Macam-Macam Gaya Desain Interior

  1. Tradisional

Keseimbangan dan simetri adalah kata kunci yang mendefinisikan gaya ini. Dekorasi gaya tradisional memberikan rasa kehangatan dan kenyamanan melalui warna, desain furniture, dan penempatan furniture. Furniture biasanya akan ditempatkan secara formal di titik fokus ruangan dan pengaturannya difokuskan pada kenyamanan. Rasa ketertiban dan keakraban tercermin dari arsitektur dan aksesorisnya seperti vas bunga, tempat lilin, mangkuk, potongan aksen, patung, dan cermin. Warna yang biasanya digunakan adalah warna netral yang memberikan kehangatan seperti beige, cream, taupe, dan cokelat; dan jika ada pencampuran warna, hal itu dilakukan dengan warna yang lebih dalam dari coklat, biru, merah, dan hijau.

  1. Modern

Gaya ini merupakan respons terhadap tampilan tradisional – asimetri dan esensi desainnya mencakup garis bersih dalam arsitektur dan furnitur. Penekanannya lebih pada rencana lantai terbuka dan dekorasi bebas yang berantakan. Biasanya, lukisan digunakan untuk melengkapi sisa ruang. Gaya modern memberi rasa ruang karena membuat tempat terlihat lebih besar. Warna steril, warna pastel, beige, coklat muda, dan abu-abu sering digunakan dalam dekorasi gaya modern. Ada banyak warna cerah juga yang digunakan, baik sebagai warna dasar atau elemen aksen – baik di dinding atau di atas pelapis atau melalui aksesoris. Tetapi, kuncinya adalah menjaga agar seluruh tampilan seimbang dan canggih.

  1. Eklektik

Desain eklektik menyatukan berbagai gaya dan periode melalui elemen furnitur dan dekorasi. Caranya adalah dengan menemukan harmoni melalui skala, proporsi, dan komposisi. Beragam potongan, warna, tekstur, dan desain disatukan untuk menemukan ritme. Hal ini dicapai dengan menciptakan titik poin di dalam ruangan dan menemukan kesamaan antara perabotan dan aksesori. Dikarenakan berbagai potonga, warna, tekstur, dan desain bisa disatukan, maka tidak ada batasan dalam hal warna. Warna primer yang cerah dapat saja dipadukan dengan warna pastel, nuansa yang berbeda dari warna yang sama dapat digunakan melalui berbagai elemen dekorasi. Meskipun demikian, warna sebenarnya memainkan peran penting pada gaya eklektik ini sebagai pemersatu.

  1. Kontemporer
Baca Juga :  Elemen-Elemen Dasar Interior

Meski sering bingung dengan gaya modern, yang satu ini merupakan interpretasi yang lebih serius. Gaya ini memiliki fokus pada dasar-dasar garis dan bentuk. Tampilan keseluruhan selalu segar dan penting diberikan pada ruang terbuka dan cahaya alami. Fitur ramping dan garis bersih tanpa elemen boros adalah apa yang menentukan gaya ini. Tampilannya tenang dan maskulin. Di sini visualnya dibuat dengan bahan material dan bukan dengan warna. Karena warna bukanlah titik fokus, maka warna dasar tone-on-tone berwarna coklat, taupe, putih, dan cream banyak digunakan. Berbeda dengan dekorasi modern, kontras tidak tercipta dengan warna cerah. Nuansa warna yang sama sering digunakan untuk mendatangkan kedalaman dan variasi.

  1. Classic

Gaya ini adalah perpaduan antara kesederhanaan dan keringkasan yang terwujud antara abad 17 sampai 19 di Prancis dan kemudian di Eropa. Gaya klasik telah bertahan selama beberapa waktu dan tetap tinggal berkat kekayaan yang dihasilkannya dari alam dan unsur dekoratif penting pada masa itu. Floral, fruity, dan arty scenes dari masa lalu sangat umum dengan gaya ini. Meski demikian, Anda jangan salah dengan istilah ‘kesederhanaan’. Sederhana yang dimaksud hanya lebih rinci, halus, dan artistik. Warna yang banyak digunakan adalah coklat, abu-abu, walnut, dan beige.

Itulah penjelasan seputar sejarah perjalanan desain interior dan macam-macam gaya desain interior beserta dengan contoh-contoh untuk pengaplikasiannya pada penataan ruang kantor. Untuk Anda yang ingin melakukan penataan ruang kantor, maka Anda dapat menggunakan jasa desain interior, Gema Intermulia. Gema Intermulia ini adalah perusahaan penyedia jasa desain interior kantor Jakarta dengan sistem one-stop-service. Untuk informasi lanjut, dapat Anda peroleh melalui website official Gema Intermulia di gemaintermulia.co.id.

Baca Juga :  SJF Bisnis Jasa Kontraktor Interior

 

Untuk konsultasi jasa desain hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Jasa Desain 3D Interior Dan Eksterior di Medan

Tips Memilih Lemari Pakaian
Elemen-Elemen Dasar Interior

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *