“Jasa Pembuatan Gudang Untuk Penyimpanan Barang di Medan

Info : Klik Jasa Pembuatan Gudang Untuk Penyimpanan Barang di Medan
https://cutt.us/nQolr

Workshop Pembuatan Canopy Rumah

Pertumbuhan jumlah penduduk di Kota Medan sejalan degan semakin tingginya penyediaan perumahan bersubsidi dengan peruntukan sebagai rumah tinggal yang tidak dilengkapi dengan kanopi dan pelengkap lainnya.

Memandang fenomena sosial ini, pengembangan rumah subsidi dapat dijadikan sebagai salah satu kesempatan kerja dan instrumen dalam mengembangkan kompetensi para pencari kerja misalnya dengan menawarkan jasa pembuatan kanopi minimalis bagi masyarakat. Pemasangan canopy pada rumah bersubsidi dapat menambahkan unsur dekoratif dan seni tersendiri untuk rumah tersebut. Seiring berjalannya waktu para pengembang memanfaatkan berbagai macam material untuk pembuatannya.

Kanopi mempunyai beberapa pengertian, pada laman Wikipedia Tahun 2019, canopy diartikan sebagai sebutan lain dari istilah yang sering digunakan dalam bidang bangunan. Canopy rumah merupakan rangka dan atap yang biasanya dipasang di beranda depan rumah atau bangunan. Adapun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring Tahun 2019, Kanopi mempunyai arti tirai atau langit-langit dari terpal, kain, logam, besi dan sebagainya dan pada teras terdapat bertiang sebagai pemisah halaman dengan bagian luar rumah ataupun suatu bangunan. Dilansir pada laman Prima Profesional Tahun 2019, selain fungsi utama tersebut, kanopi juga mempunyai fungsi dan kegunaan yang tidak kalah pentingnya, diantarannya:

  1. Memberikan perlindungan bagi penghuni rumah dari benda-benda yang jatuh dari atas serta mampu memberikan privasi bagi penggunannya
  2. Memberikan nilai dekoratif tambahan pada bangunan. Nilai dekoratif disini maksudnya adalah kanopi mampu menambah keindahan desain dari suatu rumah atau bangunan

Belakangan ini, perkembangan perekonomian terutama dibidang usaha mikro kian terasa meningkat tak terkecuali di bidang jasa pengelasan, bahkan modernisasi telah membawa tren baru dan memiliki dampak di berbagai aspek kehidupan. Beragam usaha dituntut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang kian beragam pula. Berkaitan dengan pembuatan kanopi, saat ini masyarakat khususnya penghuni rumah bersubsidi memiliki kecendrungan untuk menggunakan jasa pengelasan pembuatan kanopi dengan desain minimalis dan harga terjangkau.

Bengkel las adalah suatu usaha yang menyediakan jasa pengelasan berbagai jenis logam. Sedangkan pengertian pengelasan adalah suatu teknik penyambungan logam dengan cara mencairkan sebagian logam induk dan logam pengisi dengan atau tanpa tekanan dan dengan atau tanpa logam penambah dan menghasilkan sambungan yang kontinyu. Pengelasan juga biasa disebut dengan welding. Menjalankan usaha Bengkel Las untuk pembuatan kanopi cukup menjanjikan dan akan memberikan pendapatan serta keuntungan yang signifikan jika dikerjakan dengan serius, tekun, dan mau mendengarkan keinginan pelanggan (Berita Wirausaha, 2019).

Dengan meningkatnya jumlah pembangunan rumah yang dilakukan oleh pengembang perumahan menciptakan prospek bagi bengkel las, karena umumnya pembangunan rumah tidak termasuk sarana keamanan, seperti: pagar, teralis ataupun kanopi. Oleh karena itu, kompleks perumahan yang baru maupun yang sudah lama merupakan sasaran pemasaran pembuatan kanopi, dll (Klik Teknik.com, 2019).

Atas kebutuhan masyarakat tersebut, maka dianggap perlu untuk memberikan workshop perancangan dan pembuatan kanopi minimalis pada bengkel las agar mampu bersaing serta dapat memenuhi kebutuhan pasar. Bengkel las Karunia Makassar yang terletak di kelurahan manggala kecamatan manggala Kota Medan dipilih sebagai mitra dalam program ini.

Dari analisis situasi tim, maka langkah awal yang diambil sebelum pelaksanaan program tersebut adalah melakukan observasi guna inventarisasi kendala yang selama ini dirasakan oleh bengkel las Karunia. Secara umum permasalahan yang dialami mitra menurut pengamatan tim adalah adanya kesenjangan antara potensi demand (potensi permintaan) dan supply (penyediaan) dalam jasa pengelasan.

Jika ditinjau dari banyaknya perumahan bersubsidi yang belum memiliki canopy di sekitar lokasi mitra, maka potensi kebutuhan tersebut disinyalir tinggi namun masyarakat masih belum memperoleh penawaran yang sesuai utamanya dari aspek harga yang terjangkau. Sementara itu dari aspek penyediaan, disinyalir adanya ketidakefisienan dari sisi perancangan kanopi yang mempengaruhi produktivitas karena kurangnya kompetensi pekerja yang memahami pemanfaatan perangkat lunak seperti autocad untuk penggambaran model kanopi.

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan tambahan kompetensi kepada para pekerja dalam memanfaatkan aplikasi perancangan yang dapat mempermudah pekerjaan dan meningkatkan produktivitas. Selain itu, agar program memiliki dampak yang lebih signifikan, maka tim pengabdi berupaya untuk menjembatani mitra dengan masyarakat setempat khususnya para job seeker dalam upaya pengajaran keterampilan dalam membuat kanopi minimalis yang terjangkau dan tahan lama bagi masyarakat. Untuk dapat mencapai dua aspek tersebut maka kegiatan pengabdian ini akan dilaksanakan dalam bentuk workshop.

Metode

Metode pelaksanaan dilakukan secara terprogram dan bertahap sebagai berikut:

  1. Interaksi dengan Mitra Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian
    1. Identifikasi permasalahan yang dihadapi
    2. Pengumpulan data kelompok masyarakat tidak produktif
    3. Pembuatan kesepakatan kerjasama dengan mitra bengkel las karunia
  2. Tahapan Persiapan
    1. Penyusunan kelengkapan kegiatan workshop meliputi materi workshop, peralatan, dan dokumen
    2. Penentuan model pendampingan mitra, partisipasi mitra, evaluasi, dan model tindak lanjut dalam proses perancangan dan pembuatan kanopi minimalis yang terjangkau dan tahan lama
    3. Tahapan Pendampingan Mitra dalam Penyelesaian Masalah

Metode membekali pengetahuan tentang cara merancang dan membuat kanopi minimalis terjangkau dan tahan lama. Sasaran/ Peserta Kelompok masyarakat usia muda non produktif. Partisipasi Peserta Memahami materi, memberikan umpan balik, dan mengikuti tahapan evaluasi.

  1. Tahapan Evaluasi Peserta

Setelah pelaksanaan program pengabdian diadakan proses evaluasi untuk menggali pemahaman peserta workshop terhadap materi yang telah diperkenalkan oleh tim pengabdi. Adapun metode yang digunakan dalam proses evaluasi ini adalah tanya jawab yang akan disesuaikan dengan karakteristik peserta.

  1. Tahapan Tindak Lanjut

Merencanakan pelaksanaan program dengan topik yang sama namun dengan skala wilayah/ lokasi yang lebih besar yakni kelurahan, kecamatan, hingga kab/ kota agar semakin banyak masyarakat yang berminat mengembangkan kompetensinya serta mampu memiliki daya saing baik dari segi desain maupun pembuatan canopy minimalis yang tahan lama dan terjangkau.

Untuk jasa pembuatan gudang hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Jasa Pembuatan Gudang Untuk Penyimpanan Barang di Medan

STM Menyediakan Jasa Pemasangan Canopy
Keunggulan Aluminium Sinar Teknik Mandiri

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *