“Jasa Bending di Medan

Info : Klik Jasa Bending di Medan

Jasa

Apa itu Mesin Bending Pipa?

Mesin bending pipa ini adalah mesin yang digunakan untuk untuk pembending pipa dimana pipa ini akan dibending untuk pembuatan produk seperti pembuatan kursi, pagar , kanopi, serta memanfaatkan pipa sebagai bahan dasarnya, alat bending ini ditunjukan untuk
industri kecil dan menengah agar mempermudah membuat suatu produk yang bahan dasarnya pipa yang di bending.

Metode Penekukan Pipa

Metode Ram (Ram Style Bending)
Metode ini bekerja dengan memanfaatkan sebuah batang penekan sementara pipa yang akan ditekuk dipasang pada dua buah penahan, kemudian penekan akan menekan pipa tepat diantara dua buah penahan, sehingga pipa akan tertekuk. Akan tetapi kelemahan metode ini adalah terjadinya perubahan bentuk penampang pipa yang semula harusnya bulat menjadi oval.
Metode Rotary (rotary draw bending)
Metode ini bekarja dengan cara menjepit salah satu ujung pipa, kemudian merotasi pipa ke sekeliling cetakan ( dies ), dengan radius tekuk sesuai dengan radius rol.
Metode rol (roll bending )
Metode ini digunakan untuk menekuk pipa secara kontinu serta membentuk suatu radius yang besar. Metode ini menggunakan tiga buah rol,yang terhubung dengan tiga buah poros yang berbeda. Rol-rol tersebut dibagi menjadi dua bagian, yaitu rol atas (upper roll) dan rol bawah (lower roll).
Metode Compression Bending
Cara kerjanya untuk metoda ini sama dengan metoda rotary namun cetakan (dies) pada metoda ini diam. Proses pelengkungan seperti kereta geser slide piece bergeser mengelilingi dies

Konsep Dan Prinsip Dasar Mekanika

Gaya merupakan besaran vektor karena gaya memiliki besar dan arah. Gaya adalah sesuatu yang dapat menyebabkan sebuah benda bergerak searah dengan gaya tersebut oleh karena itu gaya juga sering disebut sebagai aksi atau reaksi. ada prinsipnya, gaya tersebut dapat dipresentasikan melalui beberapa cara diantaranya dengan metoda grafis dan metoda analitis. Secara grafis gaya digambarkan dalam bentuk garis, dimana garis tersebut akan mewakili besar, arah dan garis kerja gaya. hukum newton. Hukum newton dirumuskan oleh Sir Issac Newton Dan diinterpretasikan sebagai berikut :
โ€ข Gaya yang bereaksi pada suatu partikel sama dengan nol, maka partikel tersebut akan tetap diam ( tidak bergerak ) bila mula-mula dalam keadaan diam, atau akan bergerak dengan kecepatan yang sama bila mula-mula dalam keadaan bergerak. Pernyataan tersebut dinyatakan dengan .
โ€ข Bila gaya yang bereaksi pada suatu partikel sama dengan nol, partikel tersebut akan memperoleh kecepatan yang sebanding dengan arah gaya resultan tersebut. Pernyataan tersebut dinyatakan dengan โˆ‘ ๐น = ๐‘š . ๐‘Ž
โ€ข Gaya aksi dan reaksi antara benda yang berhubungan mempunyai besar dan garis aksi yang sama serta berlawanan arah.

Baca Juga :  Jasa Perbaikan Mesin Bubut Terbaik

Pada dasarnya kedua metode tersebut dapat menyelesaikan persoalan masalah gaya, akan tetapi ada kalanya kita tidak dapat menyelesaikan dengan hanya satu metode tersebut. Oleh karena itu kita dapat menggabungkan kedua metode tersebut, metode ini dapat juga disebut sebagai metode kesetimbangan mekanis. Metode ini dinyatakan dengan : dan โˆ‘ ๐‘€ = 0 Kesetimbangan mekanis didefinisikan sebagai suatu benda atau sekumpulan benda yang dapat dipisahkan dari pengaruh benda lain. Sistem demikian dapat berupa benda tunggal ataupun kombinasi dari benda yang berhubungan. Biasanya analisis benda dilakukan secarta terpisah. Pemisahan ini dapat kita sebut sebagai diagram benda bebas.Diagram benda bebas merupakan bagian benda yang akan dibahas dan dipisahkan terhadap bagian lainnya, kemudian ditunjukan semua gaya dan momennya yang bekerja pada benda tersebut beserta reaksinya.

Hidrolik
Hidrolik merupakan satu ilmu terapan dan keteknikan yang berurusan dengan sifat- sifat mekanis fluida, yang mempelajari perilaku aliran air secara mikro maupun makro. Mekanika Fluida meletakkan dasar-dasar teori hidrolika yang difokuskan pada rekayasa sifat- sifat fluida. Dalam tenaga fluida, hidrolika digunakan untuk pembangkit, kontrol, dan perpindahan tenaga menggunakan fluida yang dimampatkan. Topik bahasan hidrolika membentang dalam banyak aspek sains dan disiplin keteknikan, mencakup konsep-konsep seperti aliran tertutup (pipa), perancangan bendungan, pompa, turbin, tenaga air, hitungan dinamika fluida, pengukuran aliran, serta perilaku aliran saluran terbuka seperti sungai. Sistem hidrolik adalah teknologi yang memanfaatkan zat cair, dalam sistem hidrolik fluida cair berfungsi sebagai penerus gaya. fluida cair yang umum dipakai adalah jenis minyak mineral, biasanya oli, sistem ini biasanya untuk melakukan suatu gerakan segaris atau putaran. Sistem ini bekerja berdasarkan prinsip jika suatu zat cair dikenakan tekanan, maka tekanan itu akan merambat ke segala arah dengan tidak bertambah atau berkurang kekuatannya.

Baca Juga :  Bending Machine dan Kegunaannya

Pada prinsipnya hidrolika merupakan cabang ilmu dari mekanika fluida dimana mekanika fluida tersebut dibagi menjadi 2 bagian yaitu :
๏ƒ˜ Hidrostatik : zat cair diam.
๏ƒ˜ Hidrodinamik : zat cair bergerak (mengalir)

Prinsip dasar dari hidrolik adalah sifat fluida cair yang sangat sederhana dan sifat zat cair tidak mempunyai bentuk tetap, tetapi selalu menyesuaikan bentuk yang ditempatinya. Karena sifat cairan yang selalu menyesuaikan bentuk yang ditempatinya.

Prinsip hukum pascal, dimana tekanan yang dipakaikan kepada suatu fluida tertutup diteruskan tanpa berkurang besarnya kepada setiap bagian fluida dan dinding-dinding yang berisi fluida tersebut. Hasil ini adalah suatu konsekuensi yang perlu dari hukum-hukum mekanika fluida, dan bukan merupakan sebuah prinsip bebas.

Dalam suatu rangkaian hidrolik biasanya terdiri atas aktuator, penggerak dan fluida kerja yang bekerja dalam sebuah sistem untuk tujuan tertentu. Dimana komponen-komponen tersebut dapat dilambangkan dalam simbol-simbol rangkaian. Tenaga hidrolik dapat dibagi kedalam bagian suplai tenaga, pengontrol tenaga dan bagian kerja sistem. Bagian penyuplai tenaga digunakan sebagai pengkonversi energi dan penghasil tekanan.

Untuk jasa bending hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Jasa Bending di Medan

Jenis-Jenis Mesin Bubut
Sinar Jaya Furniture Menyediakan Jasa

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *