“Jasa Lubang Plat Besi di Medan

Info : Klik Jasa Lubang Plat Besi di Medan

Jasa

Keselamatan dan Kesehatan Kerja Plat

Pengerjaan pelat merupakan salah satu jenis pekerjaan yang melibatkan banyak proses kerja dan menggunakan berbagai macam peralatan, baik peralatan tangan maupun mesin-mesin. Dengan demikian resiko terjadinya kecelakaan dan gangguan kesehatan cukup tinggi dan perlu menjadi perhatian baik sebelum melakukan pekerjaan, saat bekerja maupun setelah bekerja.

Kecelakaan atau gangguan kesehatan dapat disebabkan oleh faktor operator atau teknisi itu sendiri, mesin dan alat-alat kerja, atau lingkungan kerja. Namun secara umum ada beberapa penyebab terjadinya kecelakaan dan gangguan kesehatan bila melakukan pekerjaan pelat, yaitu :

  • kelalaian operator/ teknisi
  • alat-alat atau mesin yang tidak dilengkapi oleh pengaman
  • alat-alat atau mesin yang tidak layak pakai/ kurang perawatan
  • sengatan listrik ( electric shock )
  • debu, racun atau bahan-bahan yang berbahaya
  • suara diatas standar pendengaran, dll.

Kelalaian

Kelalaian dalam bekerja adalah penyebab kecelakaan kerja yang sering terjadi pada kerja pelat. Bentuk kelalaian tersebut diantaranya adalah : tidak mengikuti instruksi dan prosedur kerja yang ditentukan, tidak menggunakan alat keselamatan dan kesehatan      kerja yang dianjurkan, melakukan tindakan “bodoh” ( bermain-main sambil bekerja ), dan tidak peduli dengan daya tahan tubuh dalam bekerja sehingga terjadi kelelahan kerja, dll.

Alat dan Mesin Tidak Dilengkapi Pengaman

Kondisi alat-alat atau mesin-mesin yang tidak dilengkapi pengaman akan sangat memungkinkan terjadinya keselakaan, terutama jika pada kondisi tersebut tidak adanya  rambu-  rambu peringatan serta kurangnya kepedulian terhadap ancaman bahaya kecelakaan.

Biasanya peralatan/ mesin kerja pelat yang memerlukan pengaman adalah : mesin   potong ( shearing machine ), mesin pon ( punching machine ) dan gergaji pita, dll.

Baca Juga :  Jasa Mass Production CNC Bubut di Medan

Alat dan Mesin Tidak Layak Pakai

Alat-alat dan mesin yang tidak layak pakai atau kurang perawatan akan      menyebabkan alat dan mesin tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga akan menimbulkan bahaya kapan saja tanpa ada peringatan.

Sengatan Listrik

Sengatan listrik pada kerja pelat agak jarang terjadi, karena secara umum proses     pengerjaan tidak berhubungan langsung arus listrik. Kecelakaan oleh sengatan listrik    biasanya terjadi lebih dikarenakan oleh faktor alat/ mesin yang rusak atau oleh faktor    manusianya ( lalai atau salah pengoperasian ).

Debu, Racun atau Bahan-bahan yang Berbahaya

Kecelakaan atau gangguan kesehatan yang disebabkan oleh debu, racun dan          bahan-bahan berbahaya kadangkala tidak dirasakan pada saat bekerja, tetapi akan           dirasakan setelah beberapa waktu kemudian ( setelah bekerja ). Misalnya, seringnya      menghirup debu atau zat-zat beracun akan mengakibatkan gangguan pernafasan setelah sekian lama bekerja.

Suara di atas Standar Pendengaran Manusia

Pada bengkel kerja pelat secara umum akan menimbulkan suara sekitar 100 dB       (decibel), adapun standar kemampuan pendengaran manusia adalah sekitar 90 dB untuk        bekerja selama ± 8 jam dan akan mengganggu ( merasa sakit ) pendengaran bila suara     yang ditimbulkan tersebut di atas 120 dB. Adapun mesin-mesin atau proses kerja pelat yang dapat menimbulkan gangguan    pendengaran diantaranya adalah : mesin pengeling pneumatik, alat peniup / udara tekanan          tinggi yang digunakan tanpa penyaring, proses pembentukan pelat-pelat dengan      menggunakan palu baja, menggerinda pelat-pelat yang tidak terikat dengan kuat, dsb.

Berdasarkan uraian di atas, terlihat bahwa kemungkinan-kemungkinan terjadinya   kecelakaan dan ganguan kesehatan sangatlah beragam, tapi secara umum yang sering   terjadi pada kerja pelat adalah : luka, terpotong dan memar/ benturan, sedang gangguan       pernafasan dan penglihatan serta gangguan pendengaran agak jarang terjadi.

Baca Juga :  Sebelum Memilih Besi Beton, Ketahui Poin Penting Ini

Karena kecelakaan dan gangguan kesehatan akan merugikan banyak fihak, baik                 itu pekerja atau teknisi yang bekerja, kegiatan produksi maupun lingkungannya, maka             perlu upaya-upaya pencegahan agar resiko kecelakaan dan gangguan kesehatan tersebut           dapat dikurangi atau dihindarkan.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dan langkah-langkah pencegahan yang     perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Setiap orang yang akan bekerja harus memahami pekerjaannya dengan baik, termasuk prosedur menggunakan alat atau mesin.
  2. Semua alat atau mesin harus dilengkapi dengan pengaman yang memenuhi syarat keselamatan dan kesehatan kerja.
  3. Setiap peralatan kerja dan mesin-mesin dipelihara dengan baik, sehingga  selalu siap pakai.
  4. Peralatan dan bahan-bahan ditempatkan secara aman.
  5. Lantai bengkel selalu bersih dan tidak ada tumpahan / ceceran minyak atau oli.
  6. Ruangan kerja dilengkapi dengan penerangan/ pencahayaan yang cukup dan sirkulasi udara yang memadai.
  7. Tersedianya alat-alat keselamatan dan kesehatan kerja yang sesuai dengan jenis pekerjaan.
  8. Adanya rambu-rambu/ petunjuk penggunaan alat keselamatan dan kesehatan kerja.

Untuk jasa lubang plat besi hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Jasa Lubang Plat Besi di Medan

Kami Menyediakan Jasa Machining
Aplikasi Laser CO2 untuk  Pemotongan Material 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *