“Jasa Konstruksi Sipil Terpercaya di Medan

Info : Klik Jasa Konstruksi Sipil Terpercaya di Medan

Jasa

Tren Konstruksi Baja

Ramai terlihat pekerjaan infrastruktur Indonesia saat ini, yang diupayakan merata di seluruh penjuru. Seakan tahu akan terjadi kejayaan negeri ini di masa depan. Jika pada era sebelumnya, pekerjaan infrastruktur didominasi konstruksi beton, maka saat ini terkesan konstruksi baja mulai tren. Tampilannya atraktif sehingga mudah viral di media sosial. Penulis selaku akademisi tidak pada posisi pas membahas secara detail, dimana dan bagaimana pekerjaan proyek infrastruktur tersebut.

Adapun yang akan dibahas adalah mengapa tren terjadi dan tanggapan dibentuknya ISSC (Indonesia Society Steel Construction). Wadah yang diharapkan menjadi penopang, bahkan motor penggerak agar tren pemakaian konstruksi baja terus berlanjut. Juga dibahas hal-hal penting yang perlu diketahui oleh para pemangku kepentingan (owner, arsitek, insinyur, kontraktor dan pemakai) agar mendapatkan kepuasan ketika konstruksi baja telah dipilih untuk proyek-proyek pekerjaan infrastruktur.

Infrastruktur baja di masa lalu adalah minoritas dibandingkan beton, kalaupun ada, terkesan monoton. Saat ini kondisinya berbeda, bangunan konstruksi baja banyak yang tampil atraktif, unik dan layak dijadikan IKON khas untuk meningkatkan potensi pariwisata daerah tersebut. Akibatnya banyak yang bangga bisa berfoto dengan latar belakang hasil pembangunan infrastruktur di era pemerintah saat ini.

Saatnya Konstruksi Baja “diperjuangkan”

Pembangunan infrastruktur Indonesia sedemikian masif saat ini. Dari tweet @jokowi, Kamis 11 Jan. 2018 diketahui “Ada tujuh juta orang bekerja membangun infrastruktur di seluruh  penjuru tanah air. Di Kalimantan ada 24 proyek, di Sulawesi 27 proyek, di Maluku dan  Papua 13 proyek, di Sumatra 61 proyek, dan di tempat-tempat lain”. Pencanangan kegiatan yang begitu bersemangat seperti itu mengingatkan kita akan era REPELITA dahulu.

Baca Juga :  Kami Menyediakan Besi Bulat di Medan

Hal itu pula yang mungkin menjadi faktor penting mengapa penulis mengambil kuliah di bidang teknik sipil dan menjadi profesinya sampai saat ini. Saat itu ± 35 tahun lalu, bidang rekayasa khususnya teknik sipil sedang menjadi tren anak-anak muda untuk menjadi pilihan karirnya. Jika di masa dulu, pembangunan infrastruktur lebih ditekankan pada pertumbuhan  ekonomi semata.

Saat ini pembangunan infrastruktur ternyata didasari motivasi yang berbeda karena menyangkut keberadaan berbagai suku di Nusantara yang tentunya mengarah pada kemajuan NKRI dan kesejahteraan seluruh rakyatnya secara lebih utuh. Karena tidak didasarkan pada pertimbangan ekonomi semata, wajar jika infrastruktur dapat dibangun di berbagai pelosok tanah air. Hal yang tidak terbayangkan di era sebelumnya.

Jika pembangunan ujung timur Indonesia (Papua) saja begitu masif, tentunya di belahan tanah air yang lain, tidak diragukan lagi. Kalaupun sekarang belum, tunggu gilirannya saja. Saat bersamaan, pemerintah telah memilih pariwisata sebagai komoditi unggulan penghasil devisa, dengan tag terkenalnya “Wonderful Indonesia”. Akibatnya, daerah yang berpotensi di industri pariwisata akan dikembangkan. Hal ini telah dilakukan serius, promosinya bahkan telah sampai ujung dunia, yaitu dengan terlibatnya Indonesia di FIFA World Cup Rusia 2018 melalui iklan di moda transportasi bus.

Agar pariwisata bisa menghasilkan devisa yang signifikan, diperlukan kreatifitas. Untuk itu tidak bisa sekedar mengandalkan keindahan alam, budaya atau peninggalan masa lalu yang merupakan daya tarik pariwisata tradisional. Agar hasilnya signifikan perlu dipoles dan didukung oleh infrastruktur transportasi. Apalagi jika elemen infrastruktur yang dibuatpun dapat dijadikan tujuan pariwisata baru, seperti Sydney Harbour Bridge, di Australia

Hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Jasa Konstruksi Sipil Terpercaya di Medan

Baca Juga :  Pengecoran Jalan

Alasan Baja Digunakan pada Konstruksi
Harapan Akan Dampak ISSC di Masa Depan

“Pentingnya Estimasi Biaya Konstruksi Akurat Dan Tepat di Medan Info : Klik Pentingnya Estimasi Biaya Konstruksi Akurat Dan Tepat di Medan Material Konstruksi Material yang digunakan dalam proyek pembangunan Taman Anggrek. Selengkapnya


Continue Reading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *