Jenis-Jenis Stainless

Supplier Besi Baja di Medan, – Jual Besi Stainless , Jual Besi Hbeam – Besi Wf- Besi Pipa – Besi Cnp – Besi Unp – Besi Siku – Besi Wiremesh – Besi Kanal C & U – Baja Ringan – Besi Nako – Besi Ulir – Besi Cakar Ayam – Besi Bulat – Besi Assental TerLengkap – Termurah – Terpercaya Di Medan. -> Hubungi kami di Wa 08126067928.
Info : Klik Jual Besi Stainless di Medan

Jual

Stainless Steel (SS) adalah baja dengan sifat ketahanan korosi yang sangat tinggi di berbagai kondisi lingkungan, khususnya pada atmosfer ambient (lingkungan). Sifat ketahanan korosi dihasilkan oleh adanya paduan unsur kromium (Cr) dengan konsentrasi sedikitnya 11% yang membentuk lapisan oksida pelindung di permukaan. Ketahanan korosi juga dapat ditingkatkan dengan penambahan unsur nikel (Ni) dan molibdenum (Mo).

Pada umumnya SS dikelompokkan menjadi empat bagian berdasarkan fasa yang dominan hadir dan kemampuan untuk ditingkatkan kekuatannya, yaitu:

  1. Ferritic / Martensitic Ferritic SS memiliki struktur kristal BCC, bersifat magnetis dan tidak bisa ditingkatkan kekuatannya dengan heat treatment. Sifat yang menonjol dari jenis ini adalah kekuatannya tinggi namun ketangguhannya rendah. Sedangkan Martensitic SS merupakan jenis baja yang berasal dari Ferritic SS yang di treatment lebih lanjut. Jenis ini memiliki struktur kristal BCT, berifat magnetis dan dapat di heat treatment. Jenis ini memiliki kekerasan yang sangat tinggi dibanding kedua jenis di atas namun lebih getas, karena hadirnya fasa martensit.
  2. Austenitic Austenitic SS memiliki struktur kristal FCC, bersifat non magnetis dan tidak bisa di heat treatment seperti jenis ferritic. Sifat yang dominan dari jenis ini adalah kekuatannya rendah tetapi ketangguhannya tinggi.
  3. Duplex Duplex Stainless Steel (DSS) adalah jenis SS dengan gabungan dua fasa, dalam proporsi yang seimbang, antara ferit dan austenit. DSS dikembangkan untuk memperoleh material superior dalam hal ketahanan korosi, kekuatan dan kemudahan fabrikasi melalui penggabungan struktur ferrit dan austenit.
  4. Precipitation Hardenable SS Precipation hardenable SS adalah baja paduan besi-kromium-nikel. Tipe ini memiliki ketahanan korosi lebih tinggi dibanding martensitic SS juga nilai kuat tarik yang tinggi. Nilai kuat tarik yang tinggi dihasilkan dari precipitation hardening matrix martensite atau austenite. Tembaga, alumunium, titanium, niobium dan molybdenum adalah elemen utama yang ditambahkan ke SS ini untuk mempromosikan precipitation hardening.

Duplex Stainless Steel

Duplex Stainless Steel (DSS) adalah material dengan kombinasi dua fasa yaitu austenit dan ferit. Hadirnya fasa austenit dalam duplex membuat material ini tangguh dan ulet sedangkan fasa ferit memberikan sifat ketahanan korosi namun ketangguhannya rendah. Sehingga DSS akan memiliki sifat kekuatan dan ketangguhan yang tinggi serta ketahanan korosi yang sangat baik. Selain dua sifat di atas duplex juga mudah untuk difabrikasi dan mudah di las. Kemampuan untuk di las dan karakteristik pengelasan DSS lebih baik dari feritic SS, tetapi secara umum tidak lebih baik dari material austenitic.

Produk DSS diperoleh dengan beberapa proses pengerjaan seperti pengecoran (casting), tempa (forging), extrusi dan canai (rolling). Secara umum sifat DSS dapat dicapai untuk kesetimbangan fasa dalam rentang 30 sampai 70% ferrite dan austenite. Namun, DSS paling banyak memiliki komposisi yang seimbang antara ferrite dan austenite, dimana untuk produksi komersial saat ini lebih banyak penambahan austenite untuk alasan ketangguhan dan karakteristik fabrikasi yang lebih baik. Untuk menjaga kesetimbangan kedua fasa di atas bergantung pada komposisi paduan dan perlakuan panas.

Hubungi kami di Wa 08126067928

Info Artikel Lainnya : Klik Jual Besi Stainless di Medan

 

Galvanisasi Sistem Panas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *