“Pentingnya Estimasi Biaya Konstruksi Akurat Dan Tepat di Medan

Info : Klik Pentingnya Estimasi Biaya Konstruksi Akurat Dan Tepat di Medan
https://cutt.us/mUOxd

Material Konstruksi

Material yang digunakan dalam proyek pembangunan Taman Anggrek Residences diantaranya beton ready mix, besi tulangan, lem beton/calbond, compond, beton decking, kawat bendrat.

Ready Mix Concrete

Mutu beton yang digunakan yaitu beton Fc 55 dan Fc 40. Beton Fc 55 digunakan untuk kolom dan shearwall. Sedangkan beton Fc 40 digunakan untuk pelat dan balok.

Sebelum beton di datangkan ke lokasi proyek, beton di buat terlebih dahuludi batching plant. Di batching plant, beton di buat dengan campuran material berupa semen, agregat kasar (split), pasir, air, dan zat adiktif. Bahan adiktif yang biasa digunakan yaitu Fly-Ash atau abu terbang yang merupakan sisa-sisa dari pembakaran batu bara yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan tarik dan tekan.

Setelah diproduksi di batching plant, beton ready mix dikirimkan ke lokasi proyek dengan menggunakan mixer truck. Setelah mixer truck tiba di lokasi proyek, dilakukan uji slump terlebih dahulu untuk mengetahui kadar air beton yang berhubungan dengan mutu beton itu sendiri.

Baja Tulangan

Material ini memegang peranan penting dalam menentukan kualitas kekuatan struktur gedung. Fungsi utama baja tulangan dalam beton adalah menahan gaya tarik. Pada proyek Taman Anggrek Residences menggunakan tulangan D10, D16, D22, D25, D29, D32.

Lem Beton/Calbond

Merupakan material bangunan yang berfungsi untuk merekatkan beton lama dengan yang baru. Dengan menggunakan calbond maka dapat menghindari terjadinya keretakan yang rawan terjadi pada pertemuan antara beton lama dengan beton baru.

Compond

Merupakan cairan yang digunakan untuk perawatan dan perlindungan beton yang menghambat proses penguapan air pada beton basah. Pada proyek Taman Anggrek Residences, semua balok, kolom, shearwall dan corewall yang telah di cor dan di lepas dari bekisting akan diberikan perawatan curing compound dengan cara di roll pada seluruh permukaannya.

Beton Decking

Decking digunakan sebagai pengatur ketebalan selimut beton antara bekisting dengan tulangan. Terdapat 2 jenis decking, yaitu plastic decking yang terbuat dari bahan plastic dengan ketebalan 3,5 cm dan decking yang terbuat dari campuran beton berbentuk silinder dengan diameter 10 cm dan ketebalannya menyesuaikan dengan ukuran selimut beton sesuai dengan perencanaan.

Beton decking berfungsi untuk menjaga tulangan agar sesuai dengan posisi yang diinginkan. Bisa dibilang berfungsi untuk membuat selimut beton sehingga besi tulangan akan selalu diselimuti beton yang cukup, sehingga didapatkan kekuatan maksimal dari bangunan yang dibuat. Selain itu, selimut beton juga menjaga agar tulangan pada beton tidak berkarat (korosi).

Kawat Bendrat

Material berfungsi sebagai pengikat antar baja tulangan agar dapat membentuk struktur seperti yang dikehendaki. Kawat bendrat yang digunakan berdiameter 1 mm dan dalam penggunaannya digunakan tiga lapus kawat agar lebih kuat dalam mengikatkan baja tulangan. Agar baja tulangan saling terikat dengan kuat maka kawat bendrat yang digunakan harus dengan kualitas yang baik dan tidak mudah putus.

Alat Pendukung

Disamping alat tersebut diatas, untuk kelancaran pekerjaan digunakan pula alat bantu konvensional lainnya, seperti:

  1. Helm Safety
  2. Sepatu Safety
  3. Meteran
  4. Kakatua / Gegep
  5. Tang / Pemotong
  6. Selang Plastik
  7. Stop Kontak
  8. Palu
  9. Dan lain-lain

Untuk jasa kontraktor hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Penting Mengenal Konsultan Perencana Konstruksi Lebih Dekat di Medan

Peralatan dan  Material Konstruksi
Alasan Orang Memilih Kusen Aluminium

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *