“Harga Rak Besi di Medan

Info : Klik Harga Rak Besi {Terbaik|Termurah|Terpercaya|Murah|} { di Medan| di Sumatera Utara | di Kota Medan | di Sumut|}

Harga

Desain Motif Teralis Pintu dan Jendela

Teralis pintu dan jendela banyak dipasang di berbagai jenis bangunan secara permanen. Karena adanya teralis, pintu dan jendela menjadi lebih kuat terhadap benturan, nampak lebih tebal, dan menjadi tahan terhadap dorongan. Namun seiring dengan perkembangan jaman, saat ini teralis pintu dan jendela berfungsi sebagai hiasan rumah.

Oleh karena itu fungsi teralis pintu dan jendela berubah dari kebutuhan rasa aman meningkat menjadi kebutuhan akan keindahan. Karena manusia melakukan perlakuan terhadap rumahnya yang memberikan ciri-ciri tertentu sesuai dengan keinginannya. Selain rumah sebagai tempat tinggal secara menyeluruh dapat memberikan kepuasan pribadi.

Dari fungsi teralis pintu dan jendela sebagai hiasan rumah maka diperlukan perencanaan pemasangan sejak awal. Karena pada umumnya perencanaan pemasangan teralis pintu dan jendela merupakan perencanaan tahap akhir. Dalam hal ini perencanaan perlu juga diperhatikan beberapa aspek agar pengaplikasiannya tidak memperburuk kesan terhadap hunian. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pemilihan motif. Karena menambahkan desain teralis pintu dan jendela tidak hanya mengutamakan aspek fungsional namun juga mempertimbangkan aspek keindahan.

Motif teralis pintu dan jendela saat ini yang paling popular yaitu motif desain rumah minimalis. Motif ini dirancang begitu sempurna tanpa lekukan-lekukan yang rumit dan hanya mengandung satu bentuk geometri dasar seperti segiempat saja. Hal ini menunjukkan bahwa desain dan jenis modelnya yang telah dibuat masih terbatas. Namun apabila dilihat dari tampilan teralis pintu dan jendela yang diinginkan sudah terdapat unsur keindahan dan menarik Meskipun dalam pola penataan segi empat bagian dalam bingkai masih belum memenuhi konsep-konsep geometri.

Terlihat bahwa bentuk model dan desainya masih monoton yaitu keberulangan sama bentuk seperti segiempat saja dan juga belum memiliki pola penataan yang teratur. Oleh karena itu perlu dikembangkan motif teralis pintu dan jendela diantaranya lengkung, goemetri dasar (segitiga, segiempat, segibanyak, lingkaran atau elips) yang memiliki sifat kesimetrian, kekongruenan, keseimbangan, bertingkat dan beragam arah.

Keseimbangan, Konsep Kesebangunan dan Kekongruenan

Keseimbangan bidang ialah cara mengatur beberapa benda atau bidang dalam satu bidang kertas gambar yang hasilnya serasi dan harmonis. Benda – benda yang kongruen adalah benda- benda yang mempunyai ukuran dan bentuk yang sama. Sedangkan benda- benda yang sebangun adalah benda – benda yang mempunyai bentuk yang sama tetapi memiliki ukuran yang berbeda dengan syarat tertentu.

Syarat dua bangun dikatakan kongruen adalah:

  1. mempunyai bentuk yang sama
  2. mempunyai sisi – sisi yang bersesuaian sama panjang
  3. mempunyai sudut – sudut yang bersesuaian sama besar

Syarat dua bangun dikatakan sebangun adalah :

  1. mempunyai sudut – sudut yang bersesuaian sama besar pada kedua bangun datar
  2. mempunyai perbandingan sisi – sisi yang bersesuaian pada kedua bangu datar Dua bangun jika tidak memenuhi syarat diatas maka dikatakan tidak sebangun dan tidak

Hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Harga Pintu Besi Minimalis di Medan

Konsep Pembuatan Rak Multifungsi
Ragam Tangga 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *