Pelapisan Hot Dip Galvanizing terhadap Ketahanan Korosi

Supplier Besi Baja di Medan, – Harga Besi Hollow Galvanis , Jual Besi Hbeam – Besi Wf- Besi Pipa – Besi Cnp – Besi Unp – Besi Siku – Besi Wiremesh – Besi Kanal C & U – Baja Ringan – Besi Nako – Besi Ulir – Besi Cakar Ayam – Besi Bulat – Besi Assental TerLengkap – Termurah – Terpercaya Di Medan. -> Hubungi kami di Wa 08126067928.
Info : Klik Harga Besi Hollow Galvanis di Medan

Harga

Pelapisan Hot Dip Galvanizing terhadap Ketahanan Korosi

Baja merupakan logam yang amat banyak digunakan. Namun terjadi kerugian yang sangat besar di beberapa lingkungan karena tingginya tingkat kerusakan akibat korosi. Proses pengendalian korosi sangatlah diperlukan sebagai usaha untuk memperpanjang umur suatu logam. Salah satu upaya pengendalian korosi dapat dilakukan dengan cara pelapisan logam, yaitu dengan pelapisan Galvanizing. Untuk pelapisan galvanizing ada dua macam metode, yaitu dengan metode galvanis elektro platting dan metode Hot Dip Galvanizing.

Proses pelapisan galvanis elektro platting yaitu dengan cara memberi aliran listrik kedalam treatment bath galvanize sehingga partikel zinc menempel pada permukaan material baja. Dua buah plat logam dihubungkan dengan kutub positif dan negatif dengan terminal sumber arus searah (DC). Sehingga partikel galvanis menempel pada besi sampai ketebalan yang diinginkan.

Sedangkan Pelapisan Hot Dip Galvanizing merupakan proses pelapisan yang dilakukan dengan cara mencelupkan logam dasar ke dalam larutan cair berupa seng. Hasil dari pelapisan dipengaruhi oleh temperatur cairan dan lamanya pencelupan. Pencelupan yang cepat menghasilkan lapisan kurang bagus, namun jika terlalu lama akan diperoleh hasil lapisan yang tebal dan cenderung kusam. Proses pencelupan yang sesuai akan menghasilkan ketebalan yang sesuai pula sehingga memiliki daya tahan terhadap korosi yang baik. Namun perbandingan hasil antar kedua pelapisan tersebut belum pernah dilakukan dan belum diketahui pelapisan mana yang lebih yang lebih keras dan tahan terhadap korosi.

Proses Hot dip Galvanis

Adapun tahapan-tahapan dan peralatan yang dibutuhkan dalam proses pelapisan Hot dip galvanizing adalah sebagai berikut :

  1. Menimbang benda kerja yang kemudian dirangkai menjadi satu bagian.
  2. Melakukan proses degreasing yang berfungsi untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada specimen kemudian dilanjutkan dengan proses rinsing I yang bermaksud untuk membersihkan bekas proses degreasing.
  3. Melakukan proses pickling untuk menghilangkan karat yang menempel pada specimen disusul dengan proses rinsing II.
  4. Setelah itu proses fluxing sebagai lapisan dasar untuk memperkuat lapisan zinc pada saat proses galvanis kemudian dilanjutkan proses
  5. Mencelupkan rangkaian spesimen ke dalam bak galvaniz, proses pencelupan dilakukan selama 1 menit, 3 menit dan 5 menit kemudian dilanjutkan dengan proses quenching.

Proses Galvanis Elektroplating

Adapun tahapan-tahapan dan peralatan yang dibutuhkan dalam proses pelapisan galvanis elektroplating adalah sebagai berikut :

  1. Pembersihan Specimen dengan menggunakan cairan NaOH (air sabun) untuk menghilangkan kotoran yang menempel kemudian dibilas dengan air bersih.
  2. Kemudian proses Pickling dilakukan untuk menghilangkan karat pada permukaan specimen, kemudian dibilas menggunakan air bersih.
  3. Kemudian Proses Galvanizing elektro plating dilakukan dengan cara menghubungkan specimen dengan kutub positif dan zinc balok ke kutub negative kemudian dimasukkan kedalam cairan elektrolit dan diberi aliran listrik arus searah (DC).
  4. Selanjutnya specimen direndam kedalam larutan chromating untuk meningkatkan ketahanan terhadap korosi, aus dan anti gores serta kelihatan lebih mengkilap dan permukaannya halus.
  5. Finishing Proses galvanis elektro plating adalah dengan mencelupkan specimen ke air bersih dan kemudian dikeringkan

Uji Kekerasan

Uji kekerasan menggunakan mesin uji kekerasan vickers. Prosedur pengujian kekerasan Vickers adalah sebagai berikut:

  1. Letakkan spesimen pada meja test mesin uji kekerasan.
  2. Pilih indicator diamond Vickers.
  3. Set lampu ke vickers
  4. Setting beban untuk material keras 100kg (980N)
  5. Lakukan preload dengan memutar hundle wheel sampai garis set.
  6. Main load diaplikasikan dengan memutar hundle searah jarum jam kemudian ditahan selama 15 detik.
  7. Angkat main load dengan memutar hundle arah ccw.
  8. Turunkan benda uji dengan memutar handle wheel kearah ccw
  9. Ukur panjang diagonal luka dengan mikroskop ( dan  )
  10. Selanjutnya hasil uji kekerasan Vickers

Uji Korosi

Pengujian laju korosi dilakukan dengan menggunakan larutan  (asam sulfat) dan direndam selama 5 hari. Adapun tahapannya yaitu:

  1. Tahap persiapan pengujian laju korosi yaitu melakukan penimbangan awal () spesimen dengan menggunakan timbangan digital dan pembuatan larutan uji.
  2. Proses perendaman selama 5 hari, 10 hari dan 15 hari yang dilakukan pada suhu kamar. Mulanya siapkan gelas kimia, kemudian masukkan specimen kedalam gelas kemudian tuangkanlarutan ke dalamnya, ikatkan plastik sebagai penutupnya yang bertujuan agar tidak ada unsur luar yang masuk selama proses reaksi berlangsung.
  3. Tahap akhir pengujian yaitu dengan mengeluarkan spesimen dari gelas kimia, bersihkan dan dikeringkan, kemudian lakukan penimbangan akhir () setelah dilakukan pengujian.=  waktu, hour (jam)

 

Untuk pemesanan besi hollow galvanis hubungi kami di Wa 08126067928

Info Artikel Lainnya : Klik Harga Besi Hollow Galvanis di Medan

 

Tahapan Proses Fabrikasi Grating
Kegunaan Pipa Besi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *