twist drill, yang terdiri atas : lip, flank, face, dan chisel edges.
  10. Chisel Edge Garis yang dibentuk oleh pertemuan flank dari dua buah mata potong. Bagian ini merupakan bagian dari mata potong utama yang membelok.. Karena geometri potongnya kurang baik maka sering dibuat berbagai modifikasi agar proses dan hasilnya bisa lebih baik.
  11. Web Bagian inti dari twist drill yang tidak terkena alur spiral / flute. Ukuran web ini membatasi chisel edge.

Untuk jasa pengeboran, hubungi kami di Wa 08126067928

atau 08116059880, 

atau 087787190535

Info Lainnya : Klik Jasa Drilling Plat di Medan

Macam-Macam EDM
Pemotongan Dengan Mesin Gullotine

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *