Pasaran Plat Kapal di Medan

Supplier Besi Baja di Medan, – Harga Plat Kapal , Jual Besi Hbeam – Besi Wf- Besi Pipa – Besi Cnp – Besi Unp – Besi Siku – Besi Wiremesh – Besi Kanal C & U – Baja Ringan – Besi Nako – Besi Ulir – Besi Cakar Ayam – Besi Bulat – Besi Assental TerLengkap – Termurah – Terpercaya Di Medan. -> Hubungi kami di Wa 08126067928.
Info : Klik Harga Plat Kapal di Medan

Harga

REPLATING ( PENGGANTIAN PLAT )

Sering terjadi, kapal mengalami perubahan bentuk ( performance ), perubahan konstruksi, getaran yang berlebihan, dan kebocoran lambung bawah air. Umumnya dialami oleh kapal – kapal yang baru selesai menjalani pekerjaan replating, buka pasang intermediate, propeller shaft, ganti “I” atau”V” bracket dan lain sebagainya. Sekilas, perubahan tersebut memang tak terasa dan terlihat, tetapi bila diteliti dan diperiksa dengan seksama, dari transom buritan umpamanya, akan terlihat sedikit kemiringan kearah starboard side atau portside, pintu – pintu kamar yang sebelumnya mudah untuk buka tutup, sekarang sudah agak seret, bila dilakukan Inclination experiment / inclining test, titik berat kapal sudah berobah dari sebelumnya dan waktu dilakukan vibration test, getaran agak berlebihan, terjadi di kamar mesin dan ruang kemudi. Perubahan tersebut, ada yang langsung bisa diketahui setelah kapal diluncurkan dari dock, saat melakukan sea trial, atau setelah kapal melakukan pelayaran beberapa kali.

Ada beberapa penyebab hal ini bisa terjadi, pertama, kurang persiapan dan lemahnya perencanaan dari ship’s owner, serta redaksional repair list yang kurang mendukung, untuk sempurnanya hasil pekerjaan. Kapal dinaikkan keatas dock dengan tidak terlebih dahulu mengosongkan tangki – tangki bahan cair ( fuel / lub. oil, fresh water & ballast ). Seandainya, kapal dinaikan keatas dock jenis Graving Dock atau Floating Dock, mungkin tidak terlalu masalah, tetapi kalau Rail Dock ( kapal – kapal berukuran kecil ), kemungkinan terjadinya perubahan konstruksi sangat besar. Yang tak kalah pentingnya adalah penempatan bantalan dock ( docking block ), bila tak sesuai dengan Docking Plan, kemungkinan akan terjadi kebocoran lambung kapal bawah air, apalagi selama kapal docking, tidak dilakukan pemindahan dock block.

Penyebab kedua, sarana prasarana dock yang kurang memadai, dan pekerja – pekerja ( man power ) yang kurang profesional, kurang pengalaman, ditambah dengan ruang lingkup pekerjaan dibatasi oleh redaksional repair list dan tidak adanya referensi akhir tentang plat lambung kapal ( shell expantion plan ) dari ship’s owner.

Pekerjaan – pekerjaan yang seharusnya dihindari atau tidak dilakukan pada saat replating, adalah sebagai berikut :
1. doubling plat, ini akan berakibat instabilitas, karena pembebanan yang tidak seimbang pada sisi portside dan starboard side kapal.
2. membuka plat lama dan gading – gading terlalu banyak, sebelum pemasangan plat baru dan jangan melakukan bending plat ditempat, seperti, memukul – mukul plat, memanaskan plat, karena akan berakibatkan terjadinya perubahan bentuk pada hull ( deformation ).
Pekerjaan – pekerjaan yang harus dilaksanakan pada saat replating adalah sebagai berikut :
1. Membuatkan supporting pada pondasi main engine dan bracket, sebelum membuka intermediate, propeller shaft dan melakukan pekerjaan replating plat dibawah kamar mesin, agar posisi rata engine mounting tetap terjaga dan memudahkan pekerjaan cen tering / alignment, antara main engine, intermediate dan propeller shaft, setelah peker jaan replating dibawah kamar mesin selesai dilakukan.
2. Menguji kekedapan las pada sambungan – sambungan plat dengan teliti dan melakukan centering,alignment dua kali, diatas dock pekerjaan pemasangan, dan diatas air peker jaan pengencangan ( tighting ), karena akan terjadi perbedaan temperatur dan tekanan yang signifikan antara diatas dock dan diatas air laut. Penyebab ketiga, adalah kelalaian Supervisi / surveyor dari class dan owner dalam hal mengawasi pekerjaan – pekerjaan yang akan menimbulkan resiko dan tidak memberikan advise kepada ship’s owner tentang permasalahan ini. Penyebab keempat, adalah keterbatasan anggaran ( budget ) untuk pekerjaan rekondisi bagi kapal – kapal yang sudah berusia diatas dua puluhan tahun ini. Namun perubahan konstruksi dan bentuk yang berlebihan, adalah merupakan ketidak laik lautan untuk sebuah kapal.

Reparasi kapal merupakan bentuk perawatan kapal, yang mana di butuhkan untuk setiap kapal yang sedang anual sampai dengan general docking disamping itu reparasi juga dapat berguna untuk mengetahui ketidak layakan dari semua unsur kapal dari toleransi-toleransi yang ditetapkan oleh klas. Salah satu hal yang riskan dalam reparasi dan menjadi sasaran wajib pada repair list adalah perawatan bagian kapal di bawah garis air ( wetted surface ).

Pada bagian tersebut sering ditemukan beberapa masalah seperti deformasi di karenakan benturan dari benda-benda di laut,adapun di karenkan batas maksimum usia suatu plat hinga mengalami ketipisan di plat tersebut. Pada reparasi khususnya pergantian plat (replating) untuk replating sendiri tidak sembarangan karena kita hrus mengetahui aturan-aturan standrt dari class dan juga untuk mereparasi plat dan juga harus mengetahui batas maksimum suatu plat yang wajib di ganti dengan mengacu standrt dari pihak class,pihak galangan juga harus memperhatikan dengan seksama aturan-aturan dari class agar tidak merugikan dari pihak galangan dan mememberi kepuasan terhadap owner sebagai pemilik kapal.

Proses Replating Pelat Lambung Kapal
Poses pengerjaan Pemotongan pelat lama dan pelat baru pada lambung sisi. Setelah diketahui dati UT (Ultrasonic Test) dan tergambar pada bukaan kulit (shell expansion) maka pemotongan pelat dapat dimulai, langkah yang dilakukan:
• Utamakan dan usahakan tidak berpindah dari lajur pelat misal pada lajur kanan atau kiri lambung
• Perhatikan ketentuan pada pemotongan arah memanjang lajur sebagai mana ditentukan seperempat (1/4 a) jarak gading
• Pemotongan pelat yang berkaitan dengan komponen konstruksi terkait jangan sampai mengurangi ukuran dari komponen- komponen konstruksi tersebut.

Pemotongan dapat dilakuakan pada posisi luar maupun di dalam lambung kapal namun tetap diperhatikan agar tidak terjadi percikan api hasilpemotongan yang dapat membahayakan.

Untuk pemesanan plat kapal hubungi kami di Wa 08126067928

Info Artikel Lainnya : Klik Harga Plat Kapal di Medan

 

Pasaran Plat Hitam di Medan
Pasaran Plat Strip di Medan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *