“Jasa Pembuatan Cetakan Paving Blok di Medan

Info : Klik Jasa Pembuatan Cetakan Paving Blok di Medan

Jasa

Apa itu Paving Block?

Paving Block merupakan produk bahan bangunan dari semen yang digunakan sebagai salah satu alternatif penutup atau pengerasan permukaan tanah baik untuk jalan, trotoar maupun lahan parkir. Paving block dikenal juga dengan sebutan bata beton (concrete block) atau cone block. Proses Pembuatan Paving Block Paving block adalah suatu komposisi bahan bangunan yang dibuat dari campuran semen portland atau bahan perekat hidrolis sejenisnya, air dan agregat halus atau dengan bahan tambahan lainnya yang tidak mengurangi mutu paving block.

Pembuatan paving block dapat diberi warna seperti abu-abu (natural), hitam, merah, kuning, dan hijau yang dapat berfungsi untuk menambahkan keindahan dan juga berfungsi lain sebagai pembatas pada perkerasan contohnya lahan parkir dan tali air. Paving block dapat diproduksi secara mekanis, semi mekanis, atau dengan cetak tangan. Pada umumnya paving block yang diproduksi dengan peralatan mekanis memiliki mutu yang lebih tinggi daripada dengan cara manual. Bahanbahan dicampur dalam perbandingan tertentu sesuai dengan peruntukan dan mutu yang direncanakan, (SNI 03-0691-1996).

Semen Portland (PC) Semen portland adalah semen hidraulis yang dihasilkan dengan cara menghaluskan klinker yang terdiri dari silikat-silikat kalsium yang bersifat hidraulis, dan bahan tambahan berupa gypsum (SII 0013-1981).

Agregat Halus Agregat halus atau pasir diartikan sebagai butiran-butiran mineral yang bentuknya mendekati bulat dengan ukuran butiran kecil dari 4,76 mm atau lolos saringan no. 4 standar SNI 03-6820-2002. Agregat halus dapat berupa pasir alam, pasir olahan atau gabungan dari kedua pasir tersebut. Adapun kegunaan pasir adalah sebagai unsur dominan pembentuk paving block.

Baca Juga :  Jasa Lubang Plat Besi di Medan

Air merupakan bahan pembuat beton yang sangat penting. Air diperlukan untuk bereaksi dengan semen sehingga terjadi reaksi kimia yang menyebabkan pengikatan dan berlangsungnya proses pengerasan pada beton, serta untuk menjadi bahan pelumas antara butir-butir agregat agar mudah dikerjakan dan dipadatkan.

Klasifikasi Berdasarkan Bentuk

Bentuk paving block secara garis besar terbagi atas dua macam, yaitu : a. Paving block bentuk segi eKlasifikasi Berdasarkan Ketebalan Ketebalan paving block ada tiga macam, yaitu : a. Paving block dengan ketebalan 60 mm. b. Paving block dengan ketebalan 80 mm. c. Paving block dengan ketebalan 100 mm. 2.3.3 Klasifikasi Berdasarkan Kekuatan Kekuatan paving block berdasarkan sifat-sifatnya terdiri dari beberapa hal yaitu: a. Paving block mutu A digunakan untuk jalan. b. Paving block mutu B digunakan untuk halaman parkir. c. Paving block mutu C digunakan untuk pejalan kaki. d. Paving block mutu D digunakan untuk taman mpat (Bata). b. Paving block bentuk segi banyak.

Untuk jasa pembuatan paving block hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Jasa Pembuatan Cetakan Paving Blok di Medan

Apa itu Roster?
Apa itu Cetakan Panel Beton?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *