“Jasa Mass Production CNC Bubut di Medan

Info : Klik Jasa Mass Production CNC Bubut di Medan

Jasa

Mesin Bubut adalah suatu mesin perkakas yang digunakan untuk memotong benda yang diputar. Bubut sendiri merupakan suatu proses pemakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan secara translasi sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja. Gerakan putar dari benda kerja disebut gerak potong relatif dan gerakkan translasi dari pahat disebut gerak umpan.

Komponen-Komponen pada Mesin Bubut

1. Kepala Tetap(Headstock)

Adalah bagian mesin yang letaknya disebelah kiri mesin,bagian inilah yang memutarkan benda kerja. Didalamnya terdapat kumparan satu seri roda gigi serta roda tingkat atau tunggal. Roda tingkat terdiri atas tiga atau empat buah keping dengan garis tengah yang berbeda,roda tingkat diputar oleh suatu motor yang letaknya dibawah atau disamping roda tersebut melalui suatu ban.

2. Kepala Lepas(Tailstock)

Adalah bagian dari mesin bubut yang letaknya disebelah kanan mesin dan dipasang diatas mesin, berfungsi:

  1. Sebagai tempat pemicu ujung benda kerja yang dibubut
  2. Sebagai tempat kedudukan bor pada waktu mengebor
  3. Sebagai Tempat kedudukan penjepit bor

Kepala lepas dapat bergeser di sepanjang alas mesin.kepala lepas terdiri atas dua bagian : yaitu alas dan ban,kedua bagian itu di ikat dengan 2 atau 3 baut.ikat dan dapat digerakkan dipenggeser itu di perlukan apabila.

  1. Kedudukan kedua senter tersebut tidak sepusat
  2. Kedudukan kedua senter tidak harus sepusat misalnya untuk menghasilkan pembubutan yang tirus.
  3. Alas(Ways)

Fungsi utama alas mesin bubut ada 3 yaitu

  1. Tempat kedudukan kepala lepas
  2. Tempat kedudukan eretan (cariage/support)
  3. Tempat kedudukan penyangga diam(stendy prest)

Alas yang terbentuk memanjang merupakan tempat tumpuan gaya-gaya pemakanan pahat saat membubut.

  1. Eretan (cariage/support)

Eretan terdiri dari atas alas,eretan lintang,dan eretan atas.eretan alas adalah eretan yang kedudukannya pada alas mesin.Gerakan eretan itu melalui roda yang dihubungkan roda batang gigi panjang yang dipasang dibawah alas melalui penghantar.

  1. Eretan Lintang

Letaknya Diatas eretan alas dan kedudukannya melintang terhadap alas .fungsi eretan lintang adalah untuk memberikan tempat pemakanan pahat saat membubut bagian ujung pahat dengan putaran tiap pembagian ukurannya mengatur pemakanan pada bubut.

  1. Eretan Atas
Baca Juga :  Jasa Mass Production CNC Bubut di Medan

Letak eretan atas berada diatas eretan lintang dan di ikat oleh baut dengan mur ikat.fungsi eretan atas mesin bubut adalah memegang eretan perkakas bubut dan memberi gerakan yang diperlukan.

  1. Chuck

Berfungsi sebagai tempat untuk memegang benda kerja.

Dimensi dan Jenis-Jenis Mesin Bubut

Dimensi atau ukuran mesin bubut biasanya dinyatakan dalam diameter benda kerja yang dapat dikerjakan pada mesin tersebut. misalnya sebuah mesin bubut ukuran 400 mm mempunyai arti mesin bisa mengerjakan benda kerja sampai diameter 400 mm. Ukuran kedua yang diperlukan dari sebuah mesin bubut adalah panjang benda kerja. Beberapa pabrik menyatakan dalam panjang maksimum benda kerja diantara kedua pusat mesin bubut, sedangkan sebagian pabrik lain menyatakan dalam panjang bangku. Ada beberapa variasi dalam jenis mesin bubut dan variasi dalam desainnya tersebut tergantung cara pengoparasiannya dan jenis produksi atau jenis benda kerja.

Dilihat cara pengoperasian mesin bubut dibagi menjadi dua jenis yaitu mesin bubut manual dan mesin bubut otomatis. Mesin bubut manual adalah mesin bubut yang proses pengoperasiannya secara manual dilakukan oleh manusia secara langsung, sedangkan mesin bubut atomatis adalah mesin bubut yang perkakasnya secara otomatis memotong benda kerja dan mundur setelah proses diselesaikan, dimana semua pegerakan sudah diatur atau diprogram secara otomatis dengan mengunakan komputer. Mesin bubut yang otomatis sepenuhnya dilengkapi dengan tool magazine sehingga sejumlah alat potong dapat diletakan dimesin secara berurutan dengan hanya sedikit pengawasan dari operator. Mesin bubut otomatis ini lebih dikenal dengan sebutan CNC (Computer Numerical Control) Lathe Machine ( mesin bubut dengan sistem komputer kontrol numerik).

Mesin   CNC  (Computer   Numerically   Controlled)   secara   singkat   dapat diartikan suatu  mesin  yang  dikontrol oleh  komputer dengan  menggunakan bahasa  numerik (perintah gerakan dan berhenti dengan  menggunakan kode angka dan huruf)  (Lilih,  2001).  Misalnya jika diberikan perintah M04,  maka  spindle mesin   akan   berputar  berlawanan  terhadap  arah  jarum   jam,  sedang   jika diberikan perintah M03 maka spindel mesin  akan berputar searah  jarum  jam.

Baca Juga :  Sejarah Perkembangan Mesin Bubut

Dengan  adanya   mesin   CNC  pekerjaan  operator   dapat  dikurangi   dan digantikan  dengan perintah yang telah dimasukkan  dalam mesin sehingga  selama mesin  sedang  beroperasi, operator hanya  mengawasi jalannya proses pemesinan benda  kerja,  tentunya hal ini mempermudah serta  mempercepat pengerjaan suatu produk. Mesin CNC memiliki banyak  keuntungan dibandingkan dengan mesin perkakas konvesional sejenis.  Keuntungan mesin CNC antara lain: produktivitas  tinggi,  ketelitian pengerjaan tinggi,  waktu produksi lebih cepat,  biaya pembuatan lebih murah,  kapasitas produksi lebih  besar,  dapat  digabung dengan mesin lain, dalam hal ini adalah  mesin CAD/CAM dengan  perangkat tambahan sehingga pemakaian mesin  CNC  akan  lebih  efektif,  dan  masih  banyak  lagi keuntungan mesin CNC yang lain

S al ah      sat u     k el em ah an      d al am      p en g g u n aan      f as i l i t as berteknologi tinggi seperti mesin CNC terutama pada harganya yang relatif mahal dan membutuhkan operator mesin yang memiliki pengetahuan yang cukup untuk dapat  mengoperasikan mesin  CNC.  Selain  itu  mesin  bubut  CNC  juga membutuhkan perawatan yang khusus. Penggunaan mesin  CNC  memiliki keunggulan yaitu ekonomis untuk pembuatan produk  massal.

Secara umum mesin bubut CNC dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu mesin  bubut  CNC  Training  Unit  (TU)  dan  Mesin   bubut  Production  Unit (PU). Kedua  jenis mesin  tersebut pada prinsip  kerjanya sama hanya dalam penerapan dan penggunaannya yang berbeda. Mesin  bubut CNC Training Unit digunakan untuk  latihan  pembubutan dasar,  mengerjakan pekerjaan ringan  dan ukuran   benda   kerja   yang   relatif   kecil.   Mesin   bubut  CNC  Production   Unit digunakan  untuk   membuat  produk,  sehingga  mesin   ini   dilengkapi  dengan aksesoris  atau  perlengkapan yang  lebih  kompleks dan  mahal,  seperti  sistem cairan  pendingin otomatis, sistem  chuck otomatis, konveyor pembuangan tatal (chip) dan lain-lain. Salah satu contoh  mesin bubut PU adalah mesin bubut CNC ET 242.

 

Untuk jasa mass producation hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Jasa Mass Production CNC Bubut di Medan

Gerakan Mesin Milling
Kami Menyediakan Jasa Machining

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *