“Jasa Las di Medan

Info : Klik Jasa Las di Medan

Jasa

Safety Las Listrik

Proses las busur listrik yang dikenal dengan istilah Manual Metal Arc Welding (MMAW) atau dapat juga disebut Shielded Metal Arc Welding (SMAW), yang di lapangan disebut dengan istilah Stick  Electrode  Welding.  Jenis proses pengelasan ini paling populer dan banyak digunakan oleh para pekerja (handyman) untuk pekerjaan-pekerjaan reparasi dan di industri banyak digunakan untuk mengelas bangunan  konstruksi, jembatan, kapal laut, fabrikasi manufaktur seperti : pekerjaan pemipaan, dan pembuatan bejana tekan (pressure vessel). Untuk dapat menggunakan las busur listrik secara baik maka sebaiknya dipahami terlebih dahulu beberapa faktor penting sebagaimana berikut ini :

  • Mengenali dan memahami safety hazards dan mampu memilih peralatan safety untuk melindungi diri dari bahaya kecelakaan pada saat melakukan pengelasan.
  • Memahami bagaimana proses las busur listrik bekerja.
  • Menggunakan terminologi yang lazim dalam proses las busur listrik.

Sumber Bahaya (Hazard Resources)

Dalam setiap proses las busur listrik, safety adalah aspek yang paling penting, tidak hanya untuk juru las (welders), tetapi juga untuk orang-orang lain di sekitarnya.

Sumber bahaya pada las busur listrik antara lain disebabkan oleh :

  • Luka bakar (burns)
  • Sengatan Arus Listrik.
  • Sinar Ultraviolet (arc flash)
  • Gas / debu pengelasan (fume)

Luka Bakar (Burns)

Luka bakar (burns) adalah kecelakaan yang sangat menyakitkan. Luka bakar ini bias bersifat ringan, seperti : kulit kemerahan, atau melepuh dan yang berat adalah yang membutuhkan perawatan yang serius di rumah sakit, cedera kulit atau cacat seumur hidup. Sumber bahaya pada las busur listrik dapat di identifikasi berasal dari beberapa sumber antara lain seperti :

         Logam yang panas

         Sinar dari busur las

         Dan percikan yang timbul pada saat pengelasan dilakukan

Baja karbon rendah (low carbon steel) mempunyai titik leleh pada suhu 1535oC, yang mana tidak akan dapat di tahan oleh kulit manusia. Bahkan sebelum baja karbon tersebut meleleh, sudah berubah warnanya dan sudah cukup panas untuk menciptakan luka bakar yang serius.

Las busur listrik menimbulkan busur las (arc welding) kira-kira pada suhu 6000oC, dan hal ini jelas menjadi sumber bahaya yang mudah dideteksi dan sangat berbahaya. Begitu juga dengan percikan logam las (spatter) adalah logam yang meleleh yang tercecer oleh karena tenaga yang dikeluarkan oleh busur las (arc) dari daerah logam las cair (weld pool).

Spatter ini biasanya berukuran kecil, seperti pasir, yang apabila mengenai pakaian maka akan melubangi pakaian, yang dapat menciptakan sumber bahaya kebakaran.

Untuk menghindari terjadinya luka bakar maka juru las (welders) mesti menggunakan perlengkapan keselamatan kerja las seperti :

         Overall panjang dari katun

         Safety boots

         Sarung Tangan kulit (Gloves)

         Apron kulit

         Topi untuk juru las

         Leathers Spats

         Safety Glass

         Topeng las (Helmets)

Tindakan Preventif

         Selalu waspada bahwa logam tersebut panas

         Ketika selesai mengelas, sebaiknya dinginkan terlebih dahulu benda kerja las

         Diberi tanda menggunakan kapur panas (stick marker), agar orang lain terhindar dari luka bakar.

         Singkirkan atau tutupi bahan/logam yang masih panas

         Hindari bahan yang mudah terbakar disekitar area mengelas.

 

Untuk jasa Las hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Jasa Las di Medan

Aplikasi Laser CO2 untuk  Pemotongan Material 
Pengertian dan Fungsi Gearbox

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *