“Jasa Perbaikan Mesin Genset di Medan

Info : Klik Jasa Perbaikan Mesin Genset di Medan

Jasa

Teknik Pemesinan Bubut

Pengertian Mesin Bubut

Mesin   bubut   (turning   machine)   adalah   suatu jenis mesin perkakas yang dalam proses kerjanya bergerak memutar benda kerja dan menggunakan mata potong pahat (tools) sebagai alat  untuk menyayat benda kerja  tersebut. Mesin bubut merupakan salah satu mesin proses produksi yang dipakai untuk membentuk benda kerja  yang  berbentuk silindris.  Pada  prosesnya benda kerja terlebih dahulu dipasang pada chuck (pencekam) yang  terpasang pada  spindel mesin, kemudian spindel dan benda kerja diputar dengan kecepatan sesuai perhitungan. Alat potong (pahat) yang dipakai untuk membentuk  benda   kerja akan  disayatkan  pada  benda kerja yang berputar.

Fungsi Mesin Bubut

Fungsi     utama  mesin   bubut   konvensional   adalah  untuk membuat/memproduksi benda-benda berpenampang silindris, misalnya poros lurus, poros bertingkat (step shaft), poros tirus (cone shaft), poros beralur (groove shaft), poros berulir (screw thread) dan berbagai bentuk bidang permukaan silindris lainnya misalnya anak buah catur (raja, ratu, pion dll)

Jenis-jenis Mesin Bubut

Mesin Bubut Ringan

Mesin bubut ringan dapat diletakan di atas meja, dan mudah dipindahkan sesuai dengan kebutuhan, Benda kerjanya berdimensi kecil (mini). Jenis ini umumnya digunakan untuk membubut benda-benda     kecil dan biasanya dipergunakan untuk industri rumah tangga (home industri). Panjangnya mesin umumnya tidak lebih dari 1200mm, dan karena bebanya ringan dapat diangkat oleh satu orang.

Mesin Bubut Sedang

Jenis  mesin  bubut  sedang   dapat membubut diameter benda kerja sampai dengan 200 mm dan panjang sampai dengan 100 mm cocok untuk industri kecil atau bengkel-bengkel perawatan dan pembuatan komponen. Umumnya  digunakan  pada  dunia  pendidikan  atau  pusat pelatihan,  karena harganya terjangkau dan mudah dioperasikan.

Mesin Bubut Standar

Jenis mesin bubut mesin   bubut   standar disebut sebagai mesin bubut standar karena di samping memiliki komponen seperti pada mesin ringan dan sedang juga telah dilengkapi berbagai kelengkapan tambahan yaitu keran pendingin, lampu kerja,    bak penampung beram dan rem untuk menghentikan mesin dalam keadaan darurat

  1. Jenis-jenis Mesin Bubut
  2. Alat bantu Mesin Bubut

Pada pembubutan diperlukan peralatan cekam dan peralatan bantu lainnya   yang   fungsinya   dapat   menunjang   pada   proses   permesinannya. Misalnya,  akan  membesarkan  lubang  pada  mesin  bubut.  Prosesnya,  alat potong masuk dari ujung benda kerja, maka alat  cekam  yang  cocok  dapat digunakan  cekam  bubut  rahang  tiga.  Demikian  juga,  untuk mengebor, merimer,   ataupun   memotong   benda   kerja,   cocok   menggunakan cekam bubut rahang tiga, Untuk proses pengulir, selain diperlukan cekam bubut, jika bagian yang akan diulir cukup panjang atau diperkirakan akan melinting saat diulir, perlu didukung dengan senter jalan pada ujung benda kerja tersebut.

Penggunaan Alat Cekam

Cara pemasangan pada mesin :

  • Lihat  pada  sumbu  utama  mesin  (spindel)  dengan  kunci   leher arahkan  garis  pada  pen  pengunci  segaris  dengan  garis  yang  ada pada rumahnya. Lakukan hal yang sama pada pen-pen yang lainnya
  • Ambil cekam  bubut,  masukkan        bagian  pen      yang menempel dibelakang  cekam  tersebut,  kedalam  lubang  pen  yang  ada  pada sumbu utam
  • Kunci pen pengunci dengan cara memutarnya hingga garis tidak lagi segaris dengan garis yang ada pada rumahnya lalukan untuk semua pen.

Penggunaan senter putar kepala lepas

Cara pemasangan pada mesin :

  • Ambil senter putar/senter jalan dengan ukuran ketirusan batangnya  sama dengan ketirusan lubang barrel kepala lepa
  • Masukkan batang  senter  tersebut  ke  dalam  lubang  barrel,  lalu ditekan.
  • Periksa dengandiputar bahwa ujung senter saja  yang berputar sedangkan batang senter tersebut tida

Untuk pemesanan hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Jasa Perbaikan Mesin Genset di Medan

Pasaran Besi Baja di Medan
Jasa Perbaikan Mesin Bubut Terbaik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *