“Jasa Pekerjaan Rock Bolt di Medan

Info : Klik Jasa Pekerjaan Rock Bolt di Medan

Jasa

Pemasangan rock bolt dapat untuk mempercepat terbentuk nya cincin lapisan pendukung. Makin besar initial stress dan penampang, makin penting pemakaian rock bolts.

Fungsi utama pemasangan rock bolt adalah menghindarkan massa batuan agar jangan menjadi terbuka membentuk rekahan diakibatkan oleh deformasi gaya dan membentuk lapisan pendukung, merupakan salah satu cara konstruksi sistem penyangga sementara. Rock bolt akan dapat melawan gerakan deformasi radial dan mengurangi pengaruh negatif dari sifat anisotropis dan non homogen massa batuan. Pemilihan panjang dan kerapatan angkur (rock bolts) sangat penting untuk perkuatan terhadap deformasi batuan.

Material pengikat terpilih dengan mempertimbangkan kondisi tanah/batuan dan tujuan penggunaan harus menghasilkan kekuatan lekat melalui keseluruhan panjang bagian yang diperkuat. Material pelekat harus mempunyai ketahanan daya lekat baik untuk jangka pendek dan panjang, daya tahan dan bersifat sebagai pengisi alami. Tipe bahan pelekat adalah mortar semen, semen, resin dan lain-lain.

Sangat umum pemasangan rock bolts dengan kekuatan awal tinggi ditambah bahan pencampur lainnya (substansi) dan pasir. Resin dikemas dalam kapsul dan memasukkan nya kedalam lubang yang sudah tersedia bersamaan dengan rock bolt, maka resin akan pecah dan mengeras dengan proses kimiawi.

Ada 2 (dua) metode untuk pelekatan material injeksi (grouting), adalah :

  1. Injeksi sebelum pemasangan rock bolts
  2. Injeksi setelah pemasangan rock bolts

Pemilihan dalam menentukan metode pekerjaan injeksi (grouting) yang akan digunakan, harus didasarkan pada kondisi tanah/batuan, kondisi aliran air masuk dan lin-lain.

Ada 2 (dua) macam rock bolt (Angkur), yaitu :

  1. Expansion Anchor

Prinsip nya hanya di grout dan mengikat massa batuan dan menumpu batuan pada plat disisi terowongan. Tegangan pada tangkai adalah sama sepanjang tangkai angkur tsb.

Expansi Anchor hanya berfungsi lokal saja dan dipakai pada massa batuan kokoh sedangkan grouting anchor dipakai pada batuan terbuka dan bergerak.

  1. Grouting Anchor

Prinsip nya adalah tangkai di grout dan mengikat massa batuan sepanjang tangkai, maka daya dukung angkur tsb terjadi sepanjang tangkai. Tegangan pada tangkai adalah nol pada ujung dalam tanah dan menaik sampai maksimum pada plat. Pada grouting anchor gerakan batuan kearah dalam terowongan akan menimbulkan Arch Effect antara masing-masing angkur (rock bolt).

Maksud dan Tujuan Pemasangan Rock Bolts :

Maksud pemasangan rock bolts pada galian terowongan, adalah untuk meningkatkan efektivitas perkuatan batuan, sedangkan tujuan nya adalah untuk menstabilkan permukaan galian sebagai bagian sistem penyangga pada area permukaan kerja sebagian dan atau keseluruhan.

Jika tanah/batuan mudah pecah (rapuh) seperti batuan tidak terkosolidasi, dalam penempatan lokasi-lokasi untuk rock bolts, ukuran dan pengaturan rock bolts harus direncanakan dengan mempertimbangkan penggunaan nya, kondisi tanah/batuan dan penampang melintang galian terowongan.

Pada prinsipnya, rock bolts dialokasikan untuk memberi perkuatan di area yang mendapat pengaruh dari adanya pekerjaan galian terowongan. Biasanya rock bolt digunakan menurut pengaturan (tata letak) tertentu yang telah direncanakan dengan mempertimbangkan kondisi tanah/batuan (lihat gambar 2), memperlihatkan tipe-tipe pengaturan (tata letak) rock bolts diberbagai jenis tanah/batuan. Penentuan panjang rock bolts tergantung dri pengaruh penggunaan rock bolts harus ditentukan untuk memperoleh kekuatan lekat yang cukup.

Untuk pemesanan jasa pekerjaan rock bolt hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Jasa Pekerjaan Rock Bolt di Medan

Penyedia Jasa Pembersih Karat
Gerakan Mesin Milling

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *