Kegunaan Baja Honeycomb

Supplier Besi Baja di Medan, – Harga Baja Honeycomb , Jual Besi Hbeam – Besi Wf- Besi Pipa – Besi Cnp – Besi Unp – Besi Siku – Besi Wiremesh – Besi Kanal C & U – Baja Ringan – Besi Nako – Besi Ulir – Besi Cakar Ayam – Besi Bulat – Besi Assental TerLengkap – Termurah – Terpercaya Di Medan. -> Hubungi kami di Wa 08126067928.
Info : Klik Harga Baja Honeycomb di Medan

Harga

Kegunaan Baja Honeycomb

Desain struktur merupakan salah satu bagian dari keseluruhan proses perencanaan bangunan, dalam proses ini dapat dibagi menjadi dua bagian. Proses yang pertama adalah desain awal (Preliminery Design) yang merupakan peninjauan secara garis besar terhadap keputusan desain. Sedangkan Proses yang kedua adalah detail desain (Detail Engineering Design) yang antara lain meninjau tentang penentuan besar penamnpang-lintang balok, kolom dan elemen struktur lainnya secara terinci.

Jenis bangunan gedung yang akan dibahas dalam tulisan ini merupakan jenis gedung bcrtingkat, dengan struktur portal Honeycomb Beam dengan mengunakan bahan baja WF (Wide Flange), Permasalahan utarna pada bangunan gedung bentang lebar adalah masalah lendutan. Sernakin besar bentang maka lendutan (Deformasi) pada suatu balok akan sernakin besar ini diakibatkan oleh realest beban luar. Akibat gaya aksial yang menekan balok akan menimbulkan juga lendutan, disamping pengaruh beban lateral seperti angin dan gempa yang menambah lendutan tersebut.

Dalam menghadapi masalah ini, perlu adanya rekayasa hingga masalah yang timbul dapat teratasi dengan konsekuensi tetap mempertahankan bentang lebar dengan catatan dimensi profil membesar, atau merekayasa struktur bentang lebar dengan Honeycomb Beam sebagai salah satu alternatif. Permasalahan utama pada bangunan gedung bentang lebar adalah masalah lendutan (Deformation), karena semakin lebar bentang maka deformasi pada balok akan semakin besar pula akibat dari beban atau efek beban yang bekerja selama masa penggunaan bangunan, sedangkan beban — beban tersebut meliputi : beban mati (Dead Load), beban hidup (Live Load), beban gempa (Earthquake) dart beban angin (Wind Load ).

Struktur suatu bangunan sebelum terbebani secara maksimal kondisinya tetap akan stabil, tetapi bila terbebani dan beban yang diterima sudah bekerja secara maksimal maka struktur suatu bangunan tersebut juga akan menunjukkan perilakunya, akibat beban yang diterima.

Penggunaan profil yang besar secara langsung akan mengkonsumsi bahan yang besar dengan demikian biaya yang dibutuhkan juga haru besar. Rumusan masalah dalam analisa ini adalah sebagai berikut : 1. Mernbandingkan antara profil baja standar (Original) dan profit baja Honeycomb, seberapa besar kapasitas yang bisa diterima oleh masing-masing penampang pada bentang lebar 2. Dengan analisis trial and error kedua sistem ini, seberapa. besotpengaruhnya terhadap tegangan dan lendutan 3. Dan hasil trial and error ini apakah konsurnsi baja rekayasa Honeycomb Beam lebih ekonornis atau sebaliknya menjadi boros dibandingkan dengan profil Baja Original Beam

Untuk menganalisis struktur bangunan gedung cukup luas cakupannya untuk dan dibahas, analisis ataupun perencanaan terperinci akan dihadapkan pada ketentuanketentuan yang ada dalam rnerealisasikan perencanaannya yaitu mulai dari bangunan bawah termasuk didalamnya keadaan tanah sarnpai menentukan bentuk pondasi kemudian bangunan atas sampai terbentuknva bangunan secara maka oleh karena cukup luas cakupannva maka pada analisis ini akan dibatasi yang antara lain : a. Bangunan yang dianalisis adalah struktur baja dengan rnetode Original Beam dan metode Honeycomb Beam b. Bangunan tersebut berbentuk prismatis c. Bangunan yang dianalisis adalah bangunan atas Upper Structure , keadaan tanah dan pondasi diabaikan d. Perhitungan baut dan cara penyarnbungan las diabaikan e. Dalam menganalisis model struktur baja ini digunakan metode LRFD (Load arid Resistence Factor Design) f. Dalam perhitungannya gedung ini mengacu pada peraturan standar bangunan gedung g. Bentang lebar bangunan diambil antara 6m – 14 m h. Dalam menganalisis perhitungan ini menggunakan Program SAP 2000.

Maksud dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan batasan-batasan lendutan (Deformation) yang timbul, tegangan yang terjadi, kemudian konsumsi bahan yang dipergunakan, dan seberapa besar perbedaan penggunaan profil baja berdimensi besar dengan rekayasa struktur bentang lebar dengan sistem atau metode Honeycomb Beam Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek atau pengaruh penggunaan Honeycomb Beam terhadap bangunan bentang lebar. Kegunaan penelitian iru secara ilmiah adalah untuk mencari jawaban apakah penggunaan profil baja Castellated Beam ini cukup elektif atau tidak jika dibandingkan dengan menggunakan profil Baja standar (Original) ialu ditinjau dari lendutannya seberapa besar pengaruhriya, terhadap variasi bentang, kemudian dari segi kekuatannya.

Pengertian HoneyComb Beam

Honeycomb Beam adalah suatu balok struktur baja standar (Original) melalui rekayasa yaitu penampang balok baja dipotong dengan pola zig-zag sepanjang garis netral. Salah satu dari pola dua bagian yang sauna besar dipindahkan keujung yang lain kernudian dilas dan penampang membentuk mirip seperti sarang lebah sehingga menghasilkan penampang profit baja menjadi besar. Sistem Honeycomb Beam ini dapat juga disebut Castellated Beam atau The Open-Web Expanded Beam 2.5.

Konsep Desain Menurut Omer W. Blodgett (19615:4.7) Penghernatan dalam penggunaan bahan sering terlupakan dalam konsep desain. The OpenWeb Expanded Beam (bukan badan memperbesar penampang balok) yang telah menghasilkan keuntungan bagi perusahaan dalam bidang teknik. Hal ini harus dapat dijadikan pertimbangan untuk penggunaan banyak proyek. Bukaan balok menyebabkan kenaikan modulus dan momen inersianya, sehingga kekuatan dan kekakuannya bertambah besar. Pengurangan berat balok menyebabkan efek berantai terhadap penghematan seluruh struktur.

 

Untuk pemesanan baja HoneyComb hubungi kami di Wa 08126067928

Info Artikel Lainnya : Klik Harga Baja Honeycomb di Medan

 

Jual Baja Tahan Karat
Pertimbangan Galvalum sebagai Rangka Rumah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *