Penggunaan Baja Kanal U (UNP)

Supplier Besi Baja di Medan, – Harga Besi UNP , Jual Besi Hbeam – Besi Wf- Besi Pipa – Besi Cnp – Besi Unp – Besi Siku – Besi Wiremesh – Besi Kanal C & U – Baja Ringan – Besi Nako – Besi Ulir – Besi Cakar Ayam – Besi Bulat – Besi Assental TerLengkap – Termurah – Terpercaya Di Medan. -> Hubungi kami di Wa 08126067928.
Info : Klik Harga Besi Unp di Medan

Harga

Penggunaan Baja Kanal U (UNP)

Hampir sama dengan jebis baja wide flange, baja kanal U ini juga biasa digunakan dalam konstruksi kolom jembatan. Meskipun sangat jarang digunakan karena lebih mudah mengalami lekukan.

Baja Channel atau UNP ini punya kegunaan yang hampir sama dengan baja WF , kecuali untuk kolom jarang baja UNP ini jarang digunakan karena struktur nya yang mudah mengalami tekukan disetiap sisi nya. bukan hanya baja WF yang mempunya istilah lain baja UNP jug punya istilah lain ini lah istilah lain baja UNP: Kanal U, U-channel, Profil U.

Sifat-Sifat Fisik dan Mekanis Baja

Sifat baja pada umumnya terdiri dari sifat fisik dan sifat mekanis. Sifat fisik meliputi : berat, berat jenis, daya hantar panas dan konduktivitas listrik. Baja dapat berubah sifatnya karena adanya pengaruh beban dan panas. Sifat mekanis adalah kemampuan bahan tersebut memberikan perlawanan apabila diberikan beban pada bahan tersebut. Atau dapat dikatakan sifat mekanis adalah kekuatan bahan didalam memikul beban yang berasal dari luar. Sifat mekanis pada baja meliputi :

  1. Kekuatan.

Sifat penting pada baja adalah kuat tarik. Pada saat baja diberi beban, maka baja akan cenderung mengalami deformasi/perubahan bentuk. Perubahan bentuk ini akan menimbulkan regangan/strain, yaitu sebesar terjadinya deformasi tiap satuan panjangnya. Akibat regangan tersebut, didalam baja terjadi tegangan/stress sebesar, dimana P = beban yang membebani baja, dan A = luas penampang baja. Pada waktu baja diberi beban, maka terjadi regangan. Pada waktu terjadi regangan awal, dimana baja belum sampai berubah bentuknya dan bila beban yang menyababkan regangan tadi dilepas, maka baja akan kembali ke bentuk semula. Regangan ini disebut dengan regangan elastis karena sifat bahan masih elastis. Perbandingan antara tegangan dengan regangan dalam keadaan elastis disebut dengan “Modulus Elastisitas/Modulus Young”

Ada 3 jenis tegangan yang terjadi pada baja, yaitu : – tegangan , dimana baja masih dalam keadaan elastis

– tegangan leleh, dimana baja mulai rusak/leleh – tegangan plastis, tegangan maksimum baja, dimana baja mencapai kekuatan maksimum.

  1. Keuletan (ductility), Kemampuan baja untuk berdeformasi sebelum baja putus. Keuletan ini berhubungan dengan besarnya regangan/strain yang permanen sebelum baja putus. Keuletan ini juga berhubungan dengan sifat dapat dikerjakan pada baja.

Cara ujinya berupa uji tarik.

  1. Kekerasan, adalah ketahanan baja terhadap besarnya gaya yang dapat menembus permukaan baja. Cara ujinya dengan kekerasan Brinell, Rockwell, ultrasonic,dll
  2. Ketangguhan (toughness), adalah hubungan antara jumlah energi yang dapat diserap oleh baja sampai baja tersebut putus. Semakin kecil energi yang diserap oleh baja, maka baja tersebut makin rapuh dan makin kecil ketangguhannya. Cara ujinya dengan cara memeberi pukulan mendadak (impact/pukul takik) Baja pada bangunan.

Baja kian banyak digunakan sebagai struktur utama bangunan dan jembatan-jembatan. Bahkan baja juga bisa digunakan sebagai material pembangunan untuk rumah.

Untuk pemesanan baja UNP hubungi kami di Wa 08126067928

Info Artikel Lainnya : Klik Harga Besi Unp di Medan

 

Penggunaan Baja WF
Jenis Plat Coil dan Pemanfaatannya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *