Beda Besi UNP dan CNP

Harga

Di dunia konstruksi, besi terdiri dari berbagai macam jenis yang memiliki kegunaan serta bentuk yang berbeda-beda. Salah satu jenis besi yang sering digunakan untuk kegiatan pembangunan adalah besi kenal. Besi ini menjadi salah satu besi paling penting, karena hampir seluruh bagian dalam pembangunan membutuhkannya. Besi kanal terbagi menjadi dua jenis apabila dilihat dari bentuknya, yakni besi UNP dan besi CNP. dari jenis tersebut Anda perlu mengetahui perbedaan besi UNP dan CNP agar fungsi dari keduanya dapat digunakan dengan sesuai.

Dari namanya saja pasti kedua jenis besi tersebut memiliki perbedaan, bait itu bentuk maupun ukuran. Nah, untuk mengenal kedua jenis besi tersebut, tentu Anda harus mengetahui perbedaan besi UNP dan CNP. Akan tetapi, sebelum mengetahui perbedaannya, alangkah baiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa besi UNP dan CNP.

Besi UNP merupakan jenis besi kanal yang memiliki bentuk menyerupai huruf U. Apabila dilihat dari fungsinya, besi ini digunakan sebagai balok penutup pada bagian atap dan sebagai penopang bagian dalam dinding bangunan. Karena fungsi tersebut, tak heran jika besi UNP menjadi salah satu material wajib ada pada konstruksi bangunan. Selain itu, besi jenis ini juga banyak digunakan oleh tukang las.

Sedangkan besi CNP merupakan besi kanal dengan bentuk menyerupai huruf C, hal ini sama dengan huruf awal pada nama jenis besinya, yakni C. Sama dengan besi UNP, besi CNP juga sering digunakan pada kegiatan pembangunan, yang dipakai untuk rangka atap dan rangka-rangka bagian lainnya.

Dari namanya saja, kedua besi ini terdiri dari unsur yang sedikit berbeda, maka tak heran jika keduanya memiliki bentuk dan kegunaan yang berbeda pula. Karena keduanya termasuk jenis besi kanal, maka perbedaan keduanya tidak terlalu banyak dan mencolok. Adapun perbedaan dari kedua besi ini diantaranya :

 

Bentuk dari besi UNP memiliki bentuk seperti U melengkung kebawah dan bagian atas terbuka, sedangkan besi CNP seperti C yang hampir berbentuk lingkaran.

Kegunaan besi UNP sebagai penutup dinding atau atap rangka atap, sedangkan besi CNP sering digunakan pada insdustri otomotif

Harga dari besi UNP lebih mahal dibandingkan besi CNP

Ukuran dari kedua jenis besi ini pun berbeda

Hubungi kami di Wa 08126067928

Info Artikel Lainnya : Klik Harga Besi Cnp di Medan

 

Kegunaan Baja CNP
Apa itu Besi Galvalum?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *