“Penting Mengenal Konsultan Perencana Konstruksi Lebih Dekat di Medan

Info : Klik Penting Mengenal Konsultan Perencana Konstruksi Lebih Dekat di Medan

Penting
Perencanaan Juklak (Petunjuk Pelaksanaan) Proyek Konstruksi

Sebelum proyek dilaksanakan, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat Perencanaan Petunjuk Pelaksanaan atau biasa disebut dengan istilah Juklak. Juklak adalah suatu kegiatan mempersiapkan bagaimana suatu pekerjaan akan dilaksanakan untuk mencapai sasaran dan tujuan yang diinginkan. Perencanaan merupakan hal yang paling penting dalam manajemen proyek. Bahkan dapat dikatakan bahwa apabila proyek telah membuat perencanaan yang baik pada awal pelaksanaannya, ini berarti 70 persen pekerjaan telah selesai. Oleh karena itu, perencanaan proyek harus dilakukan secara akurat agar hasil yang maksimal dapat tenvujud.

Informasi Dasar yang Diperlukan

Informasi dasar yang diperlukan untuk membuat Juklak, yaitu:
1) Dokumen Kontrak
2) Pengalaman sebelumnya
3 ) Personil yang memiliki pengalaman proyek sejenis
4) Kondisi lapangan dan lingkungan
5) Sumber material dan kemampuan pengadaannya
6 ) Sumber tenaga kerja serta kemampuan pengadaannya
7) Sub Kontraktor spesialis yang tersedia
8) Ketersediaan peralatan

Penyusunan Tim Juklak Penyusunan Juklak biasanya dilakukan oleh sebuah tim yang ditunjuk oieh pimpinan yang berwenang dengan susunan anggota sebagai berikut:
1) Ketua
2) Wakil Ketua
3 ) Sekretaris
4) Anggota:
a. Bidang Metode Pelaksanaan
b. Bidang Logistik

Bidang Peralatan, dan
d. Bidang Keuangan dan Anggaran Biaya

Pembuatan Juklak
Perencanaaan yang disusun oleh tim Juklak meliputi antara lain:
1. Perencanaan Biaya
2. Perencanaan Mutu
3. Perencanaan Waktu
4. Perencanaan Metode Pelaksanaan
5. Perencanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Perencanaan Biaya (Anggaran Proyek)
Perencanaan biaya proyek dalam Juklak mengacu kepada data yang ada pada waktu tender dan disebut juga sebagai Rencana Anggaran Pelaksanaan Tender (RAPT). Tolok ukur keberhasilan dalam . pengendalian biaya proyek dilihat dari nilai akhir biaya yang dikeluarkan dibandingkan terhadap target yang ditetapkan perusahaan.

Perencanaan Mutu
Perencanaan mutu adalah kegiatan yang harus dilakukan untuk memenuhi persyaratan spesifikasi yang telah ditetapkan oleh Pemilik Proyek, sesuai dengaq kontrak. Kontraktor yang telah memperoleh Sertifikat ISO-9000, perencanaan mutu yang dibuatnya tidak terlepas dari prosedur yang telah ditetapkan dalam ketentuan program ISO-9000. Uraian lebih rinci tentang aplikasi sistem manajemen pengendalian mutu ISO-9000 ini dapat dibaca pada Bab C.3. Manajemen Mutu I S 0 9001-2000. Pembaca yang ingin mengetahui tentang I S 0 9000 ini khusus untuk Aplikasi dalam Bidang Usaha Kontraktor dapat membaca buku ISO-9000 untuk Kontaktor, yang disusun oleh PT PP , (Persero), terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, 1997.

Untuk jasa kontraktor hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Penting Mengenal Konsultan Perencana Konstruksi Lebih Dekat di Medan

Menyusun Organisasi Proyek Konstruksi
Peralatan Lingkungan Saat Konstruksi

“Pentingnya Estimasi Biaya Konstruksi Akurat Dan Tepat di Medan Info : Klik Pentingnya Estimasi Biaya Konstruksi Akurat Dan Tepat di Medan Material Konstruksi Material yang digunakan dalam proyek pembangunan Taman Anggrek. Selengkapnya


Continue Reading

“Penting Mengenal Konsultan Perencana Konstruksi Lebih Dekat di Medan Info : Klik Penting Mengenal Konsultan Perencana Konstruksi Lebih Dekat di Medan Proyek Proyek adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan waktu dan. Selengkapnya


Continue Reading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *