“Jasa Pembuatan Pillow Block Cast Steel di Medan

Info : Klik Jasa Pembuatan Pillow Block Cast Steel di Medan

Jasa

Komponen Utama dan Cara Kerja Mesin Bubut

Kepala Tetap(Headstock)

Adalah bagian mesin yang letaknya disebe- lah kiri mesin,bagian inilah yang memutarkan benda kerja. Didalamnya terdapat kumparan satu seri roda gigi serta roda tingkat atau ISSN 2443-1060 (Online) tunggal. Roda tingkat terdiri atas tiga atau empat buah keping dengan garis tengah yang berbeda,roda tingkat diputar oleh suatu motor yang letaknya dibawah atau disamping roda tersebut melalui suatu ban.

Kepala Lepas(Tailstock)

Adalah bagian dari mesin bubut yang letaknya disebelah kanan mesin dan dipasang diatasmesin.

Fungsi Kepala Lepas(Tailstock)

  • Sebagai tempat pemicu ujung benda kerja yang dibubut
  • Sebagai tempat kedudukan bor pada waktu mengebor
  • Sebagai Tempat kedudukan penjepit bor Kepala lepas dapat bergeser di sepanjang alas Kepala lepas terdiri atas dua bagian : yaitu alas dan ban,kedua bagian itu di ikat dengan 2 atau 3 baut ikat dan dapat digerakkan dipenggeser itu di perlukan apabila.
  1. Kedudukan kedua senter tersebut tidak
  2. Kedudukan kedua senter tidak harus sepusat misalnya untuk menghasilkan pembubutan yang

Alas(Ways)

Fungsi utama alas mesin bubut ada 3 yaitu

  • Tempat kedudukan kepala lepas
  • Tempat kedudukan eretan (cariage/ support)
  • Tempat kedudukan penyangga diam (stendy prest)

Alas yang terbentuk memanjang merupa- kan tempat tumpuan gaya-gaya pemakanan pahat saat membubut

Eretan(cariage/support)

Eretan terdiri dari atas alas,eretan lintang, dan eretan atas.eretan alas adalah eretan yang kedudukannya pada alas mesin.Gerakan eretan itu melalui roda yang dihubungkan roda batang gigi panjang yang dipasang dibawah alas melalui penghantar.

Chuck

Berfungsi sebagai tempat untuk memegang benda kerja. Chuck adalah bagian paling utama dari mesin bubut karena sebagai pemegang benda kerja dalam mesin bubut.

Senter

Senter merupakan peralatan mesin bubut yang digunakan untuk menopang benda kerja yang sedang dibubut, baik pada saat dibubut rata maupun dibubut tirus. Untuk menempat- kan senter ini, ujung benda harus dibuat lubang dengan menggunakan bor senter.

Lubang ini dimaksudkan sebagai tempat atau dudukan kepala senter. Penggunaan senter ini dimaksudkan untuk menjada atau menahan benda kerja agar kelurusannya terhadap sum- bu tetap terjaga. Pada bagian kepalanya, sen- ter ini berbentuk runcing dengan sudut ketirus- annya 60 derajat. Sementara pada sisi yang lainnya, berbentuk tirus. Ada dua jenis senter, yaitu senter yang ikut berputar mengikuti pu- taran benda kerja (senter jalan/live center) dan senter yang tidak ikut berputar dengan putaran benda kerja (senter mati/tail stock center). Berikut ini adalah gambar dari senter jalan dansenter mati.

Collet

Collet adalah peralatan mesin bubut yang digunakan untuk membantu menjepit benda kerja yang memiliki permukaan halus, apa- bila benda kerja tersebut mau dikerjakan dalam mesin bubut. Dengan kata lain, apabila salah satu sisi benda kerja telah selesai di- kerjakan dan sisi yang satunya akan diker- jakan, maka untuk mencegah terjadi keru- sakan pada permukaan benda kerja tersebut, dalam menjepitnya harus digunakan collet.

Penyangga

Penyangga adalah peralatan mesin bubut yang digunakan untuk menyangga benda pan- jang pada saat di bubut. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga benda kerja agar tidak melen- tur pada saat dibubut, sehingga kelurusan benda kerja bisa tetap terjaga. Ada dua jenis penyangga yang dapat digunakan, yaitu penyangga tetap (stead rest) dan penyangga jalan (follow rest). Kedua jenis penyangga tersebut dapat dilihat pada gambar berikut

Pahat Bubut

Pahat bubut adalah perkakas potong yang digunakan dalam membubut. Pahat ini terbuat dari bahan logam keras, seperti HSS ataupun Carbida. Logam-logam tersebut memiliki kekerasan yang lebih tinggi dari bahan benda kerjanya, sehingga pahat bisa menyayat dengan baik. Selama membubut, ujung pahat harus selalu mendapat pendinginan yang kontinyu, karena jika ujung pahat tersebut panas, pahat akan cepat aus dan tumpul. Sesuai dengan bentuk dan penggunaannya, pahat-pahat bubut dapat dinamakan: pahat kasar, pahat penyelesaian, pahat pemotong, pahat alur, pahat ulir, dan pahat bentuk. Berdasarkan arah pemakanan, pahat dapat dikelompokkan menjadi pahat kanan dan pahat kiri. Pahat kanan adalah pahat yang arah pemakanannya dari kanan ke kiri, dan pahat kiri adalah pahat yang arah pemakan- nya dari kiri ke kanan.

 

Untuk Jasa Pembuatan Pillow Block Cast Steel di Medan Hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Jasa Pembuatan Pillow Block Cast Steel di Medan

Jasa Pembuatan Roda Lori di Medan
Pembuatan Mesin Roll

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *