Jual Besi Gepeng di Medan

Supplier Besi Baja di Medan, – Jual Besi Gepeng , Jual Besi Hbeam – Besi Wf- Besi Pipa – Besi Cnp – Besi Unp – Besi Siku – Besi Wiremesh – Besi Kanal C & U – Baja Ringan – Besi Nako – Besi Ulir – Besi Cakar Ayam – Besi Bulat – Besi Assental TerLengkap – Termurah – Terpercaya Di Medan. -> Hubungi kami di Wa 08126067928.
Info : Klik Jual Besi Gepeng di Medan

Jual

Pembuatan besi dan bahan berbasis besi

 

Banyak pilihan rancangan proses pemurnian bijih besi menjadi besi yang lebih murni. Ada yang proses yang terintegrasi (satu rangkaian proses terdapat dalam satu tempat), ada juga yang terpisah-pisah.

Pemilihan proses tergantung dari jenis (rumus kimia) oksida besi dalam bijih, dan juga tergantung dari kebijakan pemerintah. Negara maju saat ini menghindari proses-proses yang terlalu mengotori lingkungan. Karena alasan tertentu, sebanyak 70% dari kebutuhan baja di Amerika Serikat dipasok dari daur ulang baja bekas yang dilakukan di dalam negeri. Baja “baru”, yang dihasilkan dari bijih, kebanyakan diperoleh dengan cara impor.

Pada dasarnya, dalam tanur ini, oksida besi yang ada dalam bijih besi diubah menjadi besi (Fe). Pig iron dan ingot merupakan produk-produk antara, sebagaimana juga billet, bloom dan slab. Dalam Figure 12-13 diperlihatkan spektrum produk-produk baja yang tersedia di pasar.

Blast furnace (Figure 12-2) merupakan jenis tungku yang mengolah langsung bijih besi. Kedalamnya, selain bijih besi, dimasukkan juga batubara dan limestone (CaCO3). Batu bara berfungsi sebagai (1) bahan bakar yang membuat besi berubah menjadi cair, dan (2) menghasilkan gas CO yang dapat berfungsi melepaskan Fe dari oksidanya.

Baca Juga :  Alasan Gunakan Besi Gepeng 

Limestone berfungsi untuk memisahkan kotoran-kotoran dari besi cair, dan mengumpulkannya menjadi bentuk yang dinamakan slag.

 

Besi yang sudah lebih murni, dalam bentuk cair dikeluarkan dari tanur dan dicetak menjadi bentuk yang disebut pig iron. Kotorannya (slag) dibuang dari lubang yang lain. Pig iron masih mengandung karbon lebih dari 4%, ditambah berbagai kotoran lain.

Pemurnian lebih lanjut diperlukan untuk menghasilkan besi murni, besi tuang dan baja.

Besi dengan campuran karbon di bawah 0,005%, pada temperatur kamar, masih disebut sebagai besi murni. Besi murni bersifat lunak, liat dan relatif lemah. Karena lunaknya maka jarang dipergunakan untuk keperluan teknik.

Sedangkan baja adalah paduan besi dan karbon, dengan jumlah karbon antara 0,06% – 2%.

Paduan besi yang mengandung karbon di atas 2% biasanya adalah besi tuang. Besi tuang adalah terlalu regas untuk di-rol, dibentuk (forming) atau untuk proses-proses manufaktur yang lain.

Untuk pemesanan besi gepeng hubungi kami di Wa 08126067928

Info Artikel Lainnya : Klik Jual Besi Gepeng di Medan

 

Tertarik Memakai Baja Ringan Sebagai Rangka Rumah?
Kegunaan Baja Beam

Besi Gepeng dan Penggunaannya Supplier Besi Baja di Medan, – Harga Besi Gepeng , Jual Besi Hbeam – Besi Wf- Besi Pipa – Besi Cnp – Besi Unp – Besi. Selengkapnya


Continue Reading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *