“Mengenal Jasa Konstruksi Berpengalaman Dan Berbagai Keuntungannya di Medan

Info : Klik Mengenal Jasa Konstruksi Berpengalaman Dan Berbagai Keuntungannya di Medan
https://cutt.us/jTYfy

Sinartech Indojaya Memproduksi Furniture

Kerajinan berkaitan dengan kreasi, produksi dan distribusi produk yang dibuat dihasilkan oleh tenaga pengrajin yang berawal dari desain awal sampai dengan proses penyelesaian produknya, antara lain meliputi barang kerajinan yang terbuat dari: batu berharga, serat alam maupun buatan, kulit, rotan, bambu, kayu, logam (emas, perak, tembaga, perunggu, besi) kayu, kaca, porselin, kain, marmer, tanah liat, dan  kapur Salah satu industri kerajinan Indonesia yang mampu bersaing dengan industri kerajinan dari negara lain adalah industri furniture.

Salah satu perusahaan di Sumatera Utara yang bergerak di industri furniture adalah Sinartech Indojaya. Perusahaan Sinartech Indojaya merupakan salah satu perusahaan furniture yang ada di Kota Medan. Sinartech Indojaya memproduksi berbagai macam furniture seperti kursi, meja, pintu, lemari, jendela, dan lain sebagainya. Sinartech Indojaya termasuk perusahaan keluarga yang pengelolaannya dipegang langsung oleh pemilik perusahaan. Perusahaan keluarga merupakan suatu fenomena tersendiri dalam dunia usaha. Selain jumlahnya yang sangat banyak, perusahaan keluarga juga mempunyai andil yang signifikan bagi pendapatan  negara.

Di Indonesia, berdasarkan data yang dicatat oleh Biro Pusat Statistik menunjukkan bahwa perusahaan keluarga memiliki kontribusi sebesar 82,44% dari PDB baik yang dihasilkan oleh perusahaan menengah maupun perusahaan kecil (Wibowo, Wresti, dan Wibisono, 2006, p.38). Dengan demikian, peranan perusahaan keluarga sebagai aset negara memegang peranan yang signifikan bagi perkembangan ekonomi. Perusahaan juga mampu menyerap tenaga kerja sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran. Seperti yang terdapat pada perusahaan Sinartech Indojaya dimana pekerjanya terutama di bagian produksi berasal dari masyarakat sekitar perusahaan, sehingga secara tidak langsung telah mengurangi tingkat pengangguran di wilayah tersebut.

Dibandingkan perusahaan publik, pengelolaan perusahaan keluarga pada umumnya cenderung memiliki sudut pandang jangka panjang terhadap bisnisnya. Hal ini agak berbeda dengan perusahaan publik yang seringkali banyak bertumpu pada pertimbangan-pertimbangan jangka pendek karena terkait dengan fluktuasi saham Mengelola sebuah perusahaan tidaklah mudah, tidak terkecuali pada perusahaan keluarga.

Dalam mengelola perusahaan keluarga, diperlukan manajemen yang baik yang terdiri dari beberapa proses untuk mengelola setiap sumber daya yang dimiliki dalam upaya mencapai tujuan perusahaan. Proses- proses pengelolaan terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengendalian.

Dengan demikian, keberhasilan suatu perusahaan tergantung dari pengelolaan yang dilakukan oleh manajemen perusahaan. Oleh karena itu, kemampuan manajemen dalam mengelola perusahaan dengan berdasarkan pada perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengendalian berperan dalam menentukan keberhasilan perusahaan. Dalam mengelola perusahaan, pihak manajemen tidak hanya memperhatikan lingkungan internalnya saja, namun juga perlu memiliki pengetahuan terhadap lingkungan eksternal, seperti misalnya pesaing perusahaan.

Pengetahuan terhadap lingkungan eksternal selain berguna dalam menyusun strategi perusahaan juga dapat digunakan oleh perusahaan sebagai informasi dalam mengembangkan usaha perusahaan. Menurut Muchtar kunci keberhasilan perusahaan dalam merespon tantangan bisnis ke depan adalah bagaimana perusahaan mampu menyusun rencana bisnis yang bersifat taktis untuk jangka pendek dan bersifat strategik untuk jangka panjang. Hal yang lebih penting adalah kemampuan melaksanakan satu per satu dari apa yang direncanakan sebelum melangkah ke tahap pengembangan bisnis selanjutnya. Dengan demikian kunci keberhasilan perusahaan tidak hanya didasarkan pada pencapaian target jangka pendek namun juga pencapaian terhadap target jangka panjang, seperti mengembangkan usaha perusahaan.

Permasalahan yang dihadapi oleh Sinartech Indojaya adalah sulit mendapatkan bahan baku dengan kualitas yang bagus dan harga terjangkau. Penggunaan bahan baku yang berkualitas dan unik untuk usaha furniture tidak selalu terdapat di wilayah Malang. Perusahaan juga kurang memanfaatkan teknologi internet dalam desain, pemasaran, dan promosi hasil produksi. Keterbatasan pengguasaan IT, sistem yang ada kurang mendukung, dan kurang tersedianya SDM pendukung menjadi kendala dalam pengembangan usaha.

Dalam mengelola Sinartech Indojaya, modal yang digunakan oleh pemilik perusahaan adalah berasal dari modal sendiri maupun modal dari pinjaman bank dan koperasi. Sedangkan dalam mendapatkan tenaga kerja, proses perekrutannya adalah tidak formal, karena tidak mempertimbangkan syarat-syarat yang terlalu rumit, akan tetapi memiliki keterampilan, keuletan dan ketelatenan di bidang furniture serta dilihat berdasarkan hasil pekerjaan dan ketekunan dalam bekerja. Hal ini dikarenakan dalam proses produksinya, keterampilan dan ketekunan bekerja sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, karyawan yang bekerja di Sinartech Indojaya ada yang melalui proses training dan ada juga yang tidak melalui proses training. Sedangkan untuk keuangan, pemilik perusahaan selama ini memegang sendiri keuangan perusahaan. Pemilik perusahaan hanya dibantu seorang karyawan bagian keuangan yang bertugas melakukan pencatatan keuangan, sedangkan setiap transaksi keuangan baik seperti menerima uang yang masuk maupun pengeluaran dilakukan secara langsung oleh pemilik perusahaan.

Untuk penjelasan lebih lanjut hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Jasa Kontruksi Bangunan Terpercaya di Medan

Jasa Konstruksi Berpengalaman di Medan
Tujuan Pengecatan dan Bahan Cat

“Pentingnya Estimasi Biaya Konstruksi Akurat Dan Tepat di Medan Info : Klik Pentingnya Estimasi Biaya Konstruksi Akurat Dan Tepat di Medan Material Konstruksi Material yang digunakan dalam proyek pembangunan Taman Anggrek. Selengkapnya


Continue Reading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *