Galvanisasi Sistem Panas

Supplier Besi Baja di Medan, – Jasa Hot Dip Galvanis , Jual Besi Hbeam – Besi Wf- Besi Pipa – Besi Cnp – Besi Unp – Besi Siku – Besi Wiremesh – Besi Kanal C & U – Baja Ringan – Besi Nako – Besi Ulir – Besi Cakar Ayam – Besi Bulat – Besi Assental TerLengkap – Termurah – Terpercaya Di Medan. -> Hubungi kami di Wa 08126067928.
Info : Klik Jasa Hot Dip Galvanis di Medan

Manual ini disusun untuk membantu dan memahami proses Hot Dip Galvanizing ( HDG) dan desain untuk komponen – komponen yang akan di Hop Dip Galvanizing Ø Informasi yang terdapat di dalam manual ini dikutip dari beberapa sumber termasuk artikel dari AGI ( Association Galvanizing Indonesia) dan AGA (American Galvanizers Association).

Hot Dip Galvanizing

Proses pelapisan galvanizing dapat ditemukan hampir di setiap aplikasi dan industri penting dimana bahan besi atau baja digunakan. Beberapa yang dapat kita sebutkan, misalnya pada industri peralatan listrik dan air, pemrosesan kimia, bahan baku kertas, otomotif, dan trasportasi, pada awalnya kegunaan galvanizing yang utama adalah untuk mengontrol karat pada besi atau baja. Yang mana saat ini tetap terus digunakan. Lebih dari 150 tahun, Hot Dip Galvanizing telah terbukti secara komersial sebagai metode perlindungan besi atau baja terhadap karat dalam banyak aplikasi di seluruh dunia.

Hot Dip Galvanis yaitu pelapisan seng terhadap baja dengan cara mencelupkan baja kedalam larutan seng panas dengan tujuan untuk melindungi baja tersebut sehingga tidak mudah terkorosi. Proses ini dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu Degreasing, Acid Pickling, Water Rinsing, Prefluxing, Molten Zing Bath dan Quenching

Degreasing Pada tahap ini baja di celupkan ke dalam larutan penghilang minyak (Degrease Solution), untuk menghilangkan segala minyak, minyak gemuk, minyak pelumas dari permukaan baja. Bekas-bekas cat mungkin dapat dihilangkan tetapi tidak seluruhnya. Biasanya larutan penghilang minyak ini adalah alkali panas seperti larutan soda kaustik (NaOH). Tahapan ini berlangsung sekitar 10 menit sampai 30 menit

Acid Pickling Baja di bersihkan ke dalam larutan asam, proses ini dimaksudkan untuk menghilangkan karat dan tingkat/skala oksida. Asam Hidrolik (Hydrochloric Acid) atau asam Slfurik (Sulphuric Acid) digunakan dalam proses ini. Waktu yang digunakan dalam proses ini berbeda-beda dari 10 menit sampai beberapa jam tergantung pada produk yang akan di galvanis.

Water Rinsing Setelah dilakukan proses degreasing dan proses Acid Pickling baja kemudian dibilas lagi di dalam air untuk menghilangkan sisa-sisa larutan penghilang minyak dan sisa-sisa asam

Prefluxing Baja segera dicelupkan ke dalam larutan Preflux (Preflux Solution) yaitu larutan dari Zinc Ammonium Chlorida di dalam air. Proses ini dimaksudkan untuk menjamin pada proses pencelupan selanjutnya di dalam cairan/leburan seng panas, permukaan baja dan seng dapat bereaksi dalam bentuk lapisan seng yaitu sempurna.

Molten Zinc Bath Setelah proses pencucian, baja kemudian di galvanis dengan mencelupkannya ke dalam leburan seng dengan temperature sekitar 450°C. Selama proses pencelupan di dalam bak galvanis berlangsung reaksi metalurgi antara seng dan permukaan baja. Reaksi ini menghasilkan lapisan paduan baja seng (Zinc-Iron Alloy) pada baja. Ketika ditarik dari bak galvanis (Zinc Bath), lapisan dari leburan seng juga ikut terbawa dengannya dan lapisan seng ini akan mengeras ketika baja menjadi dingin sehingga pada akhirnya lapisan galvanis terdiri dari paduan lapisan dimana merupakan lapisan seng. Kombinasi tersebut disebut lapisan galvanis.

Lamanya waktu yang di perlukan di dalam bak galvanis tergantung sampai beberapa lama memanaskan baja hingga mencapai temperatur galvanis sekitar 450°C. Lebih tebal baja tersebut lebih lama waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan baja, sebagai contoh baja dengan ketebalan 2 mm hingga 3 mm membutuhkan kira-kira 3 menit untuk menggalvanis, baja dengan tebal 5 mm hingga 8 mm kira-kira 5 menit hingga 6 menit, untuk baja dengan tebal 20 mm sekitar 10 menit atau lebih jika diperlukan. Tebal lapisan sangat penting karena ini menentukan umur proteksi atas korosi (Corrosion Protection Life).

Keistimewaan proses galvanis pada sebagian besar kualitas dan tipe baja adalah pada mula pembentukan galvanis berjalan dengan cepat kemudian reaksi menurun pada waktu berjalan. Dengan kata lain tebal dari lapisan lebih kurang mengatur sendiri (Self Regulating) atau mengawasi sendiri (Self Controlling). Di dalam prakteknya pencelupan baja di dalam bak galvanis biasanya berlangsung sampai reaksi mulai menurun

 

Untuk jasa hot dip galvanis hubungi kami di Wa 08126067928

Info Artikel Lainnya : Klik Jasa Hot Dip Galvanis di Medan

 

Pipa Baja Digunakan untuk Industri
Jenis-Jenis Stainless

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *