Jual Plat Boiler di Medan

Supplier Besi Baja di Medan, – Jual Plat Boiler , Jual Besi Hbeam – Besi Wf- Besi Pipa – Besi Cnp – Besi Unp – Besi Siku – Besi Wiremesh – Besi Kanal C & U – Baja Ringan – Besi Nako – Besi Ulir – Besi Cakar Ayam – Besi Bulat – Besi Assental TerLengkap – Termurah – Terpercaya Di Medan. -> Hubungi kami di Wa 08126067928.
Info : Klik Jual Plat Boiler di Medan

Jual

Jual Plat Boiler di Medan

Gambaran Boiler Secara Umum

Pada umumnya  boiler yang kita  kenal  ada  dua jenis yaitu Water tube boiler dan Fire tube boiler. Namun sebenarnya masih ada beberapa jenis Boiler antara lain packaged boiler, stoker fire boiler, waste heat boiler dan lain sebagainya.

Water Tube Boiler

Boiler ini sering kita sebut boiler lorong air, yaitu air dialirkan melalui pipa – pipa /tube dan dipanaskan pada luar pipa.

Komponen – Komponen Water Tube Boiler

Ruang pembakaran (burner)

Adalah ruang tempat yang didisain dengan baja dan dilapisi dinding batu tahan panas atau dengan balutan semen api yang berfungsi untuk melokalisir gas panas yang dihasilkan oleh pembakaran. dari burner. Panas dari suatu pembakaran yang sempurna ini akan memanaskan pipa pipa yang telah dialiri oleh air secara sirkulasi .

Water Drum

Pada Water tube boiler memiliki water drum yang berfungsi untuk menampung air distribusi yang nantinya akan mengalir secara terus menerus dan akan mengalir ke atas setelah mencapai panas dan uap air. Posisi water drum pada bagian bawah. Pada water drum ini sangat sensitif terhadap mutu air, mutu air yang tidak standar akan membentuk enadapan lumpur yang nantinya akan timbul korosi .

Steam Drum

Steam Drum berfungsi sebagai penampung uap air sebelum uap air didis- tribusikan, dimana air yang telah mencapai titik panas dan titik uap akan mesuk ke tampungan steam yang nantinya akan dihasilkan uap air yang sudah sesuai dengan standar uap air yang akan digunakan. Pemanasan dan aliran air umpan yang terjadi secara terus menerus secara bersamaan akan menghasilkan uap air secara terus menerus. Apabila terjadi tidak  keseimbangan antara pemanasan dan suplai ai akan berakibat rusaknya tube dan hasil steam yang tidak sempurna.

Baca Juga :  Kegunaan Plat Bordes

Baffte Plate

Baffle Plate adalah Plat penghalang yang berfungsi memisahkan Foaming yang disebabkan oleh mutu air yang tidak baik. Foaming biasanya disebabkan oleh kandungan ditergen, oli atau zat lain yang bisa menimbulkan busa. Baffle plat ini akan menahan busa agar tidak bercampur dengan steam, busa akan ditahan dan buang secara otomatik oleh water trap.

Dearator

Dearator berfungsi untuk menghilangkan Oksigen yang terkandung dalam uap air. Oksigen yang terbawa oleh uap air akan berakibat terjadinya korosi pada pipa pipa distribusi dan oksigen juga bisa berfungsi sebagai pendinggin yang tidak diharapkan oleh mutu uap air.

Dryer

Dryer berfungsi untuk memisahkan air dengan uap murni hal ini untukmenghasilkan uap air dengan kadar air rendah. Cara kerja Dryer sama seperti Sparator yaitu memisahkan Uap air dengan ai

Betuk lain Water Tube Boiler

Pada umumnya water tube boiler adalah boiler berkapacitas besar yaitu 10 s/d 50 Ton . Dan banyak dipergunakan untuk area perkebunan, pada boiler ini pembakaran sangat sempurna dan biasanya pada cerobong panas yang terbuang bisa untuk memanaskan air umpan. (super heater). Pada kalangan industri kecil Yang mengunakan energi uap dalam sekala kecil seperti rumah sakit yang memanfaatkan uap air untuk laundry dan masak makanan. Water tube boiler ada yang berkapasitas 1 s/d 3 ton dan yang menegah dengan capasitas 5 ton.

Fire Tube Boiler

Pada Fire Tube Boiler sering kita sebut juga dengan istilah Boiler lorong api yaitu dimana aliran panas api melalui lorong – lorong tube atau pipa. Pada boiler ini konstruksinya lebih sederhana .

Komponen Komponen Fire Tube Boiler

Ruang pembakaran

Pada Fire Tube Boiler panas yang didapat akan dialirkan melalui pipa / Tube yang nantinya akan memanaskan air yang berada pada badan boiler. Burner akan memancarkan panas dan akan dialirkan uap panas tersebut untuk pemanasan padaruangan pembakaran ini tebuat dari plat baja tebal dan terlapis oleh semen tahan api.

Burner

Adalah komponen yang berfungsi untuk melakukan aksi pembakaran didalam furnace. Bahan bakar yang tercampur dengan udara dari force draft fan akan terbakar bersama didaam funace.alat yang berfungsi sebagai pembakar disebut oil Gun burner.

Forked Draft Fan

Baca Juga :  Apa itu Twist drill?

Adalah Blower yang berfungsi untuk benghembuskan udara. Forked draft Fan akan memutar sebelum tejadi proses pembakaran  pada burner. Hal ini berfungsi sebagai pembersih sisa – sisa pembakaran, apabila sisa – sisa pembakaran tidak besih bisa berakibat proses pembakaran tidak sempurna.

Water Control Gauge Column

Berfungsi sebagai pengontrol level air yang berada didalam ketel. Alat ini terbuat dari kaca transparan tahan panas.

Control Panel

Yaitu tempat kontrol semua systim / instrument listrik. Pada umunya Control panel terpisah dengan boiler, tetapi letak dan jaraknya tidak jauh atau masih dalam jangkauan sang operator

Handrail

Berfungsi sebagai pengaman saat    ada    pengoperasian    dan maintenance pada boiler bagian atas.

Chemical Feeder

Sebagai pencampur chemical untuk mempertahan kondisi air umpan boiler .

Pada  dasarnya  pencampuran  chemical  harus  benar –   benar tercampur secara sempurna untuk menghindari terjadinya jelagah dan pembusaan. Pada pencam-puran chimical dilakukan dengan takaran dan komposisi yang tepat yaitu di inject dossing pump.

Tube.

Sebagai lorong penghantar panas / lorong api . tube / pipa terbuat dari bahan carbon yang mempunyai ketahanan terhadap panas tinggi. Pada umumnya dipakai ukuran 50 mm, 60 mm pada diameter dalam tube tersebut. Ada dua jenis tube yaitu berbentuk polos dan spiral. Pada bentuk spriral akan lebih efectif dalam perpindahan panas, tapi untuk tube jenis ini sangat mahal dan tidak efektif dalam maintenance. Karena bentuknya spiral sering celah spiral susuh untuk dibersihkan.

Alat Pelengkap Boiler

Dilihat dari segi bahayanya boiler termasuk memiliki tingkat bahaya yang sangat

tinggi. Namun pada akhir – akhir ini berkat kemajuan bahan baku serta teknik rancangan, pengontrolan dan pengendalian, kecelakaan yang serius dan membahayakan jiwa manusia semakin berkurang.

Dari beberapa kasus kecelakaan ketel uap disebabkan oleh tidak berfungsinya alat pengendalian otomatis yang seharusnya sebagai kontrol pengoperasian boiler. Untuk mencegah tidak berfungsinya alat pengendalian otomotis perlu operator memiliki pengetahuan secara khusus. Perawatan boiler dilakukan secara berkala. Serta yang lebih penting lagi dilakukan pengujian kelayakan terhadap boiler. Pengujian bisa dilakukan oleh pihak berwenang yangM ikut mengawasi kondisi boiler. Biasanya perawatan dari pihak dilakukan tiap satu atau dua tahun sekali.

Untuk pemesanan boiler hubungi kami di Wa 08126067928

Info Artikel Lainnya : Klik Jual Plat Boiler di Medan

 

Jenis Plat Coil dan Pemanfaatannya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *