“Jasa Pembuatan Cetakan Box Culvert di Medan

Info : Klik Jasa Pembuatan Cetakan Box Culvert di Medan

Jasa

Apa itu Box Culvert?

Box Culvert adalah bangunan yang dibangun dibawah jalan atau jembatan yang dipergunakan sebagai jalur penghubung seperti jalan, saluran air (drainase), pipa gas, pipa kabel listrik, dan lain sebagainya. Pada dasarnya box culvert adalah sebuah konstruksi yang menyerupai “pipa” persegi atau persegi panjang yang terbuat dari beton bertulang guna untuk memperkuat konstruksi memikul beban yang diatasnya. Pengerjaannya ada berupa cor ditempat dan banyak juga terbuat dari beton pra cetak (precast). Tipikal perancangan konstruksi box culvert disesuaikan dengan beberapa hal, seperti ; kondisi lapangan, kegunaan, estetika, kekuatan, dan ekonomis.

Jenis Box Culvert

Box Culvert di rancang dengan berbagai fungsi dan kegunaan, yang memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan jumlah cellnya, seperti Box Culvert 1 cell, 2 cell, dan 3 cellCell di sini merupakan lorong atau saluran yang terbentuk melalui keempat sisinya dan diberi penguat di setiap sudut sisinya dengan struktur berbentuk segi empat. Adapun pembagian Box Culvert menurut fungsinya adalah :

Box Culvert untuk Saluran pembuangan Saniter/drainase

Box Culvert jenis ini adalah perangkat berupa saluran yang di dalamnya mengalir limbah saniter, maupun limbah air kotor untuk disalurkan ke sungai terdekat. Dalam merancang Box Culvert jenis ini yang penting diperhatikan adalah topografi setempat untuk menghasilkan kemiringan yang optimum, sehingga jalannya limbah tidak tersendat, jenis box culvert yang digunakan dapat berupa Precast.

Box Culvert untuk Terowongan Utilitas

Box Culvert Jenis ini fungsinya untuk melindungi berbagai macam utilitas, seperti utilitas saluran air bersih, utilitas kabel PLN, utilitas kabel Telepon dan utilitas kabel Telkom. Box Culvert jenis ini biasanya terletak di bawah tanah dan fungsinya untuk melindungi berbagai utilital tersebut, sehingga pada umumnya Box Culvert jenis ini berukuran kecil dan menggunakan Box Culvert precast. Box Culvert jenis ini harus memiliki ketahanan yang baik terhadap air, serangan binatang pengerat dan bukan struktur yang mudah terbakar mengingat pentingnya utilitas yang ada dalam Box Culvert tersebut.

Baca Juga :  Jasa Pembuatan Cetakan Box Culvert di Medan

Box Culvert untuk Irigasi

Box Culvert untuk saluran air/irigasi adalah perangkat yang memiliki kekuatan struktur yang tinggi untuk dapat menyalurkan air yang melewati gorong –gorong tersebut. Box culvert jenis ini sering didapati di bawah jalan tol yang melintasi kawasan persawahan yang membutuhkan pengairan yang memadai, pada dasaranya dimensi dari box culvert ini berukuran besar karena disesuaikan dengan saluran irigasi yang telah ada dan pengerjaan Box Culvert jenis ini menggunakan metoda pengecoran di tempat (cast in place).

Box Culvert untuk Lorong Bawah Tanah ( akses lalu lintas )

Box Culvert yang digunakan sebagai akses lalu lintas adalah lorong yang fungsinya menghubungkan jalan lama yang telah dibuat namun jalan tersebut terhalang oleh struktur lainnya yang berada di atas jalan tersebut, biasanya status jalan tersebut adalah jalan kolektor yang dilalui kendaraan dengan jumlah yang besar, selain sebagai penghubung box culvert juga sebagai jalur alternatif untuk mengurangi kemacetan. Berikut ini terlihat empat buah tipikal underpass yang telah dimanfaatkan

Box tipe lain adalah RC Box Culvert (RCBC) bisa juga disebut Reinforced Concrete Box Culvert, adalah salah satu produk precast yang dapat digunakan sebagai Jembatan. Produk ini dapat digunakan dan dirancang untuk segala jenis pembebanan, baik beban berat maupun ringan. RCBC ini terdiri dari 2 komponen yaitu Top component dan Bottom component.

Metode Konstruksi

Metode konstruksi adalah suatu rangkaian kegiatan pelaksanaan konstruksi yang mengikuti prosedur serta telah dirancang sesuai dengan pengetahuan atau standar yang telah diuji cobakan. Cara atau metoda tersebut tidak terlepas dari penggunaan teknologi sebagai pendukung dan mempercepat proses pembuatan suatu bangunan, agar kegiatan pembangunan dapat berjalan sebagai mana mestinya sesuai dengan yang diharapkan dan lebih ekonomis dalam biaya pemakaian bahan.

Baca Juga :  Daun Pintu Aluminium di Medan

Metode konstruksi merupakan suatu aspek inovasi teknologi yang dibutuhkan atau disyaratkan dalam persyaratan kontrak. Metode konstruksi yang dipilih harus disesuaikan dengan berbagai kondisi lingkungan proyek. Metode konstruksi dipengaruhi oleh ketersediaan sumber daya. Sedangkan industri konstruksi dalam garis besarnya dapat dibagi-bagi menjadi empat bagian berdasarkan jenis pekerjaan dan rancangan yang berbeda-beda yaitu :

  • Bangunan Pemukiman dan Perumahan
  • Bangunan gedung bertingkat
  • Bangunan sarana prasarana berat, msialnya PLTA, Pelabuhan Udara, laut dan jalan
  • Bangunan industri

Proyek konstruksi dimulai sejak timbulnya prakarsa dari pemiliknya untuk membangun, dimana dalam proses berikutnya akan melibatkan dan sekaligus dipengaruhi oleh perilaku berbagai unsur seperti : konsultan, kontraktor dan termasuk pemiliknya sendiri. (Dipohusodo, 1996)

Pelaksanaan suatu proyek pada dasarnya adalah proses merubah sumber daya dan dana tertentu secara terorganisir menjadi suatu hasil pembangunan yang baik sesuai dengan tujuan dan target awal, keseluruhannya harus dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu.

Proyek dapat diartikan sebagai suatu kegiatan sementara yang berlangsung dalam jangka waktu yang terbatas dengan alokasi sumber daya tertentu dan dimaksudkan untuk melaksanakan tugas yang sasarannya telah digariskan dengan jelas. (Suharto, 1997)

Kegiatan proyek konstruksi bangunan baru pada umumnya memilii tahapan-tahapan perkembangan yang masing-masing tahapan mempunyai beberapa kegiatan yang dominan sesuai dengan pedoman teknis pembangunan bangunan gedung Negara Departemen KIMPRASWIL tahun 2002, seperti dibawah ini :

  • Persiapan
  • Perencanaan Konstruksi
  • Pelaksanaan Konstruksi
  • Pemeliharaan Konstruksi

Untuk pemesanan Cetakan Box Culvert hubungi kami di Wa 08126067928

atau 087787190535

Info Lainnya : Klik Jasa Pembuatan Cetakan Box Culvert di Medan

Apa itu Gorong-Gorong?
Apa itu Batako?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *