Info : Klik 6 Hal Sebelum Menyewa Jasa Kontraktor Rumah di Medan

https://cutt.us/WwM6m

Peralatan dan  Material Konstruksi

Peralatan

Dalam setiap pekerjaan proyek konstruksi selalu diperlukan peralatan guna mendukung kelancaran pembangunan tersebut. Pemilihan dan pemanfaatan peralatan harus sesuai dengan kebutuhan, ditinjau dari jenis, jumlah, kapasitas, maupun waktu yang tersedia. Demikian juga dengan cara penggunaannya, harus mengikuti prosedur pengoperasian dan perawatannya sesuai dengan fungsi masing-masing peralatan.

Adapun alat-alat yang dipergunakan pada proyek pembangunan Apartemen Taman Anggrek Residence untuk pekerjaan Pelat, Balok, Kolom, Shearwall, dan Corewall yaitu:

Theodolit

Alat ukur ini digunakan untuk menentukan as bangunan dan titik titik as kolom pada tiap tiap lantai bangunan agar bangunan yang dibuat tidak miring. Dalam penggunaannya alat ini dibantu oleh rambu ukur, yaitu alat bantu ukur berbahan aluminium yang diberi skala pembacaan.

Waterpass

Waterpass merupakan alat ukur yang digunakan untuk menentukan elevasi dari pelat lantai, balok, dan lain-lain yang membutuhkan elevasi berdasarkan ketinggian titik yang diketahui. Alat ini digunakan untuk mengecek ketebalan lantai saat pengecoran, sehingga lantai yang dihasilkan dapat datar. Selain itu juga dapat digunakan untuk membuat marking pada kolom.

Bar Cutter

Bar Cutter digunakan untuk memotong baja tulangan sesuai dengan kebutuhan panjang dari baja tulangan itu sendiri. Cara kerja dari bar cutter ini yaitu dengan menggunakan tenaga listrik, dan membutuhkan dua orang pekerja, dimana seorang pekerja mengarahkan posisi besi, dan seorang lagi mengoperasikan bar cutter.

Bar Bender

Bar Bender digunakan untuk membengkokkan baja tulangan sesuai dengan peruntukkan, seperti pembengkokkan sengkang, pembengkokkan pada sambungan / overlap tulangan kolom, balok, plat, dan dinding geser. Alat ini bekerja dengan menggunakan daya listrikdan memakai sistem hidrolis, sehingga dapat dengan mudah membengkokkan besi baja

Trafo Las

Alat ini digunakan untuk mengelas (menyambung) baja tulangan dengan baja tulangan yang lain. Alat ini bekerja dengan bantuan listrik.

Bekisting

Bekisting dipasang pada saat sebelum pengecoran. Bekisting berfungsi untuk menampung dan membentuk beton sesuai dengan bentuk yang telah di desain. Sebelum dipasang, bagian permukaan ratanya diberi cairan pelumas supaya pada saat pelepasan, beton tidak akan menempel pada bekisting. Bekisting yang digunakan pada proyek Taman Anggrek Residences ini milik PT. Pulauintan Bajaperkasa Konstruksi.

Bahan yang digunakan :

  1. Plywood untuk plat dan balok dengan ukuran 15
  2. Plywood untuk kolom dan shear wall dengan ukuran 18

Umur pemakaian :

  1. Kolom dan sher wall digunakan 3 sampai 4 kali
  2. Plat dan balok digunakan 4 sampai 5 kali

Scaffolding

Alat ini digunakan untuk penyangga, biasanya digunakan untuk menyangga bekisting pada saat pengecoran plat lantai dan balok. Dan juga dapat di fungsikan sebagai tangga. Tinggi rendah dari scaffolding dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Satu set scaffolding terdiri dari :

  1. Main Frame yang merupakan penyangga utama, berfungsi memikul beban yang diterima dari bekisting.
  2. U Head Jack, adalah bagian yang dipasang pada bagian paling atas dari Main Frame sebagai tempat untuk meletakkan Horry
  3. Base Plat adalah bagian yang dipasang pada bagian paling bawah dari Main Frame sebagai alat untuk menyalurkan beban dari Main Frame ke tanah atau pelat lantai di bawahnya.

Besi Penyangga (Pipe Support)

Tiang penyangga adalah tiang yang dipasang segera setelah scaffolding pada pengecoran pelat dibuka. Tiang penyangga ini dipasang karena beton belum mencapai kekuatan yang diharapkan sedangkan diatasnya sudah akan dipasang scaffolding dan bekisting untuk pengecoran lantai berikutnya. Tiang penyangga ini dipasang pada jarak tertentu dan dilepas setelah beton berumur 28 hari.

Kompressor Udara (Air Compressor)

Digunakan untuk pekerjaan pembersihan, diantaranya : bekisting yang akan dicor dibersihkan dari debu debu yang menempel supaya pada saat pengecoran diharapkan mutu dan kulitas beton tidak terganggu.

Vibrator

Alat ini digunakan untuk memadatkan beton pada saat pengecoran supaya tidak ada rongga-rongga udara yang ada di dalamnya dan meratakan adukan agar menyebar ke segala arah. Terdiri dari ujung penggetar dan kabel penghubung dengan mesin diesel. Cara kerjanya dengan menggetarkan ujung getar lalu di masukkan dalam adonan beton hingga ke sela-sela bekisting dan tulangan sesaat setelah dilakukan pengecoran.

Concrete Bucket

Alat ini digunakan untuk menampung ready mix yang berada di truck mixer, kemudian diangkut oleh tower crane untuk dibawa ke lokasi pengecoran. Dalam pengerjaannya, dibutuhkan satu orang sebagai operator concrete bucket yang bertugas untuk membuka atau mengunci agar beton tidak tumpah saat dibawa ke area pengecoran. Kapasitas dari concrete bucket itu sendiri yaitu 0,8 m3. Alat ini biasa digunakan untuk pekerjaan pengecoran pada kolom, shear wall, dan core wall.

Dalam menunjang kerja dari concrete bucket sendiri, digunakan pipa tremie. Pipa Tremie adalah pipa yang digunakan untuk mengatur tinggi jatuh beton pada saat pengecoran. Alat ini dipasang pada ujung bawah concrete bucket. Usahakan beton yang keluar dari ujung pipa tremie sedekat mungkin dengan permukaan beton lama, agar agregat kasar tidak terlepas dari adukan beton.

Concrete Pump

Alat ini digunakan untuk mengecor, dimana lokasi yang akan dicor tersebut jauh atau berada pada ketinggian tertentu. Alat ini dilengkapi dengan pipa-pipa yang dapat disambung sehingga campuran beton dapat menuju ke lokasi yang akan di cor. Cara kerja alat ini yaitu dengan cara memberikan tekanan udara ke pipa yang akan dimasukkan campuran beton, sehingga adukan dapat sampai ke lokasi pengecoran. Pada Proyek Taman Anggrek Residences pengadaan concrete pump truck menjadi tanggung jawab penyedia ready mix. Concrete pump truck biasanya digunakan untuk pengecoran lantai atau slab, alat ini mempunyai kapasitas pengecoran ±25 m3 per jam. Keberadaan alat ini pun menjadi salah satu hal yang penting dalam berjalannya suatu proyek mengingat fungsi dari concrete pump truck adalah sebagai pemompa cor, sehingga apabila alat ini mengalami kerusakan akan menyebabkan schedule pekerjaan menjadi terlambat.

Untuk jasa sipil hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik 6 Hal Sebelum Menyewa Jasa Kontraktor Rumah di Medan

Jenis-Jenis Alat Berat Proyek Konstruksi
Material Konstruksi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *