“Harga Pintu Teralis Besi di Medan

Info : Klik Harga Pintu Teralis Besi {Terbaik|Termurah|Terpercaya|Murah|} { di Medan| di Sumatera Utara | di Kota Medan | di Sumut|}

Harga

Alat dan Mesin Mengerol

Hal ini dilakukan karena pada saat proses pengerjaan akan banyak sekali proses yang dikerjakan. Proses pengerjaan ini berbeda – bedan dan menggunakan alat – alat berbeda – beda pula, seperti pemotongan bahan dasar. Untuk itu sebelum mulai mengerjakan pembuatan tabung sebaiknya kita mengetahui alat – alat apa yang harus disiapkan. Untuk kelancaran dalam pembuatan proses pengerjaan dan hasil pekerjaan sesuai yang diharapkan. Alat yang digunakan pada proses pengerjaan tabung pada mesin pengering palawija sebagai berikut :

a) Mistar Gulung Mistar gulung adalah alat untuk mengukur benda yang panjang, yang tidak dapat diukur dengan mistar baja. Mistar gulung ini di buat dari baja yang tipis daripada mistar baja. Cara menggunakan mistar ini adalah dengan menekan mistar itu saja. Mistar gulung ini sifatnya lemas atau lentur sehingga dapat untuk mengukur bagian – bagian yang cembung dan yang menyudut. Sepanjang mistar ini terdapat ukuran – ukuran ( skala ) baik ukuran inchi maupun ukuran sentimeter. Panjang mistar gulung ini bermacam – macam ada yang 1 meter dan ada juga yang 20 – 30 meter ( Daryanto, 1998 : 2 ). Dalam pelaksanaan pembuatan tabung digunakan mistar gulung dengan alasan karena penggunaannya lebih praktis daripada mistar baja. Mistar gulung ini sangat efisien dalam mengukur silinder tabung.

b) Penggaris Siku Penggaris siku merupakan alat bantu yang sangat penting dalam menggambar dan menandai terutama pada bahan plat siku. Penggaris siku merupakan peralatan yang berfungsi sebagai : 1) Peralatan bantu dalam membuat garis pada benda kerja. 2) Peralatan pemeriksaan kelurusan suatu benda. 3) Peralatan untuk mengukur kesikuan suatu benda. 4) Peralatan untuk memeriksa kesejajaran benda. 5) Peralatan untuk mengukur panjang benda.

Agar diperoleh hasil pengukuran yang baik. Maka langkah – langkah yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan penyiku adalah : 1. Membersihkan benda kerja dari beram dan kotoran lainnya. 9 2. membersihkan bilah baja dan permukaan benda kerjanya dengan menggunakan kain yang bersih dan kering. 3. Pengukuran harus menghadap pada daerah yang terang, sehingga permukaan benda kerja benar – benar lurus, siku dan rata.

Baca Juga :  Kami Menjual Pintu Besi Teralis

Penggores Penggores merupakan salah satu alat untuk menggambari pada benda kerja. Penggores dibuat dari baja karbon tinggi yang dikeraskan 10 dan ditemper (disepuh), bagian tengahnya di kartel (diberi guratan) untukpemegang agar tidak terlalu halus. Kedua ujung yang di lancip pada penggores dibuat dengan sudut kira – kira 15° – 30°, pengesahan atau menajamkan kedua ujung penggores dapat dilakukan pada mesin gerinda. Pada waktu menggores posisi penggores miring ke samping arah keluar dengan sudut kurang dari 90° (Daryanto, 1988: 72 – 73).

Penitik

Penitik bentuknya sama dengan penggores hanya diameter batang lebih besar, salah satu ujungnya dibuat runcing dan ujung yang lain dibuat rata untuk tempat dudukan palu pemukul. Guna alat ini untuk membuat tanda-tanda batas pengerjaan pada benda yang akan dikerjakan. Cara menggunakannya alat ini kita pegang dengan tangan kiri lalu dangan kedudukan agak miring ujung penitik kita tempatkan pada garis gambar yang telah dibuat dengan penggores (Daryanto, 1988: 78).

Mesin gerindra Mesin gerinda dalam kerja bangku maupun kerja mesin berfungsi antara lain sebagai berikut: 1. Membuang bahan yang tidak berguna atau berlebih pada benda benda kerja. 2. Mengasah atau membentuk sudut-sudut mata potong pada / perkakas potong, seperti mata bor, pisau frais, pahat bubut, reamer dan lain sebagainnya. 3. Menghasilkan permukaan potong dengan kehalusan tinggi. 4. Memotong benda kerja yang mempunyai kekerasan yang tinggi dimana mesin-mesin lainnya tidak dapat melakukanya.

Dalam kerja bangku maupun kerja mesin, mesin gerinda bisa dapat dibagi menjadi beberapa jenis diantarannya sebagai berikut: 1) Mesin gerinda tangan Mesin gerinda merupakan alat yang digunakan untuk mengurangi volume bahan dengan menggunakan prinsip gesekan 13 antara batu gerinda dan benda kerja. Jenis mesin gerinda tangan ini hanya khusus digunakan untuk menggerinda bahan-bahan atau benda kerja. Tujuan mesin gerinda yaitu meratakan dan menghaluskan permukaan bahan yang tidak dapat dilakukan mesin gerinda lainnya. Bahan yang digerinda tidak dapat dipindah tempatkan. Dengan kata lain mesin ini praktis dapat dibawa kemana-mana karena bentuknya yang kecil. Mesin gerinda ini dapat melakukan penggerindaan dengan berbagai macam posisi sesuai dengan tuntutan kerumitan dari bentuk bahan yang digerinda.

Baca Juga :  Alasan Gunakan Pintu Besi

Gerindra tangan 2) Mesin gerinda potong Mesin gerinda potong berfungsi untuk memotong benda kerja yang terbuat dari logam, sehingga proses pemotongan menjadi lebih cepat dengan jumlah yang banyak. Pada proses pembuatan rangka, dilakukan proses penggerindaan hal ini dilakukan guna memperoleh ukuran, kerataan. Penggerindaan dapat dilakukan pada awal proses pembentukan. Pekerjaan menggerinda dengan 14 tujuan memperoleh kerataan atau penghalusan permukaan benda kerja.

Gerindra Potongmmmmmmm g) Mesin Bor Salah satu alat yang sangat penting dan sangat banyak digunakan dalam bengkel kerja bangku dan kerja mesin adalah mesin bor. Kegunakaan mesin bor adalah untuk membuat lubang menggunakan perkakas bantu yang disebut mata bor. Hampir semua mesin bor sama proses kerjanya yaitu poros utama mesin berputar dengan sendirinya, mata bor akan ikut berputar. Mata bor yang berputar akan dapat melakukan pemotongan terhadap benda kerja yang dijepit pada ragum mesin.

Pada umumnya jenis bor yang digunakan pada bengkel kerja bangku maupun kerja mesin adalah mesin bor tangan, mesin bor meja, mesin bor lantai dan mesin bor radial. Pemilihan mesin bor tergantung dari jenis pekerjaan yang akan dilakukan. Berikut adalah macam-macam bor yang digunakan dalam pembuatan lubang yaitu :

Mesin Bor Meja Dinamakan mesin bor meja, karena mesin bor ini ditempatkan pada meja kerja. Mesin bor ini dapat dipakai untuk membuat lubang diameter lebih besar dari lubang yang dibuat bor tangan. Konstruksinya juga lebih kompleks dibanding dengan mesin bor tangan. Kapasitas mesin bor meja adalah 13 milimeter, artinya mesin ini chucknya dapat menjepit mata bor diameter 13 milimeter. Mesin bor ini dilengkapi dengan meja tempat dudukan ragum mesin atau tempat menjepit benda kerja yang akan dibor. Mesin bor ini digerakkan oleh motor listrik, dimana putaran yang dihasilkan oleh motor listrik menggunakan pulley dipindah ke poros utama motor. Karena mesin ini dilengkapi dengan cara bertingkat, maka putaran yang dihasilkan motor dapat diperbesar atau diperkecil sesuai dengan kebutuhan.

 

Untuk pemesanan teralis pintu hubungi kami di Wa 08126067928

Info Lainnya : Klik Harga Pintu Teralis Besi di Medan

 Jenis-Jenis Pintu Pagar
Sifat dan Struktur Kaca

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *