“Jasa Pembuatan Pagar Gelombang di Medan

Info : Klik Jasa Pembuatan Pagar Gelombang di Medan
https://cutt.us/134xY

Las Listrik untuk Pintu Besi

Las busur listrik adalah salah satu cara menyambung logam dengan jalan menggunakan nyala busur listrik yang diarahkan ke permukaan logam yang akan disambung. Pada bagian yang terkena busur listrik tersebut akan mencair, demikian juga elektroda yang menghasilkan busur listrik akan mencair pada ujungnya dan merambat terus sampai habis.

Logam cair dari elektroda dan dari sebagian benda yang akan disambung tercampur dan mengisi celah dari kedua logam yang akan disambung, kemudian membeku dan tersambunglah kedua logam tersebut.

Mesin las busur listrik dapat mengalirkan arus listrik cukup besar tetapi dengan tegangan yang aman (kurang dari 45 volt). Busur listrik yang terjadi akan menimbulkan energi panas yang cukup tinggi sehingga akan mudah mencairkan logam yang terkena. Besarnya arus listrik dapat diatur sesuai dengan keperluan dengan memperhatikan ukuran dan type elektrodanya.

Pada las busur, sambungan terjadi oleh panas yang ditimbulkan oleh busur listrik yang terjadi antara benda kerja dan elektroda. Elektroda atau logam pengisi dipanaskan sampai mencair dan diendapkan pada sambungan sehingga terjadi sambungan las. Mula-mula terjadi kontak antara elektroda dan benda kerja sehingga terjadi aliran arus, kemudian dengan memisahkan penghantar timbullah busur. Energi listrik diubah menjadi energi panas dalam busur dan suhu dapat mencapai 5500 °C.

Ada tiga jenis elektroda logam, yaitu elektroda polos, elektroda fluks dan elektroda berlapis tebal. Elektroda polos terbatas penggunaannya, antara lain untuk besi tempa dan baja lunak. Biasanya digunakan polaritas langsung. Mutu pengelasan dapat ditingkatkan dengan memberikan lapisan fluks yang tipis pada kawat las. Fluks membantu melarutkan dan mencegah terbentuknya oksida-oksida yang tidak diinginkan. Tetapi kawat las berlapis merupakan jenis yang paling banyak digunakan dalam berbagai pengelasan komersil.

Persiapan Bahan

Besi Galvanis

Bahan ini merupakan alternatif yang lebih baik dibandingkan besi hollow biasa, bahan galvanis lebih tahan terhadap karat. Ciri bahan ini agak berwarna keabu-abuan. Bahan ini kuat dan harganya lebih tinggi dari hollow biasa, tetapi sangat direkomandisikan karena lebih tahan terhadap karat, sehingga umur pagar dan canopy anda lebih awet dan tidak mudah keropos.

Alat-alat perlengkapan Las Listrik
Ruangan las

Tempat atau ruang las adalah suatu perlengkapan yang harus dimiliki. Walaupun ruangan ini tidak begitu diperlukan oleh pekerja las, tetapi oleh Jawatan Pengawasan Keselamatan Kerja mengharuskan setiap bengkel las harus mempunyai perengkapan tersebut.

Perlengkapan pengaman

Perlengakpan ini harus dipunyai setiap bengkel las untuk melindungi dari asap dan radiasi panas serta sinar ultra violet. Peralatan pengaman terdiri dari:

  1. Perlengkapan pelindung muka
  2. Perlengkapan pelindung badan
  3. Kabel las
Baca Juga :  Tahapan Perancangan Pembuatan Rak

Digunakan sebagai tempat mengalirnya arus dari sumber tenaga ke mesin las dan dari mesin las ke elektrodalali kembali ke mesin las melalui kabel masa. Pada setiap mesin terdapat dua kabel yaitu primer dan sekunder. Kabel primer adalah kabel yang digunakan untuk mengalirkan arus listrik dari sumber tegangan ke dalam mesin las. Sedangkan kabel sekunder digunakan untuk mengalirkan arus dari mesin las ke penjepit elektroda dan kembali ke mesin las melalui kabel masa.

Tang las

Perlengkapan sewaktu mengelas yang gunanya untuk menjepit elektroda dan benda kerja. Tang las terdiri dari tang elektroda dan tang masa, dimana alat-alat ini terdiri dari beberapa jenis yaitu: tang elektroda itu sendiri, tang masa magnit, dan tang masa klem.

Palu terak (bik hammer) dan sikat baja

Palu terak adalah sebuah palu yang khusus dimana salah satu ujungnya dibuat berbentuk runcingyang digunakan untuk mengetok sudut rigi-rigi las dan ujung yang sebelah lagi berbentuk pahat picak yang digunakan untuk mengetok permukaan rigi-rigi las. Sikat baja digunakan untuk membersihkan bidang benda kerja sebelum dan sesudah di las, juga membersihkan kotoran, debu dan sisi terak pada rigi-rigi las setelah diketok dan dipahat oleh palu terak.

Tang penjepit benda kerja panas

Sebuah tang yang digunakan untuk menjepit benda kerja yang masih panas setelah di las. Tang ini terbuat dari baja karbon pada keseluruhan tang dan berdasarkan kegunaan dalam menjepit benda kerja panas.

Elektroda

Sifat Umum

Elektroda ini dapat digunakan pada semua posisi dengan arus las AC atau DC. DC straight polarity (DC-) dapat memperkecil percikan (spatter) dan under cut. Karena itu rigi-rigi lasan yang terjadi sangat bagus dengan bentuk yang mulus dan datar (flat), teraknya mudah dibuang, dan busurnya dapat dikendalikan dengan mudah, terutama pada elektroda yang diameternya kecil, misalnya 1.5 mm, 2 mm, dan 2.5 mm. Kecilnya elektroda ini memungkinkan pemakaian tegangan busur yang lebih rendah.

Pemakaian elektroda E 6013 lebih diutamakan untuk pengelasan pelat-pelat tipis dengan ketebalan maksimum ⅜”, dengan busur rendah dan pembakaran yang dangkal. Sifat-sifat mekaniknya sedikit lebih baik daripada elektroda E 6012.

Pada dasarnya elektroda E 6013 dirancang khusus untuk mengelas pelat. Tetapi elektroda-elektroda yang ukurannya lebih besar yaitu 3.25 mm (⅛”) ke atas, dapat dipakai untuk mengelas bahan yang menghendaki daya busur yang lebih tenang, bentuk rigi-riginya lebih halus dan baik.

Umumnya elektroda E 6013 yang merknya berbeda-beda, menghasilkan cairan logam pada pancaran busur yang berbeda pula. Beberapa pabrik mencampur salutannya sedemikian rupa sehingga pemindahan tetesannya memencar dengan baik terhadap logam yang dilas. Sifat pancaran pemindahan tetesan cairan yang baik sangat diperlukan pada waktu pengelasan tegak lurus (vertical) dan di atas kepala (overhead).

Baca Juga :  Konsep Pembuatan Rak Multifungsi

Sistem Kutub

Elektroda jenis E 6013 dapat dipakai pada mesin las AC dan DC straight polarity (DC-). Jadi pada saat pemakaian, kabel las yang terhubung dengan holder harus dipasang pada kutub negatif, sedangkan kabel las yang terhubung dengan tang massa harus dipasang pada kutub positif.

Bahan Salutan

Elektroda E 6013 mempunyai salutan yang hampir sama dengan elektroda E 6012, yaitu jenis natrium titania tinggi (high titania sodium) atau yang lazim disebut elektroda bersalut rutile yang mengandung selulosa dan ferro manganese. Ada beberapa merk elektroda yang menambah salutannya dengan serbuk besi untuk memudahkan pemakaiannya pada mesin las AC.

Karena campuran pada salutannya, elektroda E 6013 memberi keuntungan karena daerah lasan terbebas dari penyusupan-penyusupan terak (slag inclusion) dan dari pengaruh oksidasi jika dibandingkan dengan elektroda E 6012. Sehingga pada pemeriksaan kualitas dengan menggunakan radiografi sinar-x, hasil lasan elektroda E 6013 akan lebih baik dibandingkan E 6012.

Sifat Busur dan Pembakaran

Elektroda E 6013 ini sifat busurnya lemah dengan daya penembusan yang dangkal. Karena itu elektroda E 6013 dapat dengan baik dipakai pada tegangan rendah. Elektroda E 6013 ini sangat baik untuk mengelas pelat-pelat tipis tetapi kurang baik untuk mengelas pelat-pelat yang tebal, apalagi untuk mengelas kampuh dengan celah yang curam, karena pembakarannya yang kurang dalam.

Pemakaian Utama

Elektroda ini dipakai khusus untuk mengelas baja lunak, terutama untuk pengelasan pelat-pelat yang tipis. Walaupun demikian, elektroda E 6013 dengan diameter yang besar yaitu 3.25 mm ke atas dapat dipakai untuk mengelas benda lain, tetapi pada pengelasan pertama didahului dengan elektroda E 6012. Arus tinggi yang biasa dipakai pada pengelasan elektroda E 6012 tidak dapat dipakai untuk pengelasan dengan elektroda E 6013, kecuali pada pengelasan posisi tegak lurus dan di atas kepala (over head). Arus untuk elektroda E 6013 dapat disamakan dengan arus yang diperlukan untuk elektroda E 6012.

Besar Arus dan Tegangan pada Elektroda E 6013

DIAMETER BATANG LAS ARUS LAS (ampere) TEGANGAN BUSUR (volt)
Inci mm
1/16

5/64

3/32

1/8

5/32

3/16

7/32

1/4

5/16

1.50

2.00

2.50

3.25

4.00

5.00

5.50

6.00

8.00

20 ─ 40

25 ─ 60

45 ─ 90

80 ─ 120

105 ─ 180

150 ─ 230

210 ─ 300

250 ─ 350

320 ─ 430

17 ─ 20

17 ─ 21

17 ─ 21

16 ─ 22

18 ─ 22

20 ─ 24

21 ─ 25

22 ─ 26

23 ─ 27

 

Untuk jasa pembuatan pagar besi hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Jasa Pembuatan Pagar Gelombang di Medan

Jasa Pemasangan Grating Galvanis di Medan
Sifat dan Klasifikasi Baja

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *