“Jasa Pembuatan Ducting Galvalum di Medan

Info : Klik Jasa Pembuatan Ducting Galvalum di Medan
https://cutt.us/AU1tJ

Pelapisan Galvanis Elektroplating 

Galvanizing adalah kata lain dari proses pelapisan menggunakan Zinc yang diterapkan pada besi atau benda-benda yang terbuat dari logam untuk mencegah korosi. Proses galvanisasi terbagi menjadi dua yaitu galvanis elektroplating dan hot dip galvanizing. Dalam penelitian ini dilakukan perbandingan terhadap hasil pengujian kekerasan dan laju korosi pada baja karbon jis3101 ss400 terhadap larutan asam sulfat (H2SO4). Dari hasil pengujian kekerasan material galvanis elektroplating nilai kekerasannya lebih keras yaitu, Nilai kekerasan lapisan galvanis electroplating yang mencapai 200,1 VHN lebih keras dibandingkan dengan logam dasar 193,8 VHN maupun  pada hot dip galvanis 1 menit 184,1 VHN, hot dip galvanis 3 menit 157,1 VHN, hot dip galvanis 131,7 VHN. Sedangkan laju korosi terbesar terjadi pada pelapisan hot dip galvanis 5 menit dengan waktu pengujian selama 5 hari, yaitu 479,11 mpy; 347,18 mpy; 458,03 mpy, sedangkan laju korosi terkecil terjadi pada pelapisan galvanis elektroplating 49,35 mpy; 64,23 mpy; 65,47 mpy.

Pendahuluan

Baja sejauh ini adalah metal yang amat banyak digunakan. Namun terjadi kerugian yang sangat besar di beberapa lingkungan karena tingginya tingkat kerusakan akibat korosi. Proses pengendalian korosi sangatlah diperlukan sebagai usaha untuk memperpanjang umur suatu logam. Salah satu upaya pengendalian korosi dapat dilakukan dengan cara pelapisan logam, yaitu dengan pelapisan Galvanizing. Untuk pelapisan galvanizing ada dua macam metode, yaitu dengan metode galvanis elektro platting dan metode Hot Dip Galvanizing.

Proses pelapisan galvanis elektro platting yaitu dengan cara memberi aliran listrik kedalam treatment bath galvanize sehingga partikel zinc menempel pada permukaan material baja. Dua buah plat logam dihubungkan dengan kutub positif dan negatif dengan terminal sumber arus searah (DC). Sehingga partikel galvanis menempel pada besi sampai ketebalan yang diinginkan.

Baca Juga :  Kami Menyediakan Jasa Hot Dip Galvanis

Sedangkan Pelapisan Hot Dip Galvanizing merupakan proses pelapisan yang dilakukan dengan cara mencelupkan logam dasar ke dalam larutan cair berupa seng. Hasil dari pelapisan dipengaruhi oleh temperatur cairan dan lamanya pencelupan. Pencelupan yang cepat menghasilkan lapisan kurang bagus, namun jika terlalu lama akan diperoleh hasil lapisan yang tebal dan cenderung kusam. Proses pencelupan yang sesuai akan menghasilkan ketebalan yang sesuai pula sehingga memiliki daya tahan terhadap korosi yang baik. Namun perbandingan hasil antar kedua pelapisan tersebut belum pernah dilakukan dan belum diketahui pelapisan mana yang lebih yang lebih keras dan tahan terhadap korosi.

Pada penelitian ini Bahan yang digunakan adalah baja Structure JIS3101 SS400 yang dilapisi galvanis elektroplating dengan hot dip galvanis.

Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Mengamati langsung data sebab akibat dalam suatu proses melalui eksperimen sehingga dapat mengetahui pengaruh variasi waktu celup terhadap kekerasan dan laju korosi pada  baja struktur.

Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu waktu proses pencelupan hot dip galvanizing selama 1 menit, 3 menit dan 5 menit, sedangkan untuk galvanis elektroplating adalah 5 menit. Variabel terikat adalah pengaruh terhadap nilai kekerasan dan ketahanan korosi terhadap asam sulfat ( ).

Alat dan Bahan

Material yang digunakan adalah baja struktur jenis H-Biem dengan standart JIS3101SS400. Material dipotong dengan ukuran 30mm x 70mm. Kemudian yang pertama dilakukan pelapisan dengan metode  hot dip galvanizing yaitu dengan cara mencelupkan specimen kedalam zinc yg sudah mencair, dengan waktu celup 1 menit, 3 menit, dan 5 menit. Yang kedua metode pelapisan galvanizing elektro plating yaitu dengan cara memberi aliran listrik kedalam treatment bath galvanize sehingga partikel zinc menempel pada permukaan material baja dengan waktu celup selama 5 menit.

Baca Juga :  Pertimbangan Baja sebagai Rangka Rumah

Proses Hot Dip Galvanis

Adapun tahapan-tahapan dan peralatan yang dibutuhkan dalam proses pelapisan Hot dip galvanizing adalah sebagai berikut :

  1. Menimbang benda kerja yang kemudian dirangkai menjadi satu bagian.
  2. Melakukan proses degreasing yang berfungsi untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada specimen kemudian dilanjutkan dengan proses rinsing I yang bermaksud untuk membersihkan bekas proses degreasing.
  3. Melakukan proses pickling untuk menghilangkan karat yang menempel pada specimen disusul dengan proses rinsing II.
  4. Setelah itu proses fluxing sebagai lapisan dasar untuk memperkuat lapisan zinc pada saat proses galvanis kemudian dilanjutkan proses
  5. Mencelupkan rangkaian spesimen ke dalam bak galvaniz, proses pencelupan dilakukan selama 1 menit, 3 menit dan 5 menit kemudian dilanjutkan dengan proses quenching.

Proses Galvanis Elektroplating

Adapun tahapan-tahapan dan peralatan yang dibutuhkan dalam proses pelapisan galvanis elektroplating adalah sebagai berikut :

  1. Pembersihan Specimen dengan menggunakan cairan NaOH (air sabun) untuk menghilangkan kotoran yang menempel kemudian dibilas dengan air bersih.
  2. Kemudian proses Pickling dilakukan untuk menghilangkan karat pada permukaan specimen, kemudian dibilas menggunakan air bersih.
  3. Kemudian Proses Galvanizing elektro plating dilakukan dengan cara menghubungkan specimen dengan kutub positif dan zinc balok ke kutub negative kemudian dimasukkan kedalam cairan elektrolit dan diberi aliran listrik arus searah (DC).
  4. Selanjutnya specimen direndam kedalam larutan chromating untuk meningkatkan ketahanan terhadap korosi, aus dan anti gores serta kelihatan lebih mengkilap dan permukaannya halus.
  5. Finishing Proses galvanis elektro plating adalah dengan mencelupkan specimen ke air bersih dan kemudian dikeringkan.

Hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Jasa Pembuatan Ducting Galvalum di Medan

Estimasi Biaya pada Proyek Pembangunan Jembatan
BETON PRACETAK - PRECAST CONCRETE   

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *