“Jasa Pembuatan Pipa Blower & Cerobong Berkualitas Di Indonesia di Medan

Info : Klik Jasa Pembuatan Pipa Blower & Cerobong Berkualitas Di Indonesia di Medan

Apa itu Blower?

Blower adalah suatu mesin atau alat yang digunakan untuk menaikkan atau memperbesar tekanan udara atau gas yang akan dialirkan dalam suatu ruangan tertentu juga sebagai persiapan atau pemvakuman udara atau gas tertentu. Di industri- industri kimia alat ini biasanya digunakan untuk mensirkulasi gas – gas tertentu didalam tahap proses secara kimiawi dikenal dengan nama booster atau circulator

Blower juga sebagai alat mekanik yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan fluida mampu mampat, yaitu gas atau udara. Secara umum biasanya menghisap udara dari atmosfer, yang secara fisika merupakan campuran beberapa gas dengan susunan nitrogen, oksigen, campuran argon, karbon diokasida, uap air, minyak, dan lainnya.

Klasifikasi Blower

Blower dapat mencapai tekanan yang lebih tinggi daripada fan, sampai 1,20  kg/cm2. Dapat juga digunakan untuk menghasilkan tekanan negatif untuk vakum di industri. Blower sentrifugal dan blower positive displacement merupakan dua jenis utama blower, yang dijelaskan di bawah.

Blower sentrifugal

Blower sentrifugal terlihat lebih seperti pompa sentrifugal daripada fan. Impelernya gerakan oleh gir dan berputar 15.000 rpm. Pada blower multi -tahap, udara dipercepat setiap melewati impeler. Pada blower tahap tunggal, udara tidak mengalami banyak belokan, sehingga lebih efisien.

Blower sentrifugal beroperasi melawan tekanan 0,35  sampai 0,70 kg/cm2,  namun dapat mencapai tekanan yang lebih tinggi. Satu karakteristiknya adalah bahwa aliran udara cenderung turun secara  drastis begitu tekanan sistim meningkat, yang dapat merupakan kerugian  pada  sistim pe ngangkutan bahan yang tergantung pada volumudara yang  mantap. Oleh karena itu,  alat ini sering digunakan  untuk penerapan sistim  yang cenderung  tidak terjadi penyumbatan.

Baca Juga : 

Blower sentrifugal dibagi menjadi 3 jenis yaitu blower radial, forward curved blade, dan backward curved blade.

Radial blade

Fan bilah radial biasanya digunakan dalam aplikasi yang mempunyai temperatur tinggi dan diameter yang besar. Bilah yang dalam arah radial mempunyai tegangan (stress) yang sangat rendah dibandingkan dengan bilah bengkol maju ataupun mundur. Rotor mempunyai 4-12 bilah dan biasanya beropeasi pada kecepatan rendah. Fan ini digunakan dalam kerja buangan (exhaust work), khususnya untuk gas-gas pada temperatur tinggi dan dengan suspensi dalam alirannya.

Forward-curved blade

Fan ini mengalirkan gas buang pada kecepatan yang sangat tinggi. Tekanan yang dipasok oleh blower ini lebih rendah dibandingkan dengan tekanan yang dihasilkan oleh dua bilah yang lain. Banyaknya bilah dalam rotor tersebut dapat mencapai 50, sedangkan kecepatannya dapat mencapai 3600 rpm.

Backward-curved blade

Fan ini digunakan ketika dibutuhkan tekanan buang yang lebih tinggi. Fan ini digunakan pada berbagai aplikasi. Fan jenis backward dan forward curved mempunyai tegangan yang jauh lebih besar daripada fan radial.

Untuk jasa pembuatan pipa blower hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Jasa Pembuatan Pipa Blower & Cerobong Berkualitas Di Indonesia di Medan

Alasan Alumunium foil Disukai sebagai Atap
Atap--Mahkota dengan Beragam Fungsi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *