Penggunaan Baja WF / Profil WF (Wide Flange)

Supplier Besi Baja di Medan, – Harga Besi WF , Jual Besi Hbeam – Besi Wf- Besi Pipa – Besi Cnp – Besi Unp – Besi Siku – Besi Wiremesh – Besi Kanal C & U – Baja Ringan – Besi Nako – Besi Ulir – Besi Cakar Ayam – Besi Bulat – Besi Assental TerLengkap – Termurah – Terpercaya Di Medan. -> Hubungi kami di Wa 08126067928.
Info : Klik Harga Besi Wf di Medan

Harga

Penggunaan Baja WF / Profil WF (Wide Flange)

Baja WF/Profil WF (Wide Flange) digunakan sebagai kolom atau penyangga konstruksi diatasnya,dan meneruskan beban pada base plate. Baja jenis ini dibuat dengan cara di rol dalam kondisi masih panas. Missal Beam Blank yang dipanaskan dan di rol menjadi WF atau H-Beam. Ukuran Baja WF / Profil WF (Wide Flange) yang digunakan sebagai kolom juga berbeda-beda menyesuaikan dengan jenis perencanaan konstruksi bangunan yang akan dibuat.

Untuk menghubungkan base plate dengan Baja WF / Profil WF (Wide Flange) diperlukan sambungan dengan cara pengelasan, Tipe-tipe Las Ada empat tipe pengelasan yaitu, groove, fillet, slot, dan plug. Masing-masing tipe las memiliki kelebihannya sendiri yang menentukan rentang penggunaannya. Secara kasar, keempat tipe tersebut mewakili presentasi konstruksi las berikut ini : las groove (las tumpul) 15%, fillet ( las sudut) 80%, sisanya terbagi-bagi untuk slot dan plug. Oleh karena itu las sudut biasanya dipilih sebagai penyambung antara kolom baja dengan baseplate.

Wide Flange merupakan baja penyangga yang didesain untuk menyangga benda berat. Makanya Wide Flange dipakai untuk pembangunan struktur lantai, atap, kolom atau tiang pancang bangunan. Karena kekuatannya itu pula maka baja Wide Flange juga dipakai untuk perakitan rel kereta api dan jembatan. Kekuatan baja jenis Wide Flange ini dapat mengurangi jumlah struktur penyangga yang dibutuhkan, memberi kesempatan bagi arsitek atau kontraktor untuk berkreasi mendesain bangunan. Jumlah struktur tiang penyangga yang sedikit berarti lebih sedikit pula jumlah area yang dipakai untuk memasang tiang di tengah struktur bangunan. Ini berarti ruangan bangunan akan jadi lebih luas dan lebih terbuka.

1. Las Groove

Las ini dipakai untuk menyambung batang-batang sebidang, karena las ini harus menyalurkan beban yang bekerja secara penuh, maka las ini harus memiliki kekuatan yang sama dengan batang yang disambungnya.

2. Las Fillet

Tipe las ini paling banyak dijumpai dibandingkan tipe las yang lain, 80% sambungan las menggunakan tipe las sudut. Tidak memerlukan presisi yang tinggi dalam pengerjaannya.

3. Las Slot dan Plug

Jenis las ini biasanya digunakan bersama-sama las fillet. Manfaat utamanya adalah menyalurkan gaya geser pada smbungan lewatan bila ukuran panjang las terbatas oleh panjang yang tersedia untuk las sudut.

Untuk pemesanan besi WF hubungi kami di Wa 08126067928

Info Artikel Lainnya : Klik Harga Besi Wf di Medan

 

Apa itu Baja CNP dan Kegunaannya
Penggunaan Baja Kanal U (UNP)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *