“Pemasangan Aman Bersama Jasa Instalasi Listrik Profesional di Medan

Info : Klik Pemasangan Aman Bersama Jasa Instalasi Listrik Profesional di Medan

Pemasangan

Permasalahan Kelistrikan Nasional

Pengembangan dan perluasan kelistrikan di Indonesia menjadi amanat dan tugas PLN sebagai pengelola listrik nasional. Masih banyak tantangan yang harus dihadapi oleh PLN untuk melayani kebutuhan listrik masyarakat. Selain itu, pengembangan PLN bertujuan untuk memiliki daya saing di pasar internasional.

Saat ini harus diakui bahwa daya saing PLN di pasar internasional masih relatif rendah. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberadaan PLN di tengah pasar internasional. Faktorfaktor yang menyebabkan PLN memiliki daya saing yang rendah di pasar internasional tersebut, antara lain sumber daya,  kapabilitas, kualitas, dan standardisasi.

  1. Sumber Daya

Mengandalkan pada satu pembangkit saja, seperti PLTA dirasakan sangat kurang dalam pemenuhan kecukupan energi listrik nasional. PLTA sangat bergantung pada kondisi iklim dan cuaca. Jika terjadi musim kemarau, debit air akan berkurang sehingga pasokan listrik pun akan berkurang pula sementara pemakaian listrik semakin besar. Sumber pembangkit listrik yang lain, seperti PLTU dan PLTG perannya masih sangat sedikit. Padahal Indonesia sangat strategis untuk membangun pembangkit listrik lainnya, seperti PLTS dan PLTKA (kincir angin_ Selain itu, ada salah satu pembangkit yang menggunakan biaya operasional rendah tetapi dapat menyuplai daya yang tinggi untuk konsumen, yaitu PLTN.

  1. Kapabilitas

Indonesia dianugerahi sumber daya alam yang berlimpah. Apabila dapat dimanfaatkan dengan baik dan benar akan menjadi kekuatan sumber- sumber listrik nasional. Hanya saja, PLN belum mampu  mengintegrasikan sumber daya alam yang banyak terkandung di Indonesia tersebut. Sumber daya alam yang bisa diperbarui atau hasil-hasil alam, seperti panas matahari maupun bahan tambang saat ini banyak dimanfaatkan negara maju sebagai sumber pembangkit listrik, misalnya uranium untuk menghasilkan listrik dari nuklir. Apabila sumber daya manusia yang dimiliki PLN mampu merekrut para ahli teknologi seperti itu, maka pemanfaatan sumber daya alam dapat dilakukan secara optimal.

  1. Standardisasi
Baca Juga :  Kami Menjual Teralis Pintu

Kurangnya standardisasi dalam produksi listrik, misalnya saluran transmisi ( SUTET) harus dilewatkan pada ruang bebas untuk keselamatan. Namun untuk saluran di Indonesia, aturan itu tidak berlaku sehingga negara lain ragu untuk mengimpor listrik dari Indonesia.

  1. Kualitas

Kualitas kelistrikan nasional berpengaruh dalam persaingan dengan negara lain. Ketidakmampuan bersaing dengan negara yang lebih mapan dalam urusan suplai listrik disebabkan harga untuk tarif dasar dengan kualitas mati-hidup-mati sudah mahal apalagi untuk diekspor. Negara-negara pengimpor tentunya lebih memilih  kualitas listrik yang bagus dengan harga yang relatif lebih murah, misalnya Prancis. Untuk meningkatkan daya saingnya di pasar internasional, banyak hal yang harus diperbaiki oleh PLN. Pertama, mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang ada di Indonesia guna meningkatkan kapabilitas dan kualitas. Kedua, menjalin kerja sama dengan negara-negara dengan konsumsi listrik yang tinggi. Jika PLN ingin menjadi perusahaan negara yang bisa mengekspor listrik seperti Prancis dan ingin menjadi perusahaan listrik besar kelas dunia, maka PLN juga harus banyak menjalin kerja sama dengan negara-negara lain yang mempunyai konsumsi listrik besar di dunia, seperti

Amerika dan Inggris.  Di belahan dunia dan berbagai negara mana pun pasokan listrik bagi masyarakat

adalah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk berbagai aktivitas dan kegiatan. PLN sebagai pemasok listrik di tanah air mempunyai kedudukan yang sangat vital dalam mengelola dan memberdayakan kelistrikan negara. Untuk itu, kinerja PLN harus selalu ditingkatkan dalam upaya memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Indonesia.

Untuk jasa instalasi listrik Hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Pemasangan Aman Bersama Jasa Instalasi Listrik Profesional di Medan

Arsitektur Bangunan 
Isu Strategis Pembangunan Rumah di Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *