Pengertian proses fabrikasi komponen struktur baja secara umum adalah suatu proses pembuatan komponen-komponen struktur baja dari bahan profil baja dan atau plat baja. Pelaksanaan proses fabrikasi dapatdilakukan di dalam pabrik dan di luar pabrik yaitu dilapangan dimana proyek kontruksi berlangsung.

Metode Fabrikasi

Forging

Forging merupakan suatu proses dimana sebuah logam dipanaskan dan dibentuk dengan deformasi plastic dengan mengaplikasikan gaya tekan yang sesuai dengan sifat logam tersebut. Biasanya gaya tekan tersebut dilakukan dengan menggunakan palu yang bertenaga (penempaan) atau dengan sebuah alat penekan (pressing machine). Proses forging ini menghaluskan struktur butiran dan mengembangkan sifat fisik dari logam yang diproses. Dengan desain yang tepat, aliran butiran (grain flow) dapat diorientasikan pada arah dari tekanan-tekanan utama yang ditemui di kegunaan nyata. Aliran butiran (grain flow) merupakan suatu arah dari susunan kristal yang didapatkan selama proses deformasi plastic. Sifat fisik (seperti kekuatan (strength), ductility, dan ketangguhan (toughness)) akan lebih baik setelah di-forging dibandingkan dengan logam yang belum diproses atau logam dasar yang memiliki arah kristal yang masih berantakan. Logam dapat di-forging dengan suhuyang panas (di atas suhu rekristalisasi) ataupun dingin.

Forging menghasilkan suatu bagian logam menjadi memiliki kekuatan yang tinggi per rasio beratnya, sehingga sering digunakan untuk mendesain kerangka pesawat terbang. Logam yang di-forging akan :

  • Bertambah panjang, cross-section berkurang, yang disebut dengan mengulur logam (drawing-out the metal)
  • Panjang berkurang, cross-section bertambah, yang disebut dengan upsetting the metel.
  • Berubah panjangnya, berubah cross-sectionnya, dengan cara “memeras”-nya pada closed impression dies

Casting

Casting adalah proses manufaktur di mana solid dilebur, dipanaskan sampai suhu yang tepat (kadang-kadang dilakukan untuk memodifikasi komposisi kimianya), dan kemudian dituangkan ke dalam rongga atau cetakan, yang berisi dalam bentuk yang tepat selama pembekuan. Dengan demikian, dalam satu langkah, bentuk sederhana atau kompleks dapat dibuat dari logam yang dapat dilelehkan. Produk yang dihasilkan dapat memiliki hampir semua konfigurasi yang diinginkan. Selain itu, ketahanan terhadap tegangan kerja dapat dioptimalkan, arah sifat dapat dikendalikan, dan penampilan yang memuaskan dapat diproduksi. Bagian cor berbagai ukuran dari fraksi sebesar satu inci dan fraksi sebesar 1 ounce (seperti gigi individu pada ritsleting), hingga lebih dari 30 kaki (seperti baling-baling besar dan frame buritan kapal laut). Casting telah menandai keuntungan dalam produksi bentuk kompleks, bagian yang memiliki bagian berongga atau rongga internal, bagian yang mengandung permukaan lengkung yang beraturan (kecuali yang terbuat dari lembaran logam tipis), bagian yang sangat besar dan bagian-bagian yang terbuat dari logam yang sulit dibuat dengan mesin. Karena keunggulan yang tersebut, pengecoran adalah salah satu yang paling penting dari proses manufaktur. Saat ini, hampir tidak mungkin untuk mendesain apapun yang tidak dapat dicetak oleh satu atau lebih dari proses pengecoran yang tersedia. Namun, seperti dalam semua teknik manufaktur, hasil terbaik dan ekonomis dapat dicapai jika desainer memahami berbagai pilihan dan menyatukan proses yang paling tepat dengan cara yang paling efisien. Berbagai proses dibedakan terutama dalam bahan cetakan (apakah pasir, logam, atau bahan lainnya) dan metode penuangan (gravitasi, vakum, tekanan rendah, atau tekanan tinggi). Semua proses memberikan persyaratan bahwa bahan mengeraskan bahan dengan cara yang sesuai yang dapat memakimalkan sifastnya, sekaligus mencegah cacat potensial, seperti rongga penyusutan, porositas gas, dan inklusi terperangkap.

Machining

Proses machining adalah sebuah proses pembentukan benda kerja dengan cara me-remove sejumlah material dari benda kerja dengan cara dipotong secara mekanis menggunakan alat potong (cutting tools) sesuai dengan dimensi dan bentuk yang kita inginkan. Secara garis besar proses machining dibagi kedalam 2 kategori utama yang dibedakan dari bagian yang berputar.

 

Untuk jasa fabrikasi hubungi kami di Wa 08126067928

atau 08116059880, 

atau 087787190535

Info Lainnya : Klik Jasa Fabrikasi Mesin di Medan

Profil PT. Sinartech Indo Jaya
Macam-Macam EDM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *