Toko Besi Baja di Medan

Supplier Besi Baja di Medan, – Toko Besi Baja , Jual Besi Hbeam – Besi Wf- Besi Pipa – Besi Cnp – Besi Unp – Besi Siku – Besi Wiremesh – Besi Kanal C & U – Baja Ringan – Besi Nako – Besi Ulir – Besi Cakar Ayam – Besi Bulat – Besi Assental TerLengkap – Termurah – Terpercaya Di Medan. -> Hubungi kami di Wa 08126067928.
Info : Klik Toko Besi Baja di Medan

Toko

Toko Besi Baja di Medan

Pemakaian Material Baja untuk Konstruksi

Berbicara tentang “konstruksi bangunan” tentunya akan merujuk pada kegiatan mewujudkan segala prasarana fisik yang dibutuhkan manusia dalam mempertahankan dan mengembangkan peradabannya. Jadi dari melihat konstruksi bangunan yang ditinggalkannya maka suatu bangsa dapat dilihat tingkat kemajuannya. Sebagai buktinya, di level internasional misalnya, piramida Giza di Mesir yang dibangun + 5000 tahun lalu, maka tentunya dapat dibayangkan bagaimana tingginya peradaban bangsa tersebut dibanding bangsa lain yang mungkin pada masa tersebut masih hidup seperti jaman batu (tidur di goa). Karena itu pula, Indonesia tidak kalah bangganya mempunyai peninggalan kuno abad 9 M, yaitu Borobudur dan Prambanan. Bukti fisik seperti itu tentu dapat dijadikan petunjuk bahwa bangsa Indonesia pernah menjadi bangsa yang maju tingkat peradabannya pada suatu masa dahulu.

Berkaitan dengan hal itu, berbagai bahan material telah banyak diteliti dan digunakan untuk material konstruksi bangunan, mulai yang sederhana, yang tersedia di alam bebas, maupun bahan material khusus buatan pabrik yang mahal. Bahan material yang dimaksud misalnya berupa tanah, batuan (rock), kayu, bambu, beton, baja dan beberapa lagi yang mungkin dapat disebutkan. Meskipun demikian, jika fokus pembahasan konstruksi bangunan dibatasi pada bangunan yang dekat dengan masyarakat, seperti konstruksi bangunan jembatan dan gedung, maka jenis material konstruksi yang dapat dipilih untuk digunakan (apalagi di Indonesia) menjadi terbatas, yaitu kayu, beton, baja atau kombinasi dari ketiganya itu saja.

Baca Juga :  Harga Pekerjaan Besi

Pemilihan bahan material konstruksi, apakah kayu, beton atau baja adalah tahapan penting dalam suatu perencanaan. Kriteria dasar yang digunakan adalah: [1] kekuatan (tegangan); [2] kekakuan (deformasi); dan [3] daktilitas (perilaku runtuh).

Tetapi material yang unggul pada ke-tiga kriteria di atas ternyata tidak mesti mendominasi pemakaiannya pada proyek konstruksi bangunan, banyak faktor lain mempengaruhi. Seperti misalnya, material baja yang jelas menurut kriteria di atas lebih unggul dibanding beton atau kayu, tetapi fakta-fakta lapangan menunjukkan bahwa konstruksi baja belum mendominasi proyek bangunan Indonesia, kalah populer dibanding konstruksi beton. Itu dapat dilihat pada proyek-proyek gedung tinggi, juga pada konstruksi bangunan jembatan. Konstruksi beton prategang terkesan mulai banyak dipakai sebagai alternatif digunakannya jembatan baja.

Argumentasi yang sering dipakai menjelaskan fenomena tersebut adalah harga yang mahal. Apakah benar seperti itu, apakah bukan hal lain atau juga ketidak-tahuan pemakai sehingga kontruksi bajanya menjadi tidak optimal dan pada akhirnya merasa kecewa. Oleh karena itu makalah ini akan mengupas hal-hal yang dapat dianggap prospek maupun kendala dalam usaha mengoptimalkan pemakaian material baja pada proyek konstruksi di Indonesia.

Perilaku Mekanik Material Konstruksi

Kriteria perencanaan struktur adalah memenuhi syarat kekuatan, kekakuan dan daktilitas. Kekuatan dikaitkan dengan besarnya tegangan yang mampu dipikul tanpa rusak, baik berupa deformasi besar (yielding) atau fracture (terpisah). Parameternya berupa tegangan leleh dan ultimate. Faktor kekakuan adalah besarnya gaya untuk menghasilkan satu unit deformasi, parameternya berupa Modulus Elastisitas. Faktor daktilitas terkait dengan besarnya deformasi sebelum keruntuhan (failure) terjadi, suatu faktor penting untuk perencanaan struktur dengan pembebanan tak terduga atau sukar diprediksi (gempa atau angin).

Untuk pemesanan baja hubungi kami di Wa 08126067928

Baca Juga :  Pasaran Besi Baja di Medan

Info Artikel Lainnya : Klik Toko Besi Baja di Medan

 

Kegunaan Baja Beam
Harga Pekerjaan Besi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *