Bending Machine dan Kegunaannya

Bending Machine atau Mesin bending merupakan salah satu fasilitas industri yang cukup banyak digunakan. Kebutuhan akan alat ini menjadi prioritas yang sangat penting guna mencapai kinerja yang efesien. Ada yang digunakan untuk menekuk pipa, besi bar solid, besi hollow, besi plat, dan lain sebagainya. Begitu juga dengan material yang digunakan sangat bervariasi. Sistem atau cara dalam penekukannya pun ada yang menggunakan dengan sistem manual, manual hidrolik, motor listrik atau kombinasi dari motor listrik dan hidrolik.

Berdasarkan kegunaannya, alat penekuk untuk meterial besi bar solid masih banyak menggunakan sistem menual. Sehinga cukup menguras tenaga dan dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk jumlah yang banyak. Melihat adanya peluang untuk dibuat dan diinovasi sebuah alat penekuk untuk besi bar solid yang cepat dan tepat. Maka dibuat alat penekuk besi bar solid dengan sistem hidrolik yang digerakan oleh motor listrik dengan maksimal sudut penekukan 900 dan alat ini menggukan model planetary bending yang dilengkapi dengan busur derajat. Penelitian ini mengunakan versi dengan diameter 6,8,10,dan 12 mm.

Selama proses bending sebagian besar luasan dari blank yang tidak bergerak (stasionary) dan bagian lain yang bebas akan dibentuk oleh punch keatas atau kebawah sehingga terjadi perubahan bentuk pada saat bersamaan. Pada saat bersamaan, juga terjadi pergerakan material kearah bentuk yang baru atau swinging. Pergerakan material ini tidak terjadi pada proses yang lain seperti embossing, stretch forming dan drawing. Karena itu,perancangan dies harus memperhatikan arah dari pergerakan material ini, agar bebas dari penghalang.

Hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Jasa Bending di Medan

Baca Juga :  Jual Besi Baja di Medan

Bagian Utama Mesin Bubut
Keuntungan dan Kerugian Gunakan Pintu Besi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *