“Harga Jendela Aluminium Min di Medan

Info : Klik Harga Jendela Aluminium Min {Terbaik|Termurah|Terpercaya|Murah|} { di Medan| di Sumatera Utara | di Kota Medan | di Sumut|}

Harga

Kelebihan Material Berbahan Aluminium

Pelapis Anti Karat

Aluminium secara alami dapat menghasilkan oksida yang dapat melindungi terhadap korosi (berkarat). Karena kemampuannya ini aluminium sering dijadikan sebagai logam pelapis logam seperti pada proses electroplating.

Daur Ulang Sempurna

Ini dia yang ajaib dari logam aluminium. Logam ini dapat di daur ulang 100% dengan hasil yang sama dengan sebelumnya. Tidak ada penurunan kualitas atau perubahan sifat sedikitpun. Energi yang diperlukan juga tidak terlalu besar karena titik lelehnya yang cukup  rendah

Penghantar Listrik yang Baik

Manfaat logam aluminium memang luar biasa. Aluminium merupakan logam penghantar listrik dan panas yang sangat baik. Salah satu keunggulan yang dimilikinya dibandingkan dengan konduktor lainnya (tembaga) adalah beratnya yang bisa hanya setengahnya. Alasan itulah yang menjadikannya pilihan pertama bahan pembuatan kabel untuk instalasi listrik.

Ulet dan Elastis

Logam berlambang Al ini punya sifat ulet dan elastis. Bagusnya, ia punya titik didih yang rendah sehingga tidak butuh banyak energi untuk membentuknya ulang. Logam ini mudah dicairkan dan mudah dibentuk sesuai kebutuhan.

Kedap Air

Sobat pernah mengamati ibu dirumah yang memanggang makanan menggunakan aluminium foil? perhatikan bahwa lembaran yang terbuat dari alumunium tersebut tidak mudah basah, sangat tipis, dan tidak mudah ditembus oleh bau masakan. Alumunium foil ini membantu menjaga aroma tidak bocor dan gizi makanan tidak banyak yang hilang. Sobat kenal dengan yang namanya tawas? Tawas adalah senyawa penting aluminium yang punya rumus kimia KAl(SO4)2. Tawa ini berguna untuk mengendapkan kotoran yang ada di air. Tawas inilah yang sering sobat lihat digunakan untuk membersihkan kolam renang.

Cara memperoleh:

Aluminium sebagian besar didapat dengan proses yang disebut proses Hall-Heroult. Awalnya Al2O3 yang berasal dari bauksit dipanaskan hingga melelh dengan kriolit NA3ALF6 cair yang berfungsi sebagai lektrolit. Setelah itu lelehan tersebut dielektrolisis dengan elektroda grafit. Fungsi dari kriolit cair ini adalah untuk melarutkan AL2O3 dan meningkatkan konduktivitas sel sehingga bisa mengantarkan listrik dan panas lebih baik. Berikut tahapan lengkapnya:

Baca Juga :  Harga Pintu Aluminium di Medan

Prinsip dalam proses Hall-Heroult ada dua tahapan utama. Yang pertama adalah pemurnian Al2O3 dari bauksi dan proses utama berikutnya dalah elektrolisis Al2O3 dengan elektrolit kriolit untuk mendapatkan logam aluminium murni.

Pemurnian Al2O3 dari Bauksit

Ke dalam padatan bauksit ditambahkan larutan pekat basa kuat NaOH. Basa ini berfungsi untuk melarutkan Al2O3, sedangkan zat lainnya tidak larut. Reaksinya

Al2O3 (s) + 2NaOH (aq) + 3H2O(l) —> 2NaAl(OH)4(aq)

Selanjutnyalarutan  NaAl(OH)4 diendapkan dengan mengalirkan gas CO2 hingga didapat endapan aluminium hidroksida

2NaAl(OH)4(aq) + CO2(g) —> 2Al(OH)3(s) + Na2CO3(aq) + H2O(l)

Al(OH)3 yang terbentuk kemudian di saring dan dipanaskan hingga di dapat aluminium murni

2Al(OH)3(s) —> Al2O3(s) + 3H2O(g)

 

Elektrolisis Al2O3 dengan elektrolit Kriolit Cair

Al2O3 dilarutkan dalam kriolit cair, kemudaian dilakukukan elektrolisis dengan menggunakan elektroda grafit. Elektroda grafit yang dipakai berupa bejana tempat dilarutkannya aluminium oksida dengan  kriolit cair. Reaksi elektrolisis yang terjadi :

Oksigen harsil reaksi di atas bisa berekaksi dengan anode yang merupakan karbon membentuk karbon monoksida dan karbon dioksida. Hal ini menyebabkan karbon (anode) semakin lama akan semakin berkurang dan ketika habis harus diganti agar proses elektrolisis bisa terus berlangsung.

Sifat Kimia Dan Sifat Fisika Aluminium

Sifat Fisika

Aluminium memiliki sifat fisika seperti yang ditunjukkan pada Tabel berikut:

NO Sifat Nilai
1 Jari-jari atom
2 Volume atom 10 cm/gr.atm
3 Density (660oC) 2,368 gr/cm3
4 Density ( 20oC) 2,6989 gr/cm3
5 Potensial elektroda (25 oC) -1,67 volt
6 Kapasitas panas (25oC) 5,38 cal/mol oC
7 Panas pembakaran 399 cal/gr mol
8 Tensile strength 700 MPa
9 Kekerasan brinnel 12-16 skala mehs
10 Hantaran panas (25oC) 0,49 cal/det oC
11 Valensi 3
12 Kekentalan (700oC) 0,0127 poise
13 Panas peleburan 94,6 cal/gr
14 Panas uap 200 cal/gr
15 Massa atom 26,98
16 Titik lebur 660oC
17 Titik didih 2452oC
18 Tegangan permukaan 900 dyne/cm
19 Tegangan tarik 4,76 kg/mm
Baca Juga :  Jual Rangka Aluminium di Medan

Sifat Kimia

Aluminium mempunyai nomor atom 13, dan massa atom relatif 26,98. Aluminium juga bersifat amfoter. Ini dapat ditunjukkan pada reaksi sebagai berikut:

  1. Al2O3 +    3H2SO4 Al2(SO)3 +      3H2O
  2. Al2O3 +    6NaOH            2Na3AlO2 +      6H2O

v Aluminium merupakan unsur yang sangat reaktif sehingga mudah teroksidasi. Karena sifat kereaktifannya maka Aluminium tidak ditemukan di alam dalam bentuk unsur melainkan dalam bentuk senyawa baik dalam bentuk oksida Alumina maupun Silikon.

v Sifat-sifat Aluminium yang lebih unggul bila dibandingkan dengan logam lain adalah sebagai berikut:

o     Ringan

Massa jenis Aluminium pada suhu kamar (29oC) sekitar 2,7 gr/cm3.

o     Kuat

Aluminium memiliki daya renggang 8 kg/mm3, tetapi daya ini dapat berubah menjadi lebih kuat dua kali lipat apabila Aluminium tersebut dikenakan proses pencairan atau roling. Aluminium juga menjadi lebih kuat dengan ditambahkan unsur-unsur lain seperti Mg, Zn, Mn, Si.

o     Ketahanan Terhadap Korosi

Aluminium mengalami korosi dengan membentuk lapisan oksida yang tipis dimana sangat keras dan pada lapisan ini dapat mencegah karat pada Aluminium yang berada di bawahnya. Dengan demikian logam Aluminium adalah logam yang mempunyai daya tahan korosi yang lebih baik dibandingkan dengan besi dan baja lainnya.

o     Daya Hantar Listrik Yang Baik

Aluminium adalah logam yang paling ekonomis sebagai penghantar listrik karena massa jenisnya  dari massa jenis tembaga, dimana kapasitas arus dari Aluminium kira-kira dua kali lipat dari kapasitas arus pada tembaga.

o     Anti Magnetis

Aluminium adalah logam yang anti magnetis.

o     Toksifitas

Aluminium adalah logam yang tidak beracun dan tidak berbau.

o     Kemudahan dalam proses

Aluminium mempunyai sifat yang baik untuk proses mekanik dari kemampuan perpanjangannya, hal ini dapat dilihat dari proses penuangan, pemotongan, pembengkokan, ekstrusi dan penempaan Aluminium

o     Sifat dapat dipakai kembali

Aluminium mempunyai titik lebur yang rendah, oleh karena itu kita dapat memperoleh kembali logam Aluminium dari scrap.

Untuk pemesanan jendela aluminium hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Harga Jendela Aluminium Min di Medan

Alasan Orang Memilih Kusen Aluminium
Pengerolan Teralis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *