“Jasa Laser Cutting Plat di Medan

Info : Klik Jasa Laser Cutting Plat di Medan

Jasa

Aplikasi Laser CO2 untuk  Pemotongan Material 

Laser cutting memiliki berbagai keunggulan dibandingkan teknologi manufaktur lainnya karena dapat menerima data langsung dari komputer, sehingga otomatisasi pemotongan dapat berjalan pada dunia industri. Penggunaan mesin CNC (Computer Numerical Control) pada sistem laser cutting sangat diperlukan, karena kita bisa memotong suatu bahan dengan bentuk desain sesuai yang kita inginkan dan dengan kualitas pemotongan yang bagus. Hasil laser cutting dengan kualitas potongan pinggirnya dipengaruhi oleh kekuatan daya laser, kekasaran permukaan, lebar garitan, gerakan kecepatan dari sinar laser, dan keahlian pekerja dari laser tersebut.

Laser cutting memerlukan bantuan mesin CNC, yang selalu dilengkapi sebuah kontrol pengendali untuk membuat sebuah program yang dapat langsung dilihat pada layar monitornya. Mesin CNC dapat digunakan atau berfungsi apabila diperintahakan dengan menggunkaan kode-kode tertentu, yaitu M-Code dan G-Code . Pembuatan suatu produk atau proses permesinan dengan menggunakan mesin CNC dapat dilakukan dengan membuat program manual menggunakan kode G dan M, atau penggunaan program otomatis.

Dengan menggunakan cara ini, kita hanya cukup menggambar pada komputer sesuai dengan benda yang kita inginkan kemudian disimulasikan prosesnya sesuai dengan urutan kerja dengan menggunakan software CAD (Computer Aided Desain) dan software CAM (Computer Aided Manufacturing) tertentu [5].

Metode penelitian ini diawali dengan mendesain pola pemotongan pada Autocad 2010 dan dikonversikan ke USBCNCV3 pada komputer. Kemudian dilakukan pengaturan terhadap laser CO2, diukur daya dan titik fokus laser CO2. Setelah itu proses pemotongan dapat berlangsung pada mesin CNC.

Adapun bahan yang akan digunakan yaitu:

  1. Akrilik. Ketebalannya 3,35 mm
  2. Plastik Tegangan Tinggi Ketebalannya 154 µm
  3. Sampul Plastik Ketebalannya 61,7 µm
  4. Gas Nitrogen

Digunakan sebagai pendingin bagian tepi dari material yang terkena sinar laser CO2 agar tidak terjadi pelebaran, dan digunakan saat pemotongan dimulai.

Untuk jasa laser cutting hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Jasa Laser Cutting Plat di Medan

Keselamatan dan Kesehatan Kerja Plat
Safety Las Listrik

Jenis- Jenis Laser Ada tiga jenis utama laser yang digunakan dalam laser cutting. CO2 laser cocok untuk memotong, pemboran, dan engrave. Neodymium (Nd) dan neodymium yttrium-aluminium-garnet (Nd: YAG) laser identik dalam ragam. Selengkapnya


Continue Reading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *